Musisi Indonesia Ramaikan Seni NFT Indonesia

Daftar Isi & Table Content

Musisi Indonesia Ramaikan Seni NFT Indonesia, Di industri game dan seni secara awam, popularitas NFT juga populer di industri musik. Berikut yakni deretan NFT karya musisi-musisi kenamaan tanah air

NFT bukan sebatas gambar komputerisasi dalam wujud JPEG atau GIF. Secara mendasar, non-fungible token (NFT) bisa didefinisikan sebagai representasi kepemilikan atas suatu konten komputerisasi. Bentuk kontennya tentu dapat bermacam-macam-variasi, termasuk salah satunya musik. Ya, NFT musik eksis dan popularitas baru ini malah telah mulai populer di kalangan musisi tanah air.

Pada Dasarnya, NFT punya Kesempatani kuat untuk merevolusi industri musik Indonesia. Ramadhon paling utama, NFT dapat menjadi medium opsi bagi kalangan musisi untuk menerima penghasilan tambahan di tengah ketatnya kompetisi eksposur pada platform streaming. Lebih lanjut, NFT juga memungkinkan adanya hubungan yang lebih spesial antara musisi dan fans, karena pihak fans juga punya peluang untuk menjadi pemilik karya musik yang disukainya, sekalian turut mendapatkan royalti dari hasil pendapatan yang diterima sang musisi.

Musisi Indonesia Ramaikan Seni NFT Indonesia

Singkat cerita, ada banyak alasan kenapa NFT dapat populer di industri musik, dan di tulisan ini, kita akan membahas mengenai deretan NFT aransemen musisi-musisi Indonesia populer. Beberapa besar memang berwujud NFT musik, namun beberapa ada juga yang masuk ke kelompok yang lebih populer variasi PFP NFT (foto profil).

  1. Mocca

Siapa yang tak ketahui dengan band indie asal Bandung yang satu ini? Pada pertengahan Mei 2022, Mocca meluncurkan koleksi NFT perdananya yang bertajuk “Mocca Music Card” di blockchain Tezos melewati marketplace Objkt.com. Mengambil pandangan baru dari kartu basket, Mocca Music Card hadir dalam wujud kartu komputerisasi yang bisa dikoleksi, komplit beserta nyanyian eksklusif yang cuma dapat dirasakan dengan menjadi pemilik NFT-nya.

Kecuali menghadirkan konten baru bagi para penggemarnya, NFT besutan Mocca ini ikut serta menawarkan pelbagai profit lain yang tidak keok menarik, seperti semisal jalan masuk cuma-cuma ke kursus penulisan nyanyian yang dibawakan lantas oleh gitaris Mocca, Riko Prayitno.

  1. Endah N Rhesa

Sempurna ada empat edisi NFT yang dirilis, masing-masing menampakkan kartun dari cover berjenis-jenis album Endah N Rhesa yang pernah dipublikasikan selama ini, diantar oleh nyanyian baru berdurasi 1 menit yang secara khusus diciptakan untuk setiap edisi NFT-nya.

  1. Indera Aziz

Musisi sekalian guru vokal bagi sederet penyanyi kenamaan ini juga yaitu seorang NFT enthusiast. Tapi daripada sebatas mengoleksi karya-karya NFT, dia terbukti juga mau turut berkontribusi dengan memanfaatkan talenta terpendamnya di bidang pixel art. Sejauh ini, Indera telah menjadikan sejumlah koleksi NFT, dengan salah satu yang paling populer yakni koleksi PFP NFT bernama Musical Jackals.

  1. Titi DJ

Tercatat telah ada dua edisi NFT musik yang Titi DJ publikasikan sejauh ini, yaitu single berjudul “To Lose” dan “Still Learning”. Kedua nyanyian hal yang demikian memang juga dapat kita dapatkan di layanan streaming seperti Spotify ataupun Apple Music. Kendati demikian, khusus untuk para pemegang NFT-nya, mereka mempunyai hak mendapatkan royalti masing-masing sebesar 0,1% dari sempurna pendapatan yang diraih.

  1. Indera Lesmana

Ikon musik jazz tanah air ini juga yaitu salah satu mitra musisi pertama yang digandeng Netra. Beliau malah sejauh ini sudah merilis dua edisi NFT musik, yakni nyanyian “My Devotion” yang sudah di-remix dengan gaya musik new wave era 80-an, dan sebuah live album berjudul “In The Moment” yang cukup istimewa sebab bersifat 1/1, alias cuma tersedia satu saja, dengan hak royalti sebesar 30%.

  1. Dewa Budjana

Gitaris berdarah Bali yang juga salah satu pendiri band Gigi ini merilis NFT musiknya yang berjudul “Matahati” melewati marketplace Netra. Ramadhon agak berbeda, NFT musik besutan Dewa Budjana ini terdiri dari tiga level rarity atau kelangkaan, dengan yang paling tinggi menawarkan hak royalti terbesar sekalian jalan masuk ke private event eksklusif yang akan digelar sang gitaris.

  1. Andra Ramadhan

Total hal yang demikian yaitu karya dari proyek solo Andra di samping Andra and the Backbone, dengan style pop yang lebih minimalis dan mempunyai gaya tersendiri. Sempurna ada 250 aset yang tersedia, dengan sempurna royalti sebesar 50% yang akan dikasih ke kalangan pemilik NFT (masing-masing 0,2%).

  1. Tohpati

Gitaris jazz yang gemar berkolaborasi dengan banyak musisi ini turut meramaikan pasar NFT musik melalui karyanya yang berjudul “Sunday Morning”. Seperti dua gitaris kondang lain di tulisan ini, Tohpati juga memilih Netra sebagai platform publikasinya, dan sempurna 125 aset yang ditawarkan telah habis terjual, masing-masing dengan hak royalti sebesar 0,4%.

  1. The SIGIT

Seperti kebanyakan NFT yang dirilis di Foundation, NFT musik besutan The SIGIT itu juga hanya tersedia satu edisi saja, dengan penjualan yang mengandalkan metode lelang. NFT musik hal yang demikian pada walhasil laku senilai 1,87 ETH, atau kurang lebih sekitar 62 jutaan rupiah pada dikala itu.

  1. Guts Invasion

Guts Invasion memang bukan nama band, namun proyek NFT baru besutan label indie Revolusi Musik Indonesia yang berprofesi sama dengan deretan musisi lokal kenamaan, mulai dari Kuburan Band, Rocket Rockers, Konfliktion, dan juga Mocca. NFT yang akan dirilis memang berupa PFP NFT, akan tapi ke depannya Guts Invasion juga berencana menghadirkan koleksi NFT musik sebagai komponen dari roadmap bentang panjangnya.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog