Pekerjaan Yang Diprediksi Akan Hilang Di Masa Depan

Daftar Isi & Table Content

Pekerjaan Yang Diprediksi Akan Hilang Di Masa Depan, Zaman terus berubah, teknologi makin berkembang dari waktu ke waktu, jika kita tidak bisa adaptasi Sesuai dengan perkembangan zaman kita akan kalah dan tergantikan

Ingat Nokia? Rajanya HP pada tahun 2000-an. HP ini sekarang sudah sangat jarang ditemukan di pasaran. Karena kalah bersaing dengan kompetitornya yang mengikuti perkembangan zaman, ketika masih di zaman emasnya Nokia pernah di Tawarkan untuk kerjasama dengan OS Android, tetapi pihak Nokia menolaknya mereka masih setia dengan OS Symbian dan desain tombol yang mereka banggain Hasilnya Nokia jatuh dari titik tertingginya karena tidak beradaptasi dengan perkembangan zaman.

wikimedia.org

5 pekerjaan yang diprediksi akan hilang di masa depan.

  1. Kasir

Kasir merupakan pekerjaan yang menyerap banyak sekali tenaga kerja. Hampir setiap daerah memiliki pekerjaan kasir, baik itu dari rumah makan, Mall, Toko swalayan, maupun toko-toko lainnya. Dan sampai saat ini mayoritas toko dan tempat yang memerlukan kasir masih dikerjakan oleh manusia. Akan tetapi, banyak ahli memprediksikan kalau pekerjaan ini akan tergantikan oleh robot atau sistem komputerisasi di masa depan. Bahkan, Amazon, salah satu perusahaan terbesar di dunia, sudah mendirikan store tanpa Kasir di 2018 dengan nama Amazon go  Saat ini sudah ada 30cabang dari Amazon go di dunia. Dari plan bisnis Amazon, dikatakan Amazon go akan terus memperluas cabangnya hingga mencapai 2000 Store dalam 10 tahun ke depan. Tentu masih ada banyak penghambat dan kekurangan dari sistem tanpa kasir ini. Sehingga, masih memerlukan waktu yang panjang untuk penerapannya ke depan khususnya di negara-negara yang masih tergolong negara berkembang.

  1. Teller Bank

Antrian panjang untuk setor uang ke bank yang masih banyak terjadi di Indonesia diprediksi akan terus berkurang di masa depan. karena sistem Bank sudah mulai mengarah ke digitalisasi, ambil saja contohnya, di Indonesia, sejumlah bank-bank besar sudah memiliki mesin setoran tunai di ATM nya Bank sekarang juga lagi berlomba-lomba untuk menuju ke bank digital, yang bisa membuka rekening bahkan di rumah saja segala transaksi bisa dilakukan via online, tidak perlu repot-repot untuk antri panjang ke banknya lagi. Sistem ini tentunya akan sangat berpengaruh ke jumlah staf bank. Jika penerapannya terus berkembang dan diperluas, maka penggunaan sumber daya manusia di bank juga akan terus berkurang.

  1. Staff Gudang

Sistem pergudangan yang manual sudah pelan-pelan digantikan ke robot di negara-negara besar seperti Cina dan Amerika Contohnya : Amazon dan Alibaba sejak teknologi 4G berkembang dengan pesat robot-robot dengan komputerisasi yang dirancang untuk menggantikan tenaga manusia semakin bertambah dari tahun ketahun. Penggunaan robot untuk smart Warehouse ini sudah menjadi hal biasa bagi mereka Konsep ini tentunya akan terus berkembang. Dengan menggunakan robot perusahaan bisa mendapatkan banyak keuntungan, seperti pengurangan biaya gaji karyawan, pekerjaan jadi lebih efektif, dan produktivitas pun menjadi lebih tinggi sehingga, bisa dipastikan untuk lowongan pekerjaan staff gudang akan terus berkurang dimasa yang akan datang.

  1. Tour Guide atau Pemandu Wisata

Kapan terakhir teman-teman menggunakan jasa tour guide ketika berwisata ke negara lain ? sudah sangat jarang bukan ? apalagi sejak pandemi ini. Banyak bisnis tour and travel yang berjatuhan dan gulung tikar. Oke kita bahas sebelum pandemi Walaupun tanpa pandemi, sudah tidak dipungkiri bahwa pemandu wisata terus berkurang dari tahun ke tahun. Karena perkembangan teknologi, sekarang kita dengan mudah bisa mengakses segala hal yang dibutuhkan ketika berwisata dengan bermodal satu smartphone dan koneksi internet kita bisa mendapatkan semua akses Seperti taksi online, Google Maps, info lokal, dan bahkan pesan tiket pesawat hingga Hotel. Itu semua dilakukan secara online dengan harga yang lebih murah dan proses yang lebih cepat, instan, dan efisien. Makanya tidak heran jika anak muda zaman sekarang sudah tidak lagi membutuhkan yang namanya pemandu wisata. Yang masih menggunakan service pemandu wisata kebanyakan adalah dari generasi orang tua kita, yang mungkin tidak familiar dengan teknologi dan tidak bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di Smartphone saja.

  1. Sopir Kendaraan Umum

Jika kita pernah pergi ke negara-negara maju pastinya sudah tidak terkejut lagi jika mendengar mobil tanpa supir. Perkembangan dunia Smart otomotif, terus melaju, mulai dari Tesla salah satu pelopor smartcar listrik terbesar di dunia saat ini. dengan gencar terus berinovasi agar mobil dapat berjalan hanya dengan menggunakan sistem komputer. Artificial intelligence atau AI, terus dirancang untuk berkembang di berbagai negara. Mulai dari MRT, Smart bus hingga Smart porter car di airports. Indonesia juga sudah mulai Berencana untuk menerapkan penggunaan mobil listrik di negara kita perlahan tapi pasti untuk kedepan jumlah smartcar yang beroperasional akan terus bertambah, sehingga lowongan kerja untuk supir diprediksi akan terus berkurang dimasa yang akan datang.

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog