Sejarah Uang Dan Sistem Perbankan Pertama Di Dunia – Ksatria Templar

Daftar Isi & Table Content

Sejarah Uang Dan Sistem Perbankan Pertama Di Dunia – Ksatria Templar,
Katanya Mereka punya hubungan dengan cawan Suci. Menyimpan tabut perjanjian orang Yahudi. Mereka juga memperkenalkan sistem uang kertas. Mereka juga membuat Sistem perbankan. Ini dia awal dari segala Bank. Awal dari segala fintech. Tanpa ordo yang satu ini, tidak akan ada yang namanya Sistem perbankan. Mereka adalah Ksatria Templar. Mereka bukan pahlawan. Tapi format Jasa Keuangan Ksatria Templar jadi format perbankan yang dipakai hingga zaman modern. Ksatria Templar adalah ordo terkaya di masanya. Sebelum akhirnya dimiskinkan, disiksa, dan dibunuh. Siapa sebenarnya Ksatria templar? Mengapa ksatria Templar dimusnahkan? Ada di mana sih Ksatria Templar Sekarang.

SEJARAH AWAL MULA KSATRIA TEMPLAR

Sejarah Uang Dan Sistem Perbankan Pertama Di Dunia – Ksatria Templar

Ksatria Templar adalah ordo yang dibentuk pada 1119. Setelah orang Katolik memenangkan perang salib dan merebut Yerusalem. Tugasnya adalah menjaga keamanan orang Eropa yang berziarah ke Yerusalem. Anggota pertamanya terdiri dari delapan orang dan didirikan oleh bangsawan Perancis. Hugues De Payens.

Ordo ini berkembang pesat hingga mempunyai cabang di seluruh Eropa. Net Templar beroperasional selama 200 tahun dan bermarkas di Yerusalem. Jadi, Ksatria Templar bukan orang Yahudi. Tapi mereka adalah orang Perancis. Ksatria Templar dipimpin oleh seorang Grand Master.

Ksatria Templar terbagi dalam tiga kelas. Yaitu
  1. Satria
  2. Serdadu
  3. Pendeta
  • Satria Ksatria Templar

Para Satria berasal dari keluarga militer dan dilatih seni berperang. Para Satria ini yang menempati posisi-posisi elit. Melayani kerajaan, bahkan di Vatikan. Hanya para Satria aja yang pakai jubah warna putih dengan lambang salib merah.

  • Serdadu Ksatria Templar

Sementara Serdadu, pake jubah warna hitam dan berasal dari kelas sosial yang lebih rendah.

  • Pendeta Ksatria Templar

Sementara para pendeta, tugasnya untuk acara religius, administrasi, dan membantu kebutuhan spiritual anggota lain. tidak boleh ada wanita yang gabung di ordo ini. Dan para anggotanya wajib bersumpah.

Sumpahnya ini meliputi dari tidak menikah, loyal dengan ordo, selalu menggunakan jubah, tinggal di asrama, tidak boleh cuti, tidak boleh Mabuk, tidak boleh menyerah di medan tempur. Boleh dibilang mereka hidup seperti biksu. Sebagian besar Templar tidak bisa baca. Tugas utamanya adalah untuk bertarung dan perang. Waktu itu yang berkuasa di Jerusalem adalah raja Baldwin II. Yang memberikan tempat pada Ksatria Templar di bagian sayap istananya. Istananya dipercaya sebagai tempat di mana Raja Salomo mendirikan bait Tuhan.

KEBANGKITAN KSATRIA TEMPLAR

Setelah perang salib pertama dimenangkan untuk pertama kalinya. Pengikut Katolik bisa berziarah ke Yerussalem. Tapi perjalanan menuju Yerusalem itu bahaya banget. Dan banyak banget yang mengincar harta bawaan peziarah untuk dipersembahkan. Ksatria Templar awalnya punya tugas untuk mengamankan para peziarah dan barang bawaannya yang mereka bawa untuk berkunjung atau ziarah ke Yerussalem.

Karena perjalanannya bahaya. Peziarah ini kesulitan untuk bawa harta Bendanya. Maka Ksatria Templar menerbitkan surat kredit yang bisa ditukar di Yerussalem. Barang para peziarah dititipkan di gudang Templar di tempat asalnya masing-masing. Dan Ksatria Templar memberikan surat sebagai jaminan untuk nanti bisa ditukar atau dipergunakan di Yerussalem.

  • Awal Dari Adanya Uang Kertas dan Juga Sistem Perbankan
www.minews.id

Inilah awal mata uang kertas. Juga awal dari sistem perbankan. Pada 13 Januari 1128, Paus honorius II mendeklarasikan Ksatria Templar sebagai balatentara Tuhan. Pada 1139, di masa pemerintahan Paus Innocent II. Pengaruh Ksatria Templar mulai menyebar ke luar Yerussalem. Di masa paus Innocent II, Ksatria Templar dikasih sejumlah keistimewaan. Di antaranya memperbolehkan memiliki Territory sendiri, dapat pengecualian pajak di manapun di dunia, dan hak untuk menyimpan hadiah dari para peziarah yang datang ke tanah suci. Ksatria Templar juga dipercaya untuk menjaga gerbang Yerussalem dari serangan musuh.

Di tahun yang sama. Raja Louis ketujuh dari Perancis menyumbangkan properti kepada Ksatria Templar di sebelah timur laut kota Paris. Tempat mereka mendirikan markas di Perancis. Karena meski anggotanya berasal dari banyak negara, Ksatria Templar adalah organisasi Perancis. Pendirinya orang Perancis. Dan hampir setiap pemimpin tertinggi di organisasi, itu orang Perancis. Makanya Perancis waktu itu jadi pusat kekuatan Templar di Eropa. Intinya para Templar ini dihujani oleh banyak hadiah dan donasi dari raja-raja di Eropa. Ada yang kasih tanah, kastil, properti, dan masih banyak lagi. Dengan Armada dan kekuatan pasukannya, para Templar dipercaya sebagai pihak untuk ia memindahkan emas dari Eropa ke tanah suci. Jaringan gudangnya juga buat mereka jadi seperti bank yang melayani raja-raja di Eropa dan para peziarah.

MASA EMAS KSATRIA TEMPLAR

Ksatria Templar di masa keemasannya dianggap sebagai pahlawan. Para Templar ini membangun gudang, benteng, kastil, Katedral, memiliki seluruh Pulau Siprus, bahkan punya Armada kapalnya sendiri untuk melakukan transaksi ekspor-impor.

Ksatria Templar telah bertumbuh. tidak lagi jadi sekedar ordo. Tapi jadi sebuah perusahaan jasa multinasional dengan kekuatan militer yang sangat besar. Tapi meskipun demikian, Ksatria Templar punya musuh. Yaitu adalah Sultan Saladin yang ingin merebut Yerussalem kembali dan hospitallers ordo yang lain. Di masa emasnya, Ksatria Templar adalah ordo terkuat dan terkaya di Eropa. Kalau tidak di dunia. Masa kejayaannya berlangsung hingga 200 tahun.

AKHIR DARI KSATRIA TEMPLAR

Awal dari kemunduran Ksatria Templar dimulai sejak 1187. Yaitu ketika Yerussalem jatuh kembali ke tangan Saladin. Masih ingat Ksatria Templar punya musuh yaitu hospitallers. Di tengah perselisihan mereka, Sultan Saladin memanfaatkan kesempatan dengan menyerang Yerussalem. Sultan Saladin merestorasi ulang tempat suci orang muslim dan mengizinkan orang Katolik dan Kristen Ortodoks untuk masuk berziarah ke Yerussalem dengan fee.

Kesuksesan dan kekayaan yang luar biasa dari para Templar membuat raja Phillip IV dari Prancis dan Paus Clement V membenci Ksatria Templar. Terutama Raja Phillip IV yang diduga memiliki banyak hutang pada Ksatria Templar untuk membiayai istana dan perangnya. Tapi sekarang Raja Phillip IV kesulitan keuangan dan terlilit hutang pada Ksatria Templar. Raja Phillip keempat juga menganggap Ksatria Templar telah mendirikan negara dalam negara. Di tahun 1307, Paus Clement V dan raja Phillip keempat berkolusi untuk menjatuhkan Ksatria Templar. Raja Phillip mulai dengan menangkap Grand Master nya. Yaitu Jacques De Molay. Dengan tujuan penghinaan dan satanisme.

Pada hari Jumat tanggal 13 Oktober 1307, Raja Phillip keempat menangkap semua anggota Ksatria Templar yang ada di Perancis. Para Templar mudah sekali ditangkap. Karena penampilannya beda dengan rakyat biasa. Mereka pelihara jambang, pakai jubah Templar. Dan ini pula yang Jadi sejarah kenapa setiap tanggal 13, setiap hari Jumat dibilang sebagai hari sial. Pada 24 Oktober, Jacques De Molay dipaksa untuk mengakui melakukan ritual satanic dan menghina salib. Dia juga dipaksa untuk menulis surat kepada semua Templar untuk mengakui ritual ini.

Di tengah tekanan Phillp ke-IV, Paus Clement V memerintahkan untuk menangkap seluruh Ksatria Templar. Di depan paus, Jacques De Molay menarik kesaksiannya. Pada 10 Mei 1310, 54 petinggi Ksatria Templar dibakar. Pada 11 Maret 1314, mulai dihukum dengan cara dibakar. Sebelum meninggal, mulai mengutuki Raja Phillp keempat dan keturunannya. Menurut seorang saksi mata, ia mati dengan berani dan mengatakan Tuhan akan membalaskan dendamnya dalam waktu setahun.

AKIBAT DARI KSATRIA TEMPLAR

Dan uniknya, Phillip ke-IV dan Paus Clement V meninggal dalam jangka waktu tepat setahun setelah eksekusi Jacques De Molay. Paus Clement meninggal karena Sakitnya di 20 April 1314. Dan Phillip meninggal karena serangan stroke.

Dalam jangka waktu 14 tahun, dinastinya runtuh karena perebutan Tahta oleh anak-anaknya sendiri dan kegagalan seluruh keturunannya untuk melahirkan pewaris Tahta laki-laki. Seluruh harta yang dikuasai oleh para Templar ditransfer ke rivalnya yaitu ada hospitallers yang juga adalah ordo tentara yang diakui oleh Gereja Katolik waktu itu. Military Order christ didirikan pada 1319 dan diisi oleh banyak ksatria Templar. Utamanya yang ada di Portugal. Para Ksatria Templar yang tidak berada di Perancis, lari ke seluruh Eropa.

Pada tahun 2008, sekelompok orang yang mengaku sebagai keturunan Ksatria Templar, menggugat Paus Benedict XVI dan meminta kembali asetnya senilai 150 Milyar Dollar yang disita oleh Gereja Katolik di tahun 1300-an. Mereka juga menuntut Gereja Katolik meminta maaf dan mengembalikan nama baik Ksatria Templar.

KESIMPULAN

Ya, kalau tentang pelajaran yang bisa dipetik sih tentunya kekayaan yang terlalu terekspos, apalagi gede banget akan bikin banyak orang iri. Boleh dibilang, para Templar ini crazy Rich pada zaman Medieval. Meskipun pada prakteknya sebenarnya mereka tidak menikmati kekayaan mereka juga. Karena mereka ada di bawah sumpah untuk tetap hidup sederhana, tidak menikah, dan hidup di asrama.

Dan dalam kehidupan sehari-hari, lucu kalau ada orang yang berhasil malah kadang dikaitkan dengan tuyul, pesugihan, korupsi, pencucian uang, dan lain sebagainya. Tapi ya tidak dipungkiri kalau emang ada yang seperti itu. Kisah Ksatria Templar ini banyak diadaptasi di Novel, film, dan video game.

Beberapa yang paling terkenal ada Davinci Code, Indiana Jones and The Last Crusade, assassin creed, dan lain-lain. Selain itu tentu saja pengetahuan tentang dunia finansial dan sistem perbankan yang menyebar setelah para Ksatria Templar tercerai-berai di berbagai lokasi di Eropa. Ksatria Templar juga dipercaya sebagai cikal bakal dari freemasonry. Kali ini mereka anda akan mengulang kesalahan yang sama. Mereka bermain di balik layar dengan sistem organisasi yang sangat kompleks.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog