Sam, Ham dan Yafet Bapak Seluruh Bangsa Sekarang

Daftar Isi & Table Content

Sam, Ham dan Yafet Bapak Seluruh Bangsa Sekarang, Sekarang kita masuk ke bab 3, untuk yang baru baca Bab 3 di sarankan baca bab 2 terlebih dahulu. kita akan menceritakan dulu kisah Nabi Nuh. Karena begini, jika kita ingin mengetahui siapa Zulkarnain tersebut, kita harus kembali ke awal jaman peradaban. Jaman peradaban manusia sebelum peradaban Mesopotamia. Jaman peradaban manusia di mana peradaban itu masih kosong, masih nol. Belum ada civilization, orang masih sedikit, yaitu kembali ke jaman Nabi Nuh AS.

Sam, Ham dan Yafet Bapak Seluruh Bangsa Sekarang

Kisah Nabi Nuh AS dan Banjir Besar

Nabi Nuh ini merupakan nabi yang termasuk Ulul Azmi. Nabi yang terbaik dari para nabi. Karena ujiannya sangat berat, dia merupakan nabi yang diuji dengan banjir besar, dan dia menyelamatkan orang-orang yang percaya kepada dia dan juga Allah. Di dalam cerita agama Abrahamik, Nabi Nuh ini merupakan orang yang mengawali peradaban, karena peradaban sebelum dia semuanya hancur terkena banjir besar. Kalo dibilang banjir besar ini real atau ngga, apa cuma dongeng-dongeng agama Samawi doang, Kalo dibilang dongeng juga sebenernya, kalo kita mau open-minded, Hampir di semua kultur-kultur budaya, budaya apa pun itu, maupun suku Aztec, suku apa pun lah, Yunani, atau apa pun, semuanya punya semacam dongeng bahwa jaman dulunya pernah terjadi banjir besar. Kalo di Yunani kita tau ada semacam dongeng Atlantis, itu kan juga banjir besar yang menghancurkan peradaban. Jadi hampir di semua peradaban kuno, mereka punya cerita legend tentang banjir besar. Jadi kalo tanya ke saya percaya apa ngga tentang cerita Nabi Nuh, saya percaya. Karena hampir semua kebudayaan kuno menyebutkan ada legenda demikian. Jadi semuanya match, meskipun mereka ga pernah ketemu tapi ceritanya match. Pas. Jadi saat Nabi Nuh nyelametin kaumnya dari banjir besar, dia terdamparlah di daerah Mesopotamia. Jadi bisa dibilang daerah Mesopotamia ini awal terciptanya peradaban setelah era banjir besar. Di situlah awal mula kembalinya tersebar peradaban-peradaban dunia.

Nabi Nuh AS Mempunyai 3 Anak Yaitu Sam, Ham dan Yafet

Jadi Nabi Nuh ini punya anak tiga, namanya ada Sam, Ham, ada Yafet. Ini merupakan tiga anak Nabi Nuh yang menjadi bapak seluruh bangsa-bangsa yang ada sekarang. Sam ini merupakan bapak dari bangsa Semitik. Bangsa Arab, bangsa Yahudi ini Semitik. Itu kenapa kalo kita nyebut orang Yahudi, mereka itu orang Semitik, karena dia merupakan son of Sam (anak Sam.) Kemudian juga ada Ham. Ham ini merupakan bapaknya bangsa-bangsa Afrika. Jadi kalo kita nyebut bangsa Afrika, mereka itu bangsa Hamitik. Dan yang ketiga ada nama anaknya yaitu Yafet. Yafet ini merupakan bangsa Yafetik. Bapaknya bangsa-bangsa kaum Turkic. Turkic ini bukan orang Turki, tapi merupakan kaum-kaum semacam Rusia, Kazakhstan, Mongol, itulah orang-orang Turkic ini. Dan juga bapaknya kaum-kaum orang Eropa, dari Yafet ini. Yafet ini merupakan anak Nabi Nuh yang paling banyak anaknya, ada tujuh.

Ke 3 Anak Nabi Nuh AS Merupakan Bapak Seluruh Bangsa Sekarang
Nabi Nuh AS Mempunyai 3 Anak Yaitu Sam, Ham dan Yafet

Jadi jelas nih, dalam cerita peradaban bahwa Nabi Nuh ini punya anak tiga, dan tiga anak ini merupakan bapak seluruh bangsa ke depannya. Terus darimana misalnya ada orang Afrika, berarti semuanya itu bermuara kepada Ham. Kalo orang-orang Arab, semua bermuara ke Sam. Semitik. Kalo orang-orang Eropa, semua bermuara kepada Yafet. Terus gimana kalo orang-orang Amerika Selatan misalnya? Orang-orang Amerika Latin. Latin kan orang Spanyol gitu. Apakah dia seperti orang bule? Bukan. Dia itu merupakan orang dari Italia, yang juga merupakan keturunan Yafetik juga, sama. Terus gimana kalo orang Indonesia? Orang Indonesia ini diriwayatkan keturunan dari Cin. Cin ini merupakan cucu dari Yafet. Jadi kita pun termasuk dari orang-orang Yafetik. Beberapa cucu Nuh yang sangat terkenal adalah Canaan.

Cucu Nabi Nuh AS, Canaan Orang Yang Mendiami Kawasan Palestina

Canaan ini merupakan cucu Nabi Nuh yang merupakan anak dari Ham. Dia ini merupakan orang yang mendiami kawasan Palestina. Makanya Palestina itu dibilang negeri Canaan, karena ini merupakan negara yang didiami Canaan. Jadi bangsanya Canaan itu mendiami negeri Palestina dulu awalnya. Dan orang Palestina ini merupakan bangsa Hamitik, bukan Semitik, jadi Canaan ini bisa dibilang bapaknya bangsa-bangsa Palestina. Jadi saat dulu Nabi Nuh terdampar di Mesopotamia, memulai peradaban kembali, Setelah berlangsung beberapa lama, dia akhirnya menyebar anaknya ke seluruh penjuru bumi, dengan membagikan tanah sesuai dengan masing-masing anaknya. Jadi kalo kaya jaman sekarang, bisa dibilang kalo misalnya ada orangtuanya punya warisan banyak perusahaan-perusahaan. Dibagikan, anak pertama perusahaan B, anak kedua perusahaan A, anak ketiga perusahaan C. Ini sama juga konsepnya. Nabi Nuh ngebagi tanah-tanah di bumi untuk semua anak cucunya. Supaya apa? Supaya mereka bisa pergi ke tempatnya masing-masing, dan memulai kehidupannya masing-masing.

Pembagian Tanah Untuk Keturunan Nabi Nuh AS

Dibagikanlah kalo orang-orang Yafetik ini ke Utara, dari Iran. Di atas pegunungan Kaukasus di Eropa. Kalo orang-orang Sam di mana? Di tempat di Mesopotamia dan sekitarnya. Kalo orang-orang Ham disebarkan, diberi tanah di Afrika. Nah, Canaan ini, cucunya Nabi Nuh dan bapaknya bangsa-bangsa Afrika, Sebenernya harusnya perginya ke Afrika. Tapi saat dia mau pergi ke Afrika, Dia singgah di tanah yang sekarang merupakan tanah Israel. Tanah Palestina. Dan dia keburu nyaman di daerah tersebut. Jadilah dia tidak mau pindah dari tanah tersebut, padahal seharusnya tanah tersebut bukan buat Canaan. Sebenernya tanah tersebut untuk anaknya Arpaxhad. Arphaxad ini cucu Nabi Nuh yang merupakan anaknya Sam. Yang merupakan nanti menjadi bapaknya bangsa-bangsa Yahudi. Jadi sebenernya kalo kita mau bilang secara jujur, sebenernya tanah Yahudi itu punya siapa? Jika kita kembali ke Nabi Nuh, itu merupakan bagiannya Arphaxad, yang merupakan cucu Nabi Nuh, yang merupakan bapaknya bangsa-bangsa Yahudi. Jadi tanah itu merupakan tanah orang-orang Semitik, yaitu Bani Israil. Cuman Canaan ini terlanjur nyaman waktu transit sebelum pergi ke Afrika. Ada juga yang terkenal lagi dari cucunya Nabi Nuh, yaitu dari anaknya Yafet.

Kisah Gomer dan Magog Anak Yafet Cucu Nabi Nuh AS

Yafet ini punya anak tujuh. Yang terkenal ada dua, ada Gomer dan Magog. Agak-agak familiar yang Magog. Apakah Magog ini merupakan Magog yang dimaksud Zulkarnain? Gomer ini merupakan anak dari Yafet, yang merupakan bapak dari Ashkenaz. Jadi Gomer nanti punya anak namanya Ashkenaz. Ashkenaz ini merupakan bapak dari orang-orang Jerman. Dia ini juga merupakan bapak dari orang-orang Yahudi, yang Yahudi-nya itu Yahudi Ashkenazi namanya. Yahudi Eropa. Gomer ini merupakan salah satu cucu yang sangat baik sama Nabi Nuh. Jadi saat Nabi Nuh tua, Gomer ini merupakan salah dua dari cucu yang merawat Nabi Nuh saat tua. Dan Nabi Nuh sendiri, saat dia punya tiga anak, Sam, Ham, dan Yafet ini, dia mendoakan masing-masing anaknya. Sam didoakan bahwa keturunannya akan menjadi Rasul-Rasul ke depannya. Itu kenapa kebanyakan Rasul merupakan orang-orang Semitik. Orang-orang, entah Yahudi, entah Arab, entah Persia… Dan kalo Yafet ini didoakan akan menjadi raja-raja. Jadi banyak keturunan Yafet yang menjadi raja-raja karena Nabi Nuh mendoakan demikian.

Sementara kalo Ham didoakan oleh Nabi Nuh, akan menjadi sekumpulan orang yang membantu kakak-kakaknya. Jadi akan menjadi bangsa yang membantu kaum Sam dan kaum Yafet, yang akhirnya, Sekarang kalo kita lihat sejarahnya, kaumnya Ham ini, kaum Afrika, banyak akhirnya menjadi selalu kaum keduanya. Menjadi budak salah satunya.

Nah, suatu hari saat Nabi Nuh ini sedang diberikan malam munajad, Malam di mana doa-doa dia semuanya dijabah. Mau baik, mau buruk, akan dijabah. Karena Nabi Nuh ini merupakan nabi yang spesial. Ujiannya luar biasa. Ini merupakan nabi yang Ulul Azmi. Cuma ada 5 nabi yang Ulul Azmi, salah satunya Nabi Nuh. Saat Nabi Nuh mendapat malam munajad dari Allah, diceritakan bahwa, Dia mengajak anak-anak keturunannya berkumpul, untuk berdoa bersama. Tapi Yafet ini sedang sibuk dengan urusannya sendiri, sampai akhirnya dia menolak ajakan Nabi Nuh, bapaknya, untuk ikut di malam tersebut. Sampai akhirnya Nabi Nuh itu marah. Dan dia menyumpahi anaknya Yafet ini di malam munajad, di malam di mana doa-doanya itu dijabah semuanya. Dia menyumpahkan bahwa nanti akan lahir, seburuk-buruknya manusia dari keturunan Yafet, yang kita tahu bahwa Yafet ini adalah bapak dari Gomer dan juga Magog.

Peta Persebaran Cucu Nabi Nuh AS
Peta Persebaran Cucu Nabi Nuh AS

Di sini saya punya gambar peta yang menunjukan persebaran cucu-cucunya Nabi Nuh. Ada Gomer, ada Magog, ada Tiras, ada Lydia, ada Canaan… Macem-macem. Kalo yang warna merah ini, dia ini Semitik. Kalo yang hijau, dia itu Hamitik. Yang biru ini yang banyak, dia merupakan kaum Yafetik. Di peta ini kalo kita lihat, persebaran Gomer dan Magog. Magog ini tinggal di daerah Georgia dan Rusia yang sekarang, kalo Gomer ini tinggal di sekitaran daerah Romania. Kenapa kita lebih highlight dua orang ini? Karena dua orang inilah yang kalo kita lihat merupakan bapak dari bangsa Gog and Magog. Karena namanya cocok. Namanya pas. Jadi sebelum kita lanjut ke bab selanjutnya, kita harus inget highlight dua hal di sini, ada Gomer dan Magog. Gomer ini merupakan bapak dari bangsa-bangsa Jerman, yang juga merupakan bapak dari bangsa Ashkenazi Jews, Yahudi Eropa. Yahudi yang bukan Semitik. Dan juga ada Magog yang merupakan bapak dari bangsa-bangsa Turkic. Bapak dari Turkic, kaum-kaum Siberia, Kazakhstan, dan teman-temannya.

Selanjutnya Kita Kembali Membahas Zulkarnain, Tadi kan kita udah panjang ngebahas kisah Nabi Nuh, tapi kita ga bisa ngelepasin penjelasan dari cerita Nabi Nuh sebelum kita ngeliat siapa Zulkarnain sebenarnya. Nama Zulkarnain pernah disebutkan didalam Thorah, di dalam kitabnya orang Yahudi. Di dalam bukunya Daniel, The Book of Daniel. Lanjut Ke Artikel Zulkarnain Bab 4.

Source : YT Gamal Ganteng Maximal

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog