Sejarah Perak Digunakan Sebagai Alat Tukar dan Sistem Ekonomi

Daftar Isi & Table Content

Sejarah Perak Digunakan Sebagai Alat Tukar dan Sistem Ekonomi, Ini dia uang yang terlupakan. Lebih populer saudaranya yang lebih mahal, yaitu emas. Padahal dua logam ini juga dianggap sebagai uang selama ribuan tahun sebelumnya. Yaitu adalah Perak.

Kali ini kita akan bahas tentang perak. Yang juga adalah uang selama ribuan tahun. Perebutan perak ini juga memakan korban. Yaitu adalah bangsa Inca yang ada di Peru. Kita juga akan bahas peluang investasi perak di masa depan. Karena Warren Buffet di tahun 97 membeli perak sebanyak 3.500 Ton. Dan total waktu itu menghabiskan 1 miliar Dolar dalam bentuk silver.

Sejarah Perak Digunakan Sebagai Alat Tukar dan Sistem Ekonomi
  • Apa Itu Perak

Silver atau perak bersamaan dengan emas adalah dua logam yang dianggap sebagai uang pada zaman dahulu. Pada sistem keuangan Islami, juga dikenal dengan Dinar dan dirham. Dinar mengacu pada uang yang terbuat dari emas. Sementara dirham mengacu pada uang yang terbuat dari perak. Dinar memiliki berat 1/7 troy oz. Sementara dirham memiliki berat 1/10 Troy oz. 1 troy oz memiliki berat kurang lebih 31,1 Gram. Kita lebih sering mengenal dengan istilah standar emas. Padahal ada juga dengan standar perak. Yaitu sistem ekonomi berbasis pada perak. Yang menggunakan perak sebagai alat bayar.

  • Sejarah Perak Di Jadikan Alat Tukar dan Sistem Ekonomi
wikimedia.org

Di akhir abad 14-an kita mengenal dengan istilah spanish dollar. Di tahun 1497, Spanish dollar digunakan sebagai International currency. Karena standart minting-nya. Spanish dollar masih berlaku di Amerika Serikat hingga 1857. Tepatnya berakhir setelah penggunaan koin asing sebagai legal tender dilarang oleh kongres. Eldorado adalah legenda tentang adanya gunung emas. Harta karun terbesar di dunia. Bangsa Eropa telah mencari Gunung emas ini ke seluruh penjuru dunia. Ekspedisi ini dilakukan setelah Fransisco pizzaro tiba di Peru dan mendengar tentang legenda ini. Saat ia kembali ke Spanyol, ia minta izin pada raja Charles di Spanyol untuk mengklaim tanah itu sebagai wilayah Spanyol.

Di tahun 1531, Pizzaro berangkat dengan izin Raja Charles. Dan diberikan janji jabatan Gubernur bila mampu menaklukkan tanah itu. Di bulan November 1532, Pizzaro kembali ke kota Cajarmaca di mana suku Inca baru aja memenangkan perang saudara. Dan menjadikan Atahualpa sebagai raja. Pizzaro hanya membawa 180 orang dan 37 kuda. Sementara suhu Inca punya pasukan sebanyak 30.000. Dalam sebuah pertandingan, Spanyol memaksa atahualpa menerima kekristenan sebagai agamanya. Dan Charles 5 sebagai rajanya. Atahualpa marah besar dan membuang Bibel yang diberikan. Sebenarnya ini cuma jebakan aja. Pizzaro jadi punya alasan untuk menyerang suku Inca. Pizzaro menculik Atahualpa dan meminta tebusan. Tapi Atahualpa tetep dibunuh di tahun 1533. Tentara suku Inca pun mundur. Dan Spanyol mendeklarasikan Manco Capac sebagai pemimpin baru di Inca. Penjajahan Spanyol atas Inca pun dimulai.

Tentunya ada banyak cerita dan versi sejarah tentang Eldorado dan Spanyol. Yang pasti saya tidak bisa ceritakan satu-satu. Di sebuah kota yang bernama Potosi. Spanyol menemukan silver mountain atau gunung perak. Potosi jadi pusat perekonomian dunia baru. Karena di sini uang yang digunakan oleh seluruh dunia diproduksi. Hingga ratusan tahun kemudian, Potosi menyuplai Spanyol jutaan ton perak. Yang digunakan sebagai uang di seluruh dunia. Spanyol menerapkan sistem kerja paksa tanpa memperhatikan kondisi kesehatan orang-orang Peru. Gunung itu sendiri disebut Quechua oleh orang-orang setempat. Yaitu gunung yang memakan orang. Dari 7.000 orang yang dibawa ke tambang, hanya 2.000 orang yang bisa kembali.

Raja Phillip IV menyatakan in silver lies the Security and strength of my monarchy. Ya, perak adalah uang. Tapi perak ternyata tidak bisa bertahan dari inflasi. Kok bisa? Ya, setelah Spanyol menemukan gunung perak di Quechua. Supply perak yang dulunya langka, jadi melimpah ruah. Dan menyebabkan inflasi. Gunung perak ini telah memproduksi 85% perak di seluruh dunia. 40 persennya berakhir di Cina pada era zaman Dinasti Ming. Spanyol dan Cina punya hubungan ekonomi yang erat. Cina hampir enggak punya tambang logam mulia seperti emas dan perak. Membuat perak diterima di sana sebagai uang. Tapi dengan semakin banyaknya perak yang Circulate di dunia dan makin banyak diproduksi di Peru. Harga perak dunia pun merosot. Setelah dieksploitasi selama 500 tahun, gunung perak ini kolaps di tahun 2011.

  • Selain Alat Tukar Perak Juga Digunakan Sebagai Perhiasan, Elektronik Dan Industri lain-lain

Sepanjang penambangan di Peru, diperkirakan 8 juta orang tewas. Meski perak tidak dipakai lagi sebagai uang, perak digunakan di berbagai industri. Misalnya pada industri perhiasan, elektronik, mobil, dan masih banyak lagi. Basicly, industri apapun membutuhkan perak. Karena perak dikenal sebagai penghantar listrik dan penghantar panas terbaik. Perak juga digunakan pada industri medis. Karena sifatnya yang tidak beracun dan sifatnya yang antimikroba. Perak juga digunakan pada industri peralatan rumah tangga. Seperti kaca, film fotografi, dan bisa dijadikan powder, pasta, krikil. Dicampur dengan logam lain bahkan dijadikan LED dan LCD ponsel.

DVD dan CD kita juga punya lapisan perak. Silver juga dipakai pada solar panel. Saat ini ada yang menyatakan perak sebagai lithium baru. Karena bisa digunakan untuk baterai mobil listrik. Baterai berbahan perak bertahan lebih lama dibandingkan baterai lithium. Baterai berbahan perak bisa bertahan hingga 3-5 tahun dengan pemakaian 24 jam. Perak atau silver akan jadi gamechanger untuk industri Green energy. Di 2050 nanti, dunia diperkirakan akan berubah dari menggunakan energi fosil menjadi Green energy. Samsung saat ini sedang mengembangkan silver menjadi pengganti lithium. Dan saat ini prototypenya digunakan pada ponsel.

  • Market Maker Untuk Mainkan Harga Perak

Ya di market manapun pasti ada yang namanya market maker untuk mainkan harganya. Begitu pula perak. Untuk mainkan harga perak, jauh lebih mudah daripada gold. Karena market size-nya masih lebih kecil. Di tahun 1960, pemerintah Amerika membekukan harga Silver di harga 1,29 Dollar per ons. Di 1970, Hunt Brothers berusaha untuk menaikkan harga Silver. Karena mereka punya silver dalam jumlah yang sangat masif. Diperkirakan saat itu mereka punya sepertiga supply silver di seluruh dunia. Ini tanpa menghitung jumlah yang dimiliki oleh pemerintah. Tetapi upayanya gagal di 27 Maret 1980. Dan hari itu diperingati sebagai silver Thursday. Juga membuat Hunt bersaudara kehilangan banyak uang dan terpaksa bangkrut. Di masa modern, market perak dimanipulasi melalui trading ETF. Para market Maker melakukan short selling.

  • Teori Konspirasi dari Perak

Ada sebuah teori konspirasi yang mengatakan FED menggunakan agen untuk pasang short di comex. Tindakan ini untuk melindungi nilai mata uang Dollar dan membuat Central Bank bisa membeli perak di harga yang lebih murah. Tapi tindakan ini adalah strategi yang jangka pendek. Dan akan direaksi oleh market seluruh dunia yang membuat harganya naik kembali. Market Maker juga bisa memanipulasi melalui spoofing. Pada 2020, J.P. Morgan menyetujui untuk membayar denda sebesar 920 juta Dollar karena memanipulasi market. Ini termasuk denda terbesar yang diberikan pada institusi oleh CFTC. Spoofing adalah membuat ilusi atau demand yang sebenarnya tidak ada. Spoofing ini bisa mempengaruhi psikologi trader yang baca order book dan mengira ada market maker yang exit.

Warren buffet beli silver 3.500 ton? Tapi sayangnya kemudian dijual. Alasannya karena Warren Buffet enggak mau bernasib sama seperti Hunt Brother. Di mana akhirnya Hunt Brother dipaksa bangkrut. Karena isu tentang silver dan Dollar ini isu panas. Harga perak cukup murah dan Federal Reserve enggak mau ada issue yang membuat orang menukar dolarnya dengan perak. Bill Gates juga mempunyai kepemilikan di pen American silver.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog