Penjelasan Singkat Apa itu NFT, Kenapa Bisa Sangat Mahal

Daftar Isi & Table Content

Apa itu NFT, Kenapa Bisa Sangat Mahal

Mungkin pertanyaan pertama kalian adalah apa sih NFT itu? Jadi NFT adalah Non-Fungible Tokens. Non-Fungible artinya adalah tidak bisa tergantikan. Jadi Non-Fungible Tokens artinya token yang tidak bisa tergantikan atau singkatnya unik dan satu-satunya di dunia.

Nah, contohnya Misalnya kalian punya uang 10.000 rupiah dan teman kalian juga punya uang 10.000 rupiah. Nah, karena nilai uangnya sama-sama 10.000 rupiah, kalian mau bertukar uang ini gak masalah. Kayak kamu kasih uang 10.000 ke temen kamu, temen kamu kasih uang 10.000 ke kamu. Gak masalah. Karena nilainya sama. Sama-sama dicetak oleh negara Indonesia dan memang bisa ditukar satu sama lain dengan nilai yang sama. Namun, beda cerita misalnya kita ada lukisan asli Monalisa dari Leonardo Da Vinci yang misalnya… harganya 10 triliun rupiah. Walaupun di dunia ini banyak replika/duplikat lukisan Monalisa, seperti misalnya gambar lukisan hiasan Monalisa. Atau replika lukisan printed Monalisa atau gantungan kunci Monalisa yang harganya jauh lebih murah tentunya.

Namun lukisan yang asli tetap seharga 10 triliun rupiah. Karena lukisan itu cuma satu-satunya di dunia dan tidak bisa tergantikan. Kok bisa sih gak tergantikan? Ya karena lukisan yang asli tentunya punya sertifikat keaslian yang tidak bisa diduplikasi orang lain. Nah, ini sama halnya dengan NFT. Bedanya lukisan yang dibeli saat ini adalah lukisan digital dan sertifikat keasliannya atau Certificates of Authenticity-nya tersimpan dalam jaringan Blockchain Ethereum menggunakan Smart Contract.

ternyata NFT itu bukan cuma soal lukisan digital aja lho tapi banyak banget contoh lainnya, misalnya temen-temen pasti udah familiar dengan meme ‘Nyan Cat’ (bisa cek d google) yang sempat terjual dengan harga $580,000 atau sekitar 8 miliar rupiah. Atau ini juga temen-temen. Tweet pertama co-founder Twitter yaitu Jack Dorsey. Tweet ini pun juga bisa dijadikan NFT dan ternyata berhasil dijual dengan harga $2.9 juta atau sekitar 41 miliar rupiah.

Memang semua orang bisa copy-paste meme ‘Nyan Cat’ ini. Kalian juga bisa tinggal klik kanan copy lalu paste. Tapi sekarang hanya satu orang lah yang bisa memiliki original digital art ini. Seperti halnya lukisan Monalisa yang aku ceritakan sebelumnya. Kita bisa beli gantungan kunci Monalisa, atau kalian mau beli printed-copied lukisan Monalisa juga bisa. Tapi yang asli tetap cuma ada satu di Museum Louvre Paris di Prancis. Dan bukan cuma itu. Sekarang semakin banyak seniman dan investor juga mulai terjun ke dunia NFT. Dan perlu diingat sebelum terjun ke dunia NFT, Kalian harus melakukan riset terlebih dahulu. Sehingga bisa mengetahui Project mana yang tepat dan sesuai.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog