Penjelasan Singkat Apa Itu Inflasi Dan Deflasi Tahun 2022

Daftar Isi & Table Content

Apa Inflasi Baik atau Buruk? Apa penyebab Inflasi?

Penjelasan Singkat Apa Itu Inflasi Dan Deflasi Tahun 2022, Kalo kita mendengar inflasif. Mungkin orang akan beranggapan inflasi adalah hal negatif. Padahal inflasi bisa baik maupun buruk.

Penjelasan Singkat Apa Itu Inflasi Dan Deflasi Tahun 2022

Definisi Inflasi Dan Deflasi dan Dampak Baik Dan Buruk Dari Inflasi dan Deflasi

Apa Itu Inflasi, Pengertian Dari Inflasi

Pertama-tama Apa itu inflasi? Inflasi merupakan naiknya berbagai harga barang secara umum dan terus menerus. Naiknya harga 1 barang tidak bisa disebut sebagai inflasi. Dengan kata lain nilai.

Contoh dan Dampak Dari Inflasi

Tukar uang kita menurun. 20.000 sekarang bisa beli 1 porsi makanan di warung. 5 tahun kemudian kita butuh lebih dari 20.000 untuk bisa makan makanan yang sama. Contoh lainnya. Sekarang, 20jt bisa buat beli motor baru. 10 tahun kemudian, 20jt tadi hanya bisa beli motor bekas. Kira-kira begitu.

Penyebab dari Inflasi

Penyebab dari inflasi ada beberapa faktor yang lumayan rumit. Simplenya, Inflasi sangat berkaitan dengan supply and demand. Dimana kalo demand atau permintaan lebih banyak dibanding supply. Maka harga dari produk atau jasa meningkat. Jadi pertanyaannya,

Apakah Inflasi Itu Buruk

Apakah inflasi itu buruk? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Tergantung dari tingkat Inflasinya. Inflasi yang wajar bisa menjadi pertanda, kalau ternyata sebuah negara ekonominya hidup atau naik. Minat konsumen meningkat, daya beli naik, tekanan untuk produksi terus meningkat. Hambatan dari distribusi barang juga bisa menyebabkan inflasi. Tapi kalau inflasi berlebihan atau hiperinflasi terjadi, ya gak baik juga. Mana ada sih sesuatu yang berlebihan itu bagus. Inflasi yang tinggi bisa menyebabkan resesi ekonomi. Produk-produk jadi mahal, akhirnya daya beli masyarakat jadi menurun.

Apa Itu Deflasi, Pengertian Dari Deflasi

Lawan dari Inflasi adalah deflasi, dimana mayoritas harga produk dan jasa menurun. Deflasi juga bisa menjadi pertanda buruk bagi ekonomi. Mungkin sebagian dari kita akan berpikir “loh bukannya harga turun berarti bagus dong?”. Bagi produksi dan seller, penurunan harga sama dengan penghasilan mereka berkurang. Hal tersebut bisa menimbulkan lingkaran setan. Penurunan harga akhirnya penghasilan turun. Setelah penghasilan turun pengurangan karyawan. Kemudian pengangguran meningkat. Masyarakat berhemat, daya beli menurun, kemudian setelah itu penurunan harga. Gitu terus Oke kembali lagi ke inflasi. Suka gak suka, Mau gak mau, kita tidak bisa menghindari inflasi. Tapi sebenarnya Inflasi tidak seburuk yang kita kira. Karna kembali lagi, Inflasi bisa menjadi tanda kalo ekonomi sedang naik, selama tingkat inflasinya wajar.

Cara Untuk Melawan Inflasi

Trus, gimana cara kita melawan inflasi? Salah satunya adalah berinvestasi. Dengan berinvestasi, seenggaknya kita bisa mempertahankan kekayaan kita.  Kalo kita cuman menabung tanpa berinvestasi,  tujuan finansial akan menjadi lebih sulit, karna uang kita nilainya terus menurun. Bisa dibilang, investasi sama aja dengan mempekerjakan uang kita. Tapi ingat, Investasi bukan cara untuk cepat kaya, melainkan cara untuk mencapai tujuan finansial.

Kesimpulan

Semua butuh proses, seperti kita menanam pohon. Maka dari itu, berinvestasilah sejak dini. Semakin cepat juga semakin baik. Bagi yang sudah berusia, jangan takut karna tidak ada kata terlambat. Investasi ada berbagai macam, bisa berupa tanah, properti, emas, saham, reksadana atau bisa juga investasi ke bisnis baru atau membuka usaha dan lain-lain.

 

source

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog