Panduan Memulai Belajar Artificial Intelligence (AI)

Daftar Isi & Table Content

Apakah AI Sulit Dipelajari? Cara Untuk Memulai di 2022

Panduan Memulai Belajar Artificial Intelligence (AI) – Baik itu merekomendasikan acara di Netflix atau digunakan di sektor perawatan kesehatan, kecerdasan buatan perlahan meresap ke semua jalan kehidupan kita. Faktanya, pasar AI global diperkirakan bernilai $ 190,61 miliar pada tahun 2025. Saat ini, batasan yang diharapkan dalam industri ini adalah kurangnya staf yang berpengalaman dan terlatih.

Apakah AI sulit dipelajari? Apakah itu sebabnya ada kekurangan staf profesional di lapangan? Itu benar sampai batas tertentu. Tapi itu tidak berarti masuk ke AI tanpa pendidikan atau pengetahuan sebelumnya tidak mungkin.

Dalam panduan ini, Anda akan belajar cara masuk ke AI dan machine learning, bersama dengan apa yang membuat profesi ini sulit untuk ditekuni.

Panduan Memulai Belajar Artificial Intelligence (AI)
Panduan Memulai Belajar Artificial Intelligence (AI)

Apa itu Artificial Intelligence?

Artificial Intelligence atau Kecerdasan buatan adalah proses pemrograman komputer untuk membuat keputusan untuk dirinya sendiri. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari mengenali objek dalam gambar hingga menanggapi pertanyaan pelanggan atas nama perusahaan.

Apa itu Machine learning?

Machine learning atau Pembelajaran mesin adalah bagian dari AI yang mengajarkan komputer cara belajar dari data. Ini dilakukan dengan memberi banyak contoh kepada komputer dan membiarkannya mengetahui pola dengan sendirinya.

Apa yang Membuat AI Sulit Dipelajari?

Apakah AI sulit dipelajari? Ya, bisa jadi, dan sangat sulit sehingga 93% ahli teknologi otomasi sendiri tidak merasa cukup siap untuk tantangan mendatang di dunia teknologi mesin pintar.

Seperti yang sudah saya rangkum dalam laman springboard , Perusahaan menghadapi banyak tantangan ketika menerapkan kecerdasan buatan. Di antara mereka, tantangan utama adalah kurangnya keterampilan staf, yang merupakan masalah yang dihadapi oleh 56% perusahaan. Dapat dimengerti mengapa sebagian besar perusahaan merasa seperti ini, mengingat AI pada dasarnya kompleks.

Beberapa hal yang membuat AI sulit untuk dipelajari antara lain :

  1. Pemrograman Ekstensif: AI membutuhkan pemrograman intensif. Anda perlu belajar coding untuk memprogram komputer untuk membuat keputusan sendiri.
  2. Kecakapan Data: Mesin membutuhkan banyak data untuk dipelajari agar mahir dalam suatu tugas. Ini bisa sulit didapat, terutama jika Anda baru memulai.
  3. Kompleksitas: AI itu kompleks dan melibatkan pemahaman berbagai bidang seperti ilmu komputer, statistik, kalkulus, dan banyak lagi.
  4. Kurangnya Alat yang Memadai: Sebagian besar alat dan proses yang ada dalam kecerdasan buatan dikembangkan untuk perangkat lunak tradisional. Orang yang memasuki lapangan sering kali harus menghabiskan waktu dan sumber daya untuk mengembangkan alat baru, yang bisa jadi sulit dan memakan waktu.

Namun, statistik tersebut tidak berarti bahwa tidak ada pekerjaan tingkat pemula di bidang AI dan ML. Ada banyak lowongan pekerjaan seperti itu di luar sana yang bisa Anda persiapkan.

Berapa Lama Untuk Mempelajari AI?

Kenapa Artificial Intelligence Diperlukan Ketika ini?

Meskipun mempelajari kecerdasan buatan hampir merupakan proses yang tidak pernah berakhir, dibutuhkan sekitar lima hingga enam bulan untuk memahami konsep dasar, seperti ilmu data, Jaringan Syaraf Tiruan, kerangka kerja TensorFlow, dan aplikasi NLP.

Mungkin perlu waktu lebih lama untuk mempelajari konsep lanjutan, seperti pembelajaran mendalam, pembelajaran penguatan, dan pembelajaran mesin tanpa pengawasan. Karena kebanyakan orang mempelajari kecerdasan buatan melalui sertifikasi atau kursus, durasi program juga menentukan berapa lama Anda akan mempelajari keterampilan tersebut.

Bagaimana Memulai Dengan AI

Memulai AI bisa menjadi hal yang menakutkan karena sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Ikuti tips di bawah ini untuk mulai mengasah keterampilan Anda.

Bangun Pondasi

Terlepas dari spesialisasi AI yang Anda minati, penting untuk memiliki dasar yang kuat di lapangan secara keseluruhan. Beberapa keterampilan dasar yang harus dipelajari antara lain :

  1. Python: Ini adalah bahasa yang paling umum digunakan dalam AI. Ini berguna untuk tugas-tugas sederhana, jadi Anda tidak perlu memutakhirkan semua kode Anda saat pindah ke aplikasi yang lebih canggih.
  2. Dasar-dasar Pembelajaran Mesin: Anda juga harus mempelajari dasar-dasar Pembelajaran Mesin untuk mulai mengambil langkah-langkah untuk memahami algoritme AI.
  3. Statistik & Teori Probabilitas: Pemahaman dasar tentang statistik dan teori probabilitas akan berguna ketika berhadapan dengan kumpulan data yang besar.
  4. Kalkulus: Kalkulus digunakan dalam berbagai aplikasi AI, jadi penting untuk memahami dasar-dasarnya. Anda juga harus membiasakan diri dengan aljabar linier.

Keterampilan lain yang harus dipelajari adalah :

  1. Pemrosesan bahasa alami.
  2. Memecahkan masalah dunia nyata.
  3. Bekerja dengan data atau struktur data baru.

Selain itu, Anda harus memahami tiga keterampilan kognitif dasar yang digunakan dalam AI. Ini adalah

3 keterampilan kognitif dasar yang digunakan dalam AI :
  1. Pembelajaran: Berfokus pada akuisisi data dan pembuatan aturan untuk mengubah data menjadi format yang dapat ditindaklanjuti.
  2. Penalaran: Membantu dalam pengambilan keputusan dan kesimpulan logis.
  3. Koreksi diri: Menangani koreksi dan perubahan informasi untuk meningkatkan hasil.

Setelah Anda memiliki fondasi, mulailah mengerjakan proyek AI sederhana. Ini akan memberi Anda pengalaman langsung dan membantu Anda mempelajari konsep-konsep baru.

Gunakan Sumber Daya Gratis

Jika Anda baru mengenal kecerdasan buatan, Anda tidak perlu menghabiskan ratusan dolar di muka. Sebagai gantinya, Anda dapat mengembangkan keterampilan yang bermanfaat melalui sumber daya gratis, seperti video YouTube dan ebook.

Anda juga dapat menggunakan tutorial online dan GitHub untuk mempelajari bahasa pemrograman yang berguna dalam karier AI. Google juga memiliki sejumlah sumber daya gratis untuk mempelajari kecerdasan buatan, dan ini dapat membantu pemula dan praktisi pembelajaran mesin berpengalaman. Setelah Anda merasa siap untuk langkah berikutnya, lanjutkan dan ikuti kursus berbayar untuk mendapatkan pengetahuan lanjutan tentang kecerdasan buatan.

Ikuti Kursus

Pekerjaan Artificial Intelligence (Ai) Bergaji Tinggi

Ikuti sertifikasi atau kursus pembelajaran mesin untuk mendapatkan dasar yang lebih kuat dalam AI. Ini akan memberi Anda keterampilan yang Anda butuhkan untuk proyek yang lebih maju dan mempercepat proses pembelajaran Anda.

Banyak lembaga menawarkan kursus kecerdasan buatan, baik online maupun offline. Pastikan kursus yang Anda pilih mencakup semua dasar, menawarkan ketersediaan bimbingan, dan mengajari Anda cara menangani proyek dunia nyata.

Kursus Jalur Karir Teknik Pembelajaran Mesin Springboard mengajarkan Anda cara membuat dan menerapkan algoritme pembelajaran mesin. Plus, Anda akan membangun portofolio profesional di seluruh program, yang selanjutnya akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan.

Manfaat lain dari mengikuti kursus online adalah Anda dapat bertemu orang-orang yang berpikiran sama yang berada di jalur yang sama dengan Anda. Sebagian besar kursus juga memiliki forum komunitas atau peluang kolaborasi, memungkinkan Anda untuk berjejaring dengan orang lain yang juga mempelajari kecerdasan buatan.

Meminta bantuan

Gaji Dari Seorang Software Engineer

Seperti yang telah kami tetapkan, AI itu sulit. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk meminta bantuan saat Anda membutuhkannya. Ada beberapa komunitas online yang dapat digunakan ketika Anda memiliki pertanyaan tentang AI, seperti grup Facebook dan forum Reddit.

Anda juga dapat meminta bantuan secara offline melalui pertemuan di komunitas lokal Anda. Jika belum ada pertemuan yang tersedia di wilayah Anda, Anda selalu dapat memulainya sendiri. Jika Anda mengikuti kursus online, Anda bisa mendapatkan bantuan dari mentor Anda atau orang lain yang juga mengambil kursus yang sama dengan Anda.

Bagaimana untuk Menjadi Lebih Baik di AI?

Sekarang setelah Anda tahu cara masuk ke AI dan ML, mari kita bahas cara menjadi lebih baik di lapangan.

Dapatkan Mentor

Mentor artificial intelligence dapat membantu memandu Anda dan menjawab pertanyaan Anda. Mereka juga dapat membantu Anda mempelajari hal-hal baru dan memberi Anda umpan balik tentang proyek Anda. Jika Anda tidak mengenal siapa pun yang dapat bertindak sebagai mentor, pertimbangkan untuk mencarinya secara online.

Berlatihlah di waktu luang

Latih artificial intelligence dengan mengerjakan proyek di waktu luang Anda. Ini akan membantu Anda menjadi lebih baik dalam konsep yang Anda pelajari dan meningkatkan keterampilan Anda.

Anda dapat mencoba menulis kode yang memecahkan masalah. Misalnya, tulis kode untuk menyarankan produk kepada konsumen berdasarkan riwayat pembelian mereka. Jika Anda mendaftar di suatu kursus, Anda kemungkinan akan diberikan masalah kehidupan nyata untuk dipecahkan melalui AI sebagai latihan latihan.

Berpartisipasi dalam Kompetisi

Cara lain untuk meningkatkan keterampilan AI Anda adalah dengan berpartisipasi dalam kompetisi, seperti kompetisi Kaggle. Kompetisi ini biasanya memiliki kumpulan data dan masalah untuk dipecahkan. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat menggunakan alat atau bahasa apa pun untuk menyelesaikan masalah. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas online orang-orang yang bersaing dalam kompetisi ini.

Hadiri Acara dan Presentasi

Setiap tahun, beberapa acara diselenggarakan di mana prospek saat ini dan masa depan artificial intelligence dibahas. Beberapa contohnya adalah :

  • Re-Work Women in AI Virtual Summit
  • World Summit AI: Montreal
  • International Conference on Machine Learning (ICML)
  • AI & Big Data Expo Global
  • AI World Executive Summit: The Future of AI
  • The European Conference on Computer Vision

Anda dapat menemukan pakar industri, Data Scientists, dan profesional di konferensi ini yang dapat memberi Anda gambaran tentang apa yang diharapkan di tahun-tahun mendatang.

Tentang AI sebagai Karir dan Pekerjaan

Sebelum Anda memasuki lapangan, penting untuk mengetahui apakah AI adalah karir yang menjanjikan dan berapa banyak yang bisa Anda hasilkan setiap tahun.

Apa Persyaratan Untuk Masuk Ke AI?

Berikut adalah beberapa persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang kecerdasan buatan :
  1. Gelar sarjana dalam ilmu komputer, matematika, atau statistik
  2. Kemahiran dalam Python, Java, MATLAB, C++, atau R
  3. Kemahiran dalam pembelajaran mesin dan algoritma pembelajaran mendalam
  4. Pengetahuan tentang data besar

Persyaratan pekerjaan mungkin juga tergantung pada deskripsi pekerjaan individu.

Apakah pekerjaan menjadi Seorang AI Stabil?

Pada tahun 2015, hanya 10% organisasi yang melaporkan menggunakan kecerdasan buatan atau berencana menggunakannya di masa depan. Pada 2019, jumlahnya meningkat menjadi 37%.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa AI akan tetap ada dan hanya akan menjadi lebih populer di tahun-tahun mendatang.

Apakah Gaji Menjadi Seorang AI Besar?

Profesional kecerdasan buatan menghasilkan gaji rata-rata $ 106.823 per tahun di AS. Profesional yang bekerja di posisi yang lebih tinggi dapat memperoleh hingga $177.000 per tahun.

Apakah Ada Perbedaan Antara AI dan Machine Learning?

Perbedaan utama antara Machine Learning dan artificial intelligence adalah bahwa yang pertama adalah bagian dari yang terakhir. Sederhananya, AI mencakup semua pembelajaran mesin tetapi tidak semua praktik kecerdasan buatan dikaitkan dengan pembelajaran mesin.

Kesimpulannya, kecerdasan buatan mungkin sulit dipelajari, tetapi jika Anda memiliki sumber daya yang tepat, Anda dapat membuat tempat untuk diri sendiri di lapangan.

Mulailah dengan membangun fondasi Anda, dan terus asah keterampilan Anda dengan kursus online lanjutan karena bidang AI selalu berubah. Mengikuti perkembangan industri akan memastikan daya saing Anda di pasar kerja.

Ini adalah Beberapa contoh Tools Gratis yang bisa kalian pakai untuk menunjang Content Writing yang berbasis AI,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog