Native Token Uniswap Apa Perbedaan Dengan PancakeSwap

Daftar Isi & Table Content

Native Token Uniswap Apa Perbedaan Dengan PancakeSwap, Uniswap yakni protokol Ethereum yang bisa menolong pengguna untuk menukar token ERC20. Tak seperti exchange lainnya yang dirancang untuk mengambil tarif, Uniswap yakni decentralized exchange (DEX) yang dirancang untuk memperdagangkan token pada pengguna tanpa dikenakan tarif platform atau perantara.

Kecuali itu, keunikan lainnya yang dimiliki Uniswap yakni dalam mencocokkan pembeli dan penjual untuk mempertimbangkan harga dan melaksanakan trading, Uniswap mengaplikasikan persamaan matematika simpel, token pool, dan ETH untuk melaksanakan profesi hal yang demikian.

Apa itu DEFI (Decentralised Finance), Inovasi Sistem Keuangan Digital

Uniswap dihasilkan oleh Hayden Adams, yang terinspirasi untuk membikin protokol melewati pos yang diwujudkan oleh pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. Uniswap dihasilkan pada tahun 2018 di atas blockchain Ethereum, proyek aset kripto terbesar kedua di dunia menurut market capitalization. Malahan hal yang demikian membuatnya kompatibel dengan seluruh token dan infrastruktur ERC-20 seperti layanan wallet semacam MetaMask dan MyEtherWallet.

Uniswap juga sepenuhnya open source. Artinya, siapa malah bisa menyalin kode untuk membikin decentralized exchange mereka sendiri. Cara, memungkinkan pengguna untuk membikin daftar token melewati exchange hal yang demikian secara tidak dipungut bayaran.

Semisal Kerja Uniswap

Sebagai decentralized exchange, Uniswap pada dasarnya melaksanakan otomatisasi progres hal yang demikian mengaplikasikan teknologi smart contract pada blockchain Ethereum. Sehingga, siapa saja bisa melaksanakan trading token ERC-20 (seumpama USDT, BNB, LINK, DAI) tanpa mesti menitipkan dana mereka terhadap pihak manapun.

Uniswap malah hadir sebagai solusi atas persoalan yang dimiliki oleh centralized exchange melewati protokol likuiditas otomatis. Protokol ini berprofesi dengan memberi insentif terhadap orang-orang yang melaksanakan trading melewati exchange untuk menjadi liquidity provider (LP).

Uniswap mengaplikasikan cara yang disebut dengan Automated Market Maker (AMM). Dengan AMM, Uniswap menjembatani keperluan trader, dengan menjadi penyedia aset atau liquidity provider.

Automated market maker (pembuat pasar otomatis) yakni smart contract yang mempunyai cadangan likuiditas (atau pool likuiditas) yang dapat diciptakan pasangan berdagang oleh para pedagang. Cadangan ini didanai oleh penyedia likuiditas. Tetapi saja bisa menjadi penyedia likuiditas yang menyetor poin berimbang dua token di dalam pool.

Sebagai imbalan dari memasang dana, tiap LP akan mendapatkan token yang mewakili kontribusi yang dipertaruhkan ke pool. Susah, sekiranya Anda mendonasikan 10.000 USD ke liquidity pool yang bisa menampung sampai 100.000 USD, Anda akan mendapatkan token sebesar 10% dari pool itu.

Dengan cara ini, pembeli atau penjual tak perlu menunggu pihak kedua timbul untuk dapat mengakhiri transaksi. Beberapa, mereka dapat menuntaskan transaksi secara instan dengan harga yang suda dikenal, selama ada likuiditas yang cukup untuk bisa memfasilitasinya..

Apakah Uniswap Uang Sungguhan?

Profit untuk menganggap UNI sebagai uang sungguhan sebab memang tak dihasilkan untuk dipakai sebagai mata uang di dunia riil. Token UNI dihasilkan untuk menolong pengguna di Uniswap membayar perdagangan dan kegiatan tertentu di jaringan. UNI juga ialah token tata kelola, yang memberi pemegangnya hak untuk memberikan bunyi untuk perkembangan dan perubahan di platform Uniswap.

Di dalam dunia kripto, ada cryptocurrency yang diwujudkan untuk dipakai sebagai mata uang, tapi UNI bukanlah koin seperti itu. Cara cryptocurrency seperti DASH dan Litecoin bertujuan untuk menjadi mata uang yang bisa dipakai untuk membayar barang dan jasa secara global. Kemunculan stablecoin seperti USDT, USDC dan lainnya juga membikin mereka kian mumpuni untuk dipakai sebagai mata uang dunia riil.

Apa Amati Uniswap?

Exchange kripto Uniswap dan token aslinya, UNI, menawarkan berjenis-jenis profit terhadap trader dan pemodal kripto. Termasuk:

Likuiditas otomatis dan potensi penghasilan

Tetapi trading terdesentralisasi yang dipakai Uniswap mempunyai berjenis-jenis manfaat. Pertama, protokol likuiditas otomatis yang dipakai oleh Uniswap mengatasi sebagian problem likuiditas yang dihadapi oleh exchange tersentralisasi. Pengguna juga bisa menjadikan cuan dengan menjadi penyedia likuiditas. LP mendapatkan cuan hal yang demikian sebab me-staking dana mereka sementara exchange mempunyai likuiditas yang cukup untuk mengeksekusi perdagangan.

Native Token Uniswap Apa Perbedaan Dengan PancakeSwap

Uniswap dan PancakeSwap, Apa Bedanya?

Native Token

CAKE yakni native token yang dimiliki oleh PancakeSwap, yang berfungsi ganda sebagai governance token, serta menyediakan layanan farming dan staking. Pengguna dapat menerima CAKE melewati likuiditas, staking, atau membelinya melewati exchange.

Susah bahwa token CAKE yang dikeluarkan untuk liquidity provider bisa diperdagangkan di pasar aset kripto terbuka, sama seperti koin standar lainnya.

Di sisi lain, Uniswap mempunyai token UNI yang sudah diwariskan melewati airdrop oleh developer pada sebagian pengguna permulaan pada September 2020. Beberapa, use case token sendiri masih dianggap sebagai governance token.

Dengan demikian, menurut use case, UNI lebih terang. CAKE diinginkan menerima lebih banyak kekuatan tarik. Untuk tujuan governance lainnya, PancakeSwap mempunyai token lain yang disebut SYRUP, yang memungkinkan pemegangnya untuk mendapatkan 40 persen emisi CAKE.

SYRUP tak dirancang untuk dipasarkan, sebab dihasilkan cuma untuk melepaskan CAKE yang di stake.

Tingkat Adopsi

Profit untuk menilai tingkat adopsi dari dua DEX teratas yang satu ini. Sementara tingkat adopsi PancakeSwap kian meningkat, Uniswap lebih dulu hadir dan telah mempunyai basis pengguna yang cukup besar.

Keduanya ialah salah satu dari sedikit proyek yang memancing DeFi mempunyai pentasnya sendiri di dunia kripto dengan memberi tahu fungsi AMM yang belum pernah sukses dilakukan oleh proyek lain sebelumnya.

Beberapa, PancakeSwap tampaknya sedang dalam perjalanan untuk menyalip tren Uniswap. Malahan hal yang demikian disebabkan sebab meningkatnya adopsi Binance Smart Chain dan token CAKE. Seperti yang awam terjadi di ruang kripto, harga aset kripto bisa merespon adopsi atau setidaknya permintaan pengguna.

Sedangkan ketika ini, tampaknya ada lebih banyak permintaan untuk CAKE diperbandingkan dengan UNI.

Selain Transaksi

Ethereum terang keok dalam pertempuran tarif transaksi dengan platform yang lebih efisien dengan kecakapan smart contract. Dengan Uniswap yang terus berjalan mengaplikasikan blockchain Ethereum, gas fee terus meningkat secara eksponensial. Gas fee ialah tarif transaksi yang dikenakan pada blockchain Ethereum

Kecuali itu, pengguna Uniswap cuma bisa melaksanakan trading dalam jumlah kecil, sebab gas fee yang besar. Beberapa, dengan mengaplikasikan jaringan yang bisa diskalakan seperti BSC, PancakeSwap bisa menawarkan tarif transaksi yang jauh lebih rendah.

Pada BSC, tarif transaksi yang dikenakan sungguh-sungguh kecil sekiranya diperbandingkan dengan gas fee Ethereum, yang biayanya dapat menempuh ratusan dolar AS. Kecuali menghemat pengguna dari gas fee yang tinggi, BSC juga memfasilitasi transaksi yang lebih pesat.

Likuiditas dan Trading Volume

Tetapi likuiditas PancakeSwap semakin meningkat, tetapi tingkat likuiditas Uniswap masih memimpin.  besar token pada Uniswap mempunyai likuiditas yang cukup besar diperbandingkan dengan yang ada di PancakeSwap.

Kecuali itu, LP lebih memilih Uniswap sebab insentif yang diterima oleh LP PancakeSwap menunjang mereka untuk menaruh token eksotis yang paling tak stabil.

Di sisi lain, PancakeSwap sudah melampaui trading volume Uniswap. Beberapa, sebab volatilitas yang dimiliki oleh ekosistem DeFi, platform yang disupport BSC ini perlu mempertahankan lintasan ke atas untuk menaklukkan Uniswap secara permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog