Perbedaan Media Sosial Organik Dan Berbayar

Daftar Isi & Table Content

Cara Menggunakan Media Sosial Organik Vs Berbayar Untuk Hasil Maksimal

Perbedaan Media Sosial Organik Dan Berbayar – Ketika orang berpikir untuk menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka, mereka mungkin membayangkan membuat meme viral. Dan sementara ini tentu saja merupakan bagian dari strategi media sosial, kombinasi media sosial organik dan berbayar — praktik yang melibatkan sedikit seni, sedikit sains, dan banyak strategi pemasaran media sosial yang didukung data.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan antara kedua jenis pemasaran media sosial ini, dan bagaimana pemasar digital menggunakannya untuk meningkatkan keterlibatan, jangkauan, dan konversi.

Perbedaan Antara Data Analyst dan Data Scientist
Perbedaan Antara Data Analyst dan Data Scientist

Apa itu Media Sosial Berbayar?

Media sosial berbayar adalah bentuk periklanan di mana perusahaan membayar jejaring sosial untuk memastikan bahwa konten mereka mencapai audiens target. Pemasar media sosial akan menghabiskan uang untuk “meningkatkan” posting media sosial yang ada ke audiens yang lebih luas atau mereka dapat membuat iklan dari bawah ke atas untuk media sosial berbayar.

Apa itu Media Sosial Organik?

Media sosial organik muncul di umpan orang yang sudah mengikuti akun. Itu terikat pada algoritme jejaring sosial, yang berarti bahwa hanya sebagian kecil pengikut perusahaan yang dapat melihat kontennya. Pos organik mencakup semua yang dibagikan perusahaan secara gratis, seperti konten buatan pengguna, gambar, video, dan tautan.

Organik vs Media Sosial Berbayar

Seperti yang saya rangkum dari laman springboard Sebagian besar kampanye pemasaran media sosial biasanya akan memiliki campuran media sosial organik dan berbayar karena masing-masing memiliki manfaatnya sendiri

Sasaran

Apa Tujuan Media Sosial Berbayar?

Media sosial berbayar memungkinkan perusahaan memotong waktu dan menargetkan audiens yang lebih spesifik dan lebih luas. Untuk brand yang tahu bahwa mereka dapat menarik minat calon pelanggan jika hanya posting media sosial mereka memiliki jangkauan yang lebih luas, media sosial berbayar dapat menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan kesadaran brand dan meningkatkan konversi.

Apa Tujuan Media Sosial Organik?

Tidak seperti konten berbayar, yang memiliki tujuan memperkuat pesan untuk audiens yang lebih besar, tujuan konten organik adalah menjangkau mereka yang sudah mengikuti akun perusahaan, mendukung dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta membangun citra dan suara merek sehingga pendatang baru ke profil media sosial perusahaan dapat memahami apa yang diwakili oleh perusahaan.

Manfaat

Apa Manfaat Media Sosial Berbayar?

Manfaat media sosial berbayar bermacam-macam:

  1. Perusahaan dapat menjangkau lebih banyak orang
  2. Mereka dapat menargetkan pelanggan ideal mereka berdasarkan demografi audiens
  3. Dan sifat ajakan bertindak dari pos sosial berbayar berarti mereka dapat meningkatkan konversi.
Apa Manfaat Media Sosial Organik?
  1. Konten sosial organik memiliki manfaat untuk membangun kehadiran media sosial merek
  2. Membangun hubungan dan rasa komunitas
  3. Dan menyoroti kepribadian dan nilai-nilai perusahaan.

Meskipun kampanye organik mungkin memiliki jangkauan yang terbatas dibandingkan dengan kampanye berbayar, postingan organik dapat membantu membangun kepercayaan, meningkatkan loyalitas Brand, dan pada akhirnya menghasilkan konversi.

Mempersiapkan

The Best Thin Laptop With A Light Body

Apa yang Anda Butuhkan untuk Sukses di Media Sosial Berbayar?

Dua elemen kunci yang diperlukan untuk kesuksesan media sosial berbayar:

  1. Anggaran media sosial
  2. Komitmen untuk mengaudit dan memantau kinerja pos berbayar

Tanpa pemantauan iklan dalam bentuk analitik data, tidak mungkin untuk mengetahui apakah pembelanjaan itu berhasil atau tidak.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Sukses di Media Sosial Organik?

Meskipun konten organik tidak memerlukan anggaran, namun tetap membutuhkan waktu dan analisis data untuk menentukan apakah strategi pemasaran media sosial berhasil. Strategi organik membutuhkan eksperimen, pengalaman.

Bagaimana Media Sosial Organik dan Berbayar Dapat Bekerja Sama

Media sosial organik dan berbayar memiliki tempat di sebagian besar strategi pemasaran sosial dan digital dan sering kali dapat digunakan bersama untuk menghasilkan efek yang luar biasa. Berikut adalah beberapa cara tim pemasaran digital dapat menggunakan kedua jenis media sosial tersebut.

Gunakan Sosial Berbayar untuk Menguji Berbagai Jenis Konten

Dengan kampanye media sosial berbayar, tim pemasaran dapat dengan cepat menguji berbagai jenis konten dan mengumpulkan data tentang kemanjuran konten. Tanpa hambatan konten media sosial organik (yaitu algoritme media sosial, postingan sosial yang memiliki jangkauan terbatas, dll.), pemasar dapat memperoleh hasil yang cepat dan akurat tentang kinerja postingan.

Gunakan Sosial Berbayar untuk Meningkatkan Konten Organik

Ketika merek memiliki konten organik yang berkinerja baik, seperti foto atau video yang menjadi viral, mereka akan sering membayar untuk meningkatkan jangkauan mereka di berbagai saluran sosial. Konten viral adalah konten yang berharga, dan postingan berbayar menawarkan peluang untuk memanfaatkan upaya organik yang berhasil.

Gunakan Sosial Berbayar untuk Menargetkan Ulang Pengguna Organik Anda

Hanya sebagian kecil dari konten organik perusahaan yang pernah terlihat—bahkan pengikut suatu merek mungkin tidak diperlihatkan postingan tertentu. Jadi, ketika sebuah perusahaan memiliki pos sosial yang menurutnya akan menguntungkan pengikut dan pelanggan setia yang ada, mungkin menggunakan media sosial berbayar untuk menargetkan ulang pengguna tersebut dan memastikan bahwa pos tersebut terlihat.

Gunakan Sosial Berbayar dan Organik untuk Mengarahkan Pengguna menjadi konversi

Selain secara langsung mendorong konversi dan membangun suara dan merek, konten sosial berbayar dan organik dapat digunakan untuk mendorong pengguna ke bagian lain dari corong perusahaan (yaitu membuat mereka mendaftar ke buletin, mengunjungi situs web, mengirimkan email mereka secara sukarela alamat, dll.) karena area pemasaran digital lainnya ini secara kolektif dapat membantu perusahaan memenuhi tujuan bisnisnya.

Di mana Memulai Dengan Strategi Media Sosial

Jika Anda ingin memasukkan media sosial organik dan berbayar ke dalam kampanye pemasaran digital Anda, tetapi tidak merasa percaya diri dengan keahlian Anda, pertimbangkan untuk mengambil kursus online dalam pemasaran media sosial. Kebanyakan bootcamp online hanya membutuhkan komitmen waktu singkat dan menawarkan praktik langsung dan bimbingan instruktur dengan semua aspek strategi pemasaran media sosial.

Jika Anda siap untuk memulai, lihat panduan kami di bawah ini.

Temukan Lokasi Pengguna Anda (lokasi user))

Sebelum membuat konten untuk media sosial organik atau berbayar, cari tahu platform sosial mana yang digunakan oleh pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan Anda. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah menghabiskan waktu dan uang untuk posting sosial yang tidak akan menjangkau audiens target Anda. Jika Anda tidak yakin di mana pelanggan Anda berada, rekayasa balik akun media sosial pesaing untuk melihat di mana pengguna mereka aktif.

Buat Kalender Media Sosial Organik (jadwal Posting)

Pengeposan konten yang relevan secara teratur akan membantu menumbuhkan pengikut yang terlibat, jadi buatlah jadwal pengeposan yang teratur, dan rencanakan peluang ketika Anda dapat memanfaatkan perhatian pengikut Anda (yaitu di sekitar hari libur, acara, dan pengumuman).

Gunakan Media Sosial Berbayar untuk Menguji Peningkatan, Iklan, dan Penargetan Ulang

Media sosial berbayar menawarkan cara cepat dan akurat untuk menguji jenis iklan dan konten yang akan ditanggapi orang. Sebelum melakukan kampanye media sosial secara menyeluruh, gunakan media sosial berbayar untuk menentukan jenis posting yang memerlukan lebih banyak investasi dan demografi yang paling mudah menerima jenis konten tertentu.

Tinjau Data untuk Melihat Apa yang Ditanggapi Pengguna Anda dan Apa yang Mendorong Konversi

Baik Anda menjalankan iklan berbayar atau tetap menggunakan konten organik, selalu tinjau data untuk melihat apakah upaya sosial Anda membuahkan hasil. Gunakan analitik data untuk mengidentifikasi konten Anda yang paling menarik dan berkinerja tinggi; mencari tahu jadwal posting seperti apa yang menghasilkan keterlibatan terbaik; dan lacak perjalanan pelanggan untuk menentukan pengaruh postingan media sosial terhadap konversi.

Ulangi, Pantau, dan Tingkatkan

Momen viral organik sangat sedikit dan jarang—sebagian besar strategi media sosial memerlukan eksperimen, pengumpulan data, pengukuran kinerja, dan kemauan untuk belajar dari upaya sebelumnya. Pemasaran media sosial bukanlah disiplin tunggal, dan penggunaan media sosial berbayar dan organik adalah proses berulang yang membutuhkan kesabaran, kreativitas, perhatian terhadap detail, dan keinginan untuk terus meningkat.

Tools Gratis Untuk Memaksimalkan kamu dalam membuat konten, Rewrite artikel dengan bantuan AI dan Instan artikel 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog