Skill Dan Tugas Utama Dari Seorang Data Analyst

Daftar Isi & Table Content

Skill Dan Tugas Utama Dari Seorang Data Analyst, Data Analyst adalah salah satu pekerjaan yang berkaitan erat dengan data. Peningkatan jumlah data yang disebabkan berkembangnya teknologi komputerisasi tentu tak dapat dianggap remeh. Data-data yang ada apabila dapat dimanfaatkan dengan benar  dapat dipakai untuk menjawab persoalan yang ditemukan di perusahaan. Kian banyak dan  bermacam-macam  data yang dipakai, hasil analisisnya bahkan  akan kian menarik. Data ini dapat dibuat sebagai salah satu dasar dalam pembuatan keputusan di perusahaan.

Skill Dan Tugas Utama Dari Seorang Data Analyst
Apa itu data analyst?

Data analyst merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk mengerjakan analisa  dan riset (data analytics) dengan mengaplikasikan tools tertentu. Di dunia bisnis, data analyst mengerjakan riset untuk kepentingan marketing atau pengembangan produk, dimana mereka memperhatikan kegiatan sasaran pasar di dunia maya. Dapat dari apa yang Tak Jarang pasar cari di mesin pencarian dan media sosial.

Tugas seorang data analyst, apa saja?

data scientist berprofesi secara penuh dari menyiapkan identifikasi, perencanaan, pengawasan, dan pengelolaan data. Meskipun data analyst bertanggung jawab dalam visualisasi dan analitik  data yang dengan progres yang lebih matang dalam menciptakan keputusan.

Lalu, apa saja tugas sih dan tanggung jawab seorang data analyst?
  1. Mengekstrak data primer dan sekunder ke beragam tools.
  2. Memaksimalkan dan memelihara database.
  3. Melaksanakan analitik  data menurut popularitas yang bisa memberi dampak besar untuk proyek perusahaan ataupun klien.
  4. menyiapkan laporan hasil analitik  data.
  5. Mengumpulkan data yang berkwalitas dalam regu.
Yang  Mesti kamu Tahu Dari Seorang Data Analist

Data analyst akan mengaplikasikan beragam program dan aplikasi pengolahan data dalam profesi sehari-harinya, seperti Microsoft Excel, Tableau, dan SQL. Sebab akan berhadapan dengan angka dan rumus yang kompleks, kamu membutuhkan kesanggupan analitik  serta ketelitian yang tinggi. kamu juga seharusnya menguasai istilah bisnis dan tools yang temen-temen pakai.

Pekerjaan ini diperlukan hampir di seluruh industri sehingga kesempatan kerja temen-temen akan kian besar. Temen-temen dapat berprofesi di industri transportasi, perbankan, kesehatan, asuransi, dan banyak lainnya, nggak cuma di industri yang bergerak di bidang teknologi saja.

Hard skills data analyst yang Semestinya di Miliki Data Analist :
  • Mengoperasikan Microsoft Excel
  • pandai bahasa pemrograman
  • Mengoperasikan SQL
  • Visualisasi data
  • Machine learning
  • Statistika
  • Data warehousing
  • Kesanggupan riset dan analitik  yang tajam
  • menyiapkan laporan
Tahapan karier data analyst ialah sebagai berikut:
  • Data analyst entry tahapan, umumnya ialah orang yang masih mempunyai sedikit pengalaman di bidang data analyst yang mengerjakan sebagian tugas entry-tahapan yang masih amat simpel.
  • Data analyst junior, mereka yang telah mempunyai pengalaman yang cukup di bidang data analyst, kapabel menganalisa data dengan bagus dan bertanggung jawab terhadap data analyst senior
  • Data analyst senior, mereka yang telah mempunyai jam terbang tinggi dalam pekerjaan data analyst, umumnya bertanggung jawab atas beragam tugas dalam perusahaan. Data analyst senior lantas bertanggung jawab kepada pimpinan perusahaan dan menjembatani antara pihak manajemen perusahaan dengan regu data analyst di perusahaan hal yang demikian.

Supaya kesanggupan analitik  data yang temen-temen miliki kian mumpuni dan menarik HRD, cobalah untuk mencontoh pelajaran yang bisa memberikan temen-temen sertifikasi.

Temen-temen dapat mencontoh sebagian program sertifikasi seperti, Associate Certified Analytics Professional (aCAP), Certification of Professional Achievement in Data Sciences, Certified Analytics Professional dan masih banyak lagi.

Sebagai seorang Data Analyst, menurut data EKRUT pada tahun 2018, temen-temen dapat menerima gaji sekitar Rp18.000.000,00 seandainya temen-temen mempunyai pengalaman 2 sampai 5 tahun. Kecuali itu, seandainya pengalamanmu lebih dari 5 tahun, temen-temen berpotensi menerima gaji sekitar Rp19.000.000,00.

ini tentu akan disesuaikan lagi dengan budget perusahaan yang akan mendapatkan kau.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog