Mengungkap Rahasia Twitter Yang Penuh Dengan Skandal

Daftar Isi & Table Content

Mengungkap Rahasia Twitter Yang Penuh Dengan Skandal, Ini dia sosial media yang paling berpengaruh di era web 2. Sosial media yang paling banyak digunakan di Amerika. Bahkan akan dibeli oleh Elon Musk, binance, Sequoia, dan masih banyak VC lain. Meski kemungkinan besar gagal. Kita akan ungkap tirai di balik Twitter. Kita akan ungkap rahasia Twitter yang enggak ada di Camdlestick, bahkan laporan keuangan. Kali ini kita akan bahas tentang Twitter. Social media yang paling berpengaruh, tapi juga penuh dengan skandal.

www.getabstract.com

Ada sebuah drama yang juga sempat ditulis oleh Nick bilton yang bukunya berjudul hatching Twitter. Beberapa sumber dari dokumenter ini diambil dari buku hatching Twitter. Teman-teman juga bisa baca bukunya untuk perluas wawasan Kita. Keren banget. Karena ceritanya udah mirip dengan Romance of three kingdom atau Samkok. Kebetulan banget.

Official Founder Twitter Ada Tiga. Yaitu :
  1. Evan Williams
  2. Jack dorsey
  3. Biz Stone
  4. Ada satu founder lagi yang tersingkirkan. Yaitu adalah Noah Glass
Mengungkap Rahasia Twitter Yang Penuh Dengan Skandal

Twitter adalah kisah di mana orang-orang berbakat bersatu untuk membuat Project bersama. Dengan tujuan untuk menyatukan jutaan orang di dunia. Yang di tengah perjalanannya, diwarnai dengan pengkhianatan, saling Serang, dan perebutan Tahta antar founder. Kita akan bahas tentang foundernya dulu ya.

  • Kisah dan Sejarah Founder Twiter Evan Williams, Jack dorsey, Biz Stone dan Noah Glass

Ada Evan Williams. Dia adalah pencipta dari blogger. Yang kemudian blogger dijual ke Google. Setelah itu, Evan William dan Noah mereka berteman. Tetanggaan mereka aslinya. Dan kemudian sama-sama menciptakan cikal bakal Twitter. Yaitu company yang bernama ODEO.

ODEO adalah perusahaan penyedia layanan podcast. Kemudian Evan Williams mengajak Biz Stone, mantan karyawannya di blogger. Setelah itu Jack Dorsey di hire karena kreatifitasnya. Empat orang ini kemudian jadi sohib. Jadi awalnya sebelum ada twitter, ada sebuah company yang bernama ODEO.

  • Sejarah Dari Perusahaan ODEO Menjadi Twitter

ODEO adalah company yang menyediakan layanan podcast. ODEO didirikan oleh Noah Glass. Ketika ODEO mulai kalah saing dengan Apple podcast, Jack dorsey mengusulkan, yuk kita bikin start up baru yang bisa menghubungkan jutaan orang di dunia. Mereka pun mulai bahas dan mengalihkan Resource ODEO ke sana. Jack dan Biz Stone mulai membuat Prototype Twitter. Dan Noah Glass yang saat itu menjabat sebagai CEO ODEO. Mempresentasikan Twitter pada para pemegang saham ODEO. Noah Gkass pula yang memberi nama Project itu Twitter.

Konsepnya adalah saling bertukar pesan seperti yang saat itu juga lagi populer. Dipopulerkan oleh Facebook dan Foursquare. Di saat itu saling berkirim pesan dengan SMS, masih sangat Umum dilakukan. Dan ide Twitter ini Sebenarnya cukup revolusioner. Sayangnya saat itu para pemegang saham ODEO enggak berhasil diyakinkan oleh Noah Glass. Di sisi lain, Evan William memulai aksinya. Evan Williams, Jack dorsey, dan Biz Stone membuat perusahaan yang bernama obvious corp. Dia kemudian menulis email ke seluruh pemegang saham ODEO. Bahwa ODEO ini menuju ke ambang kehancuran. Dan menawarkan untuk buy back. Beli kembali seluruh saham yang dimiliki oleh para pemegang saham. Ternyata para pemegang saham setuju. Dan ODEO pun dijual pada obvious corp sebesar lima juta dollar.

ODEO yang punya Prototype Twitter, kini dimiliki Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone di bawah obvious corp. Evan Williams dan kawan-kawan tahu potensi dari Twitter. Dan mereka ingin memilikinya sendiri, tanpa Noah Glass. Jadi mereka tidak ikut sertakan Noah Glass di perusahaan baru ini. Mereka tidak mau ada Noah Glass dan gak mau ada investor lama. Boleh dibilang, dalam tanda kutip membohongi Noah Glass dan investor lama.

  • Pertama Kali Twitter Launch Di Tahun 2006

Saat twitter launch untuk pertama kalinya di 2006. Jack dorsey menjadi CEO. Evan Williams mengambil keputusan untuk memecat Noah Glass. Dengan alasan perlu istirahat untuk menyelesaikan masalah keluarga. Tapi ada udang nih di balik Batu. Evan William dan para founder Twitter mengkhianati rekan bisnis lamanya yang dulu ajak join di ODEO. Meskipun Jack Dorsey kelihatan simpati sama Noah. Padahal aslinya , Jack dorsey lah yang ingin Noah dipecat. Bahkan mengancam mengundurkan diri. Sebagai CEO pertama Twitter, Dorsey juga nggak menulis nama Noah sebagai co-founder. Evan Williams memecat Noah Glass di sebuah bangku di taman kota. Setelah diberikan informasi Toxic mengenai Noah oleh Jack dorsey. Ketika Noah bertemu dengan Jack Dorsey, ia malah menyalahkan Evan. Dan nama Noah Glass pun hilang dari peredaran. Seiring berjalannya waktu, Twitter booming. Dan Jack dorsey mendapatkan aneka privilege dari menjadi CEO Twitter. Hal ini menimbulkan keirian dari founder lain. Evan Williams pun berusaha untuk menyingkirkan Dorsey dengan alasan Dorsey hanya bersenang-senang dan membuat perusahaan terbengkalai. Evan Williams mempengaruhi pemegang saham yang lain. Dan akhirnya Dorsey pun dipecat dari posisinya di tahun 2008. Dan kemudian Evan menggantikan posisi Dorsey sebagai CEO.

  • Berita Kontroversial dan Twiter dalam kecelakaan pesawat US Airways di Hudson river

Di Januari tahun 2009, Twitter berperan dalam memberitakan kecelakaan pesawat US Airways di Hudson river. Lebih cepat daripada berita mainstream. Bahkan di tahun 2010, Presiden Rusia, Dmitry Medvedev mampir ke kantor Twitter. Dan memposting tweet pertamanya langsung dari sana. Semuanya berjalan dengan lancar, meskipun memang ada beberapa outage. Tapi masalah utamanya, Twitter masih belum bisa cetak uang. Nah, sampai sini Evan meng-hier Dick Costolo, temannya. Dengan tugas memonetize Twitter. Jack dorsey masih di Twitter nih ceritanya. Karena dia masih menjabat sebagai chairman. Jack yang kecewa dengan pemecatannya. Tidak pernah mengungkap di publik. Dia simpan sendiri dalam hati. Tapi secara diam-diam, Jack dorsey membangun sekutu. Membangun kekuatan di antar pemegang saham untuk menyingkirkan Evan. Hingga di tahun 2011, Jack berusaha menyingkirkan Evan Melalui rapat pemegang saham. Di mana 50% nya mendukung Evan dipecat, sisanya 50% nya lagi nggak. Akhirnya keputusan Dikembalikan pada Chairman. Yaitu Jack dorsey sendiri. Dan Jack memecat Evan sendiri di tahun 2010. Dan menggantinya dengan Dick costolo. Teman Evan tadi yang di-hire untuk me-monetize Twitter. Ternyata di belakang Evan, Jack Dorsey dan Dick Costolo udah bersekutu. Di tahun 2013, Twitter IPO. Jack Dorsey, Evan William dan Biz Stone menjadi multimillionaire. Tapi sayangnya, Tidak dengan Noah Glass. Di tahun 2015, Dick costolo resign. Dan leadership Twitter pun dikembalikan ke Jack dorsey.

Jack dorsey kembali di atas tahta Twitter. Di tahun 2017, Twitter untuk pertama kalinya mengumumkan keuntungan. 11 tahun setelah Twitter launch untuk pertama kali. Di Agustus 2019, akun Twitter Jack dorsey di-hack. Dan hacker menulis tentang Tweet yang berbau rasis. Di bulan itu harga saham twitter jatuh hingga 24 persen. Dari 38 dollar menjadi 30,75 dollar. Enggak hanya karena akun Twitter Jack di-hack. Tapi Twitter juga gagal memenuhi target pendapatan di Q3. Twitter di masa Dorsey juga melakukan ban pada iklan politik. Dan mungkin hal ini juga yang menyebabkan dia miss revenuenya. Di Februari 2020, salah satu pemegang saham Twitter Elliot Management yang dipimpin oleh Paul singer. Berusaha menyingkirkan Jack Dorsey. Dan menominasikan empat direktur pada pemegang saham Twitter. Salah satunya ada Jesse Cohn. Senior portfolio Manager di Elliot Management. Waktu itu Dorsey mendapatkan dukungan dari Elon Musk dan vitalic. Dan beberapa hari kemudian, diputuskan Jack dorsey tetap menjabat sebagai CEO.

Di Oktober 2020, Jack dorsey dan beberapa CEO teknologi lainnya digugat oleh Senator Amerika dari partai republican. Yaitu Roger Wicker. Di 29 November 2021, jadi tanggal untuk kepergian Jack dorsey dari Twitter. Dan digantikan oleh CTO-nya, yaitu Parag Agrawal. Jack Dorsey juga dikenal sebagai co-founder dari block inc. Dengan ticker-nya SQ.

Sekitar bulan Maret atau April Tahun 2022, Elon Musk membuat pernyataan yang mengejutkan. Yaitu akan membeli Twitter senilai 44 Miliar USD. Uang semua ini. Nah, setelah penawaran Elon Musk di-approve. Ternyata Elon Musk tidak beli sendirian. Dia ajak-ajak VC yang lain untuk urunan beli Twitter. Di antaranya ada binance, sequoia, dan masih banyak lagi. saya kira hanya akan dibeli sendiri sama Elon. Ternyata Elon cuma makelarin aja. Literally, beli twitter via Twitter. Dengan Tweet-tweet nya, Elon bisa membuat hype para VC. Cuma nih, di tengah proses pembelian Twitter oleh Elon Musk. Ada kekacauan yang terjadi di tim direksi Twitter. Karena ada rumor yang mengatakan Elon Musk akan menunjuk CEO baru. Juga ada ide untuk mewajibkan pemerintah dan akun perusahaan wajib bayar. Juga ada ide lain. Menjamin kebebasan berbicara di Twitter. Dua petinggi Twitter mengumkan pengunduran diri. Dia adalah general manager of consumers di Twitter dan lead revenue product. Elon juga punya ide gila yang lain. Yaitu menerima pembayaran dengan DOGE. Dan yang paling kontroversial, membuka ban Donald Trump. Ujungnya gimana? Ujungnya, hingga artikel ini dibuat. Elon Musk masih belum memutuskan untuk jadi beli atau enggak. Dan malah mungkin batal. Yah, udah nawar. Dikasih. Malah kemudian ghosting.

Alasannya karena banyak fake account. Tapi Elon juga bilang masih tertarik untuk akuisisi. Cuma informasinya yang beredar, infonya si Elon Musk ini sebenernya tidak sanggup beli Twitter. Dan akibat kekacauan ini, harga saham Twitter turun 22 persen. Jadi niatnya gimana nih Elon Musk? Udah kayak yes-yes aja, tapi batal. Nah, yuk kita pikir. Pakai apa? Pakai Whale mindset. Whale pinginnya apa? Si Elon Musk kan whale. Beli di harga murah. Caranya gimana? Turunkan harganya. Atau bisa juga ya. Ya emang batal Guys. Emang Elon Musk nge-prank kita semua. Atau mungkin juga Elon Musk cuma mau cari sensasi atau cari popularitas. Atau mungkin setelah nawar, Elon Musk merasa harga penawarannya kemahalan. Di tengah market yang Emang lagi bearish. Dan alasan tidak masuk akal pun dikeluarkan oleh Elon Musk.

  • Kesimpulan

Dari kisah Twitter ini, ada tiga pelajaran yang saya dapat.

3 Pelajaran Dari Kisah Twitter
  1. Yang pertama, jangan pernah hire orang karena hubungan Pertemanan.
  2. Yang kedua, hanya orang dekat yang bisa lakukan pengkhianatan. Karena mereka tahu semua kelemahan kita.
  3. Dan pelajaran yang ketiga adalah yang enggak boleh kita lupa adalah percaya dengan Elon Musk.

Dia udah bikin prank berapa kali itu. Sejak zaman Antam, DOGE, sekarang Twitter. Dia emang jago. Jago banget bikin hype. Tapi once hype-nya udah jadi. Eh dia ghosting. Temen-temen masih ingat kan waktu hype-nya DOGE?.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog