Meski Pasar Sedang Lesu NFT Akan Terus Tumbuh Di Tahun 2023

Daftar Isi & Table Content

Meski Pasar Sedang Lesu NFT Akan Terus Tumbuh Di Tahun 2023, Dalam laporan terupdate Deloitte perihal barang koleksi, dibuktikan bahwa NFT punya potensi bertumbuh di atas basis fundamental daripada sebatas pertumbuhan spekulatif yang terjadi tahun lalu

Sektor NFT masih akan terus bertumbuh ke depannya, terlepas dari penurunan pasar yang terjadi sekiranya diperbandingkan dengan di tahun sebelumnya. Sari ini diberi tahu oleh salah satu kantor akuntan publik (KAP) terbesar di dunia, Deloitte, dalam laporan terbarunya perihal barang koleksi yang digarap bersama Credit Suisse Research Insititute.

Meski Pasar Sedang Lesu NFT Akan Terus Tumbuh Di Tahun 2023

Laporan Deloitte membagi NFT menjadi lima kelompok: crypto art, collectible, gaming, metaverse, dan utility. Mengambil data dari NonFungible.com, tercatat kelompok collectible yaitu yang terbesar volume transaksinya, dengan angka menempuh $8,47 miliar per akhir 2021 kemarin. Collectible merujuk pada aset-aset NFT berupa avatar yang biasanya dikoleksi untuk menyusun suatu kelompok sosial atau diterapkan dalam video game, dan olahraga adalah salah satu segmen yang populer di kelompok ini.

Di posisi 2 ada NFT gaming transaksi sebesar $5,17 m. NFT yang masuk kelompok ini yaitu senjata atau equipment di game RPG, ataupun skin eksklusif buat karakter. Posisi ketiga dihuni oleh kelompok crypto art, dengan proyek-proyek NFT artistik yang terjual dengan harga fantastis, contohnya NFT bikinan Beeple yang laku $69 juta pada bulan Maret 2021.

Posisi keempat dan kelima ditempati oleh kelompok metaverse dan utility, masing-masing dengan volume transaksi di kisaran separo miliar dolar Amerika Serikat. Klasifikasi metaverse biasanya tidak cuma merujuk aset NFT yang merepresentasikan lahan virtual, tapi juga baju dan aksesori untuk mendandani avatar di dunia virtual. Klasifikasi utility di sisi lain merujuk pada aset NFT yang berfungsi sebagai nama domain, karcis konser, ataupun kode jalan masuk ke konten eksklusif.

exactdn.com

Dari kelima kelompok hal yang demikian, gaming yaitu yang paling likuid sekiranya ditinjau dari segi jumlah pemilik, wallet, dan jumlah transaksi. Harga rata-rata NFT gaming berada di kisaran $200, sementara harga rata-rata NFT metaverse dan crypto art dapat menembus angka $3.500.

Data lain yang tidak keok menarik yaitu, 3/4 dari seluruh transaksi NFT terjadi di blockchain Ethereum. Ronin, sidechain yang diterapkan oleh game play-to-earn (P2E) populer Axie Infinity, tercatat memfasilitasi 1/5 dari sempurna transaksi NFT, disusul oleh Flow dan Immutable X.

Pasar NFT tahun ini mengalami penurunan sekiranya diperbandingkan dengan loncatan drastis yang terjadi di tahun 2021. Sempurna volume transaksi di kuartal pertama 2022 memang menurun menjadi hampir $17 miliar, akan namun ini masih jauh di atas volume pada jangka waktu yang sama tahun lalu. Jumlah transaksi NFT juga turun cukup drastis semenjak menempuh puncaknya di kuartal ketiga 2021.

Seandainya diamati dari sudut pandang jumlah wallet yang aktif, lagi-lagi kita dapat memperhatikan popularitas yang menurun. Kendati demikian, angka 150.000 wallet aktif selama kuartal pertama 2022 ini masih jauh di atas 14.000 wallet aktif selama kuartal pertama 2021. Bukan hanya itu, jumlah buying wallet yang lebih tinggi daripada selling wallet juga adalah indikator akan pertumbuhan yang bagus di industri NFT, terlepas dari lesunya pasar crypto dan NFT secara luas.

Berdasarkan Deloitte, ada banyak elemen yang memengaruhi fluktuasi pasar NFT. Salah satunya sentimen pemodal yang melemah imbas guncangan kondisi geopolitik global yang sedang terjadi. Padahal demikian itu, Deloitte memprediksi sektor NFT akan terus berkembang dalam hal tren dan keberagaman, dan yang lebih penting, di atas basis fundamental daripada sebatas pertumbuhan spekulatif seperti yang terjadi tahun lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog