Memahami Alur Sistem Transaksi Uang Cryptocurrency

Daftar Isi & Table Content

Memahami Alur Sistem Transaksi Uang Cryptocurrency, Pada intinya, ketika kalian memiliki cryptocurrency apa pun yang sebenarnya kalian miliki itu adalah kontrol atas koin tersebut. Semua jenis koin tinggal pada blockhain asal mereka, misalnya Bitcoin atau Ethereum. Koinnya semua hidup dalam blockchain tersebut dan tidak pernah meninggalkan tempatnya. Yang berubah hanyalah soal siapa yang mengontrol koin tersebut, dan caranya adalah dengan memegang ‘kunci’ untuk membukanya, Alamat mata uang cryptocurrency akan tampak seperti kode panjang berisi angka dan huruf bercampur aduk ,itu adalah kode yang diperlukan bagi seseorang untuk mengirimi kalian koin kripto apa pun. Sebaliknya juga kalian butuh kode alamat mereka untuk mengirim koin kripto ke mereka.

Alur Sistem Transaksi Uang Cryptocurrency

Memahami Alur Sistem Transaksi Uang Cryptocurrency

Sama lah kayak nomor rekening akun bank. Penting untuk dipastikan bahwa alamatnya benar-benar tepat. Karena kalau salah dan nyasar kirim ke orang lain, tidak ada perusahaan atau orang siapa pun yang bisa dihubungi untuk membalikkan transaksinya. Karena sekarang kalian tahu seperti apa alamat Bitcoin dan Ethereum itu.

Di Mana Kita Bisa Membeli Cryptocurrency

Waktu pertama ini barangkali tidak instan karena perlu mulai dari awal, tetapi selanjutnya ekosistem kripto itu serba instan semuanya. saat kalian mau beli kripto pertama kalinya dengan Rupiah kalian perlu pergi ke pasar pertukaran. Ini kayak tokonya kripto. Ada ribuan pasar pertukaran di seluruh dunia, dengan yang terbesar di antaranya adalah Coinbase dan Binance. tetapi saat ini kalian belum bisa bertransaksi dengan Rupiah pada pasar tersebut. Indonesia punya dua pasar pertukaran yang besar : Di sana kalian bisa membuat akun, masuk, kemudian hubungkan akun bank kalian. Setelah selesai melakukan itu, kalian bisa masukkan uang Rupiah, lalu gunakan itu untuk membeli Bitcoin, Ethereum, atau koin apa pun lainnya yang kalian mau beli. Selanjutnya, koin kripto tersebut akan muncul di akun kalian yang barusan dibuat di pasar itu.

Penting untuk diketahui bahwa selama koin tersebut ada di dalam akun pasar, kalian sebenarnya tidak mengontrol kunci atas kendali koin itu. Pasar pertukarannya yang punya. Jadi intinya, kalian perlu memercayai pasar pertukarannya untuk menjaga koin milik kalian di sana. Kebanyakan pasar pertukaran yang besar dapat dipercaya dan adalah tempat yang aman untuk menyimpan aset kripto dalam jumlah kecil, selama kalian masih baru mulai dan belajar. Namun sekalinya kalian punya aset kripto dengan jumlah lebih banyak, kalian perlu mengambilnya dari pasar tersebut dan jaga koin kalian di dalam ‘dompet kripto’ pribadi.

Apa Itu Dompet Crypto

Jadi, apa itu dompet kripto dan di mana kalian bisa mendapatkannya? Yaa, ada beberapa jenis dompet dengan perbedaan tingkat keamanannya. Ada dompet berbasis aplikasi, dompet berbasis desktop dan browser, juga ada ‘cold storage wallet’ yang mana wujudnya kayak USB kecil yang bisa digunakan untuk mengakses crypto kalian secara offline. Kami akan lakukan tutorial cara menggunakan semua jenis dompet ini di waktu mendatang, untuk sekarang ini gambaran singkatnya. Dompet seluler itu luas dan beragam. Kalian bisa lihat yang paling populer dan tepercaya di App Store dan Play Store. Beberapa yang paling populer adalah Sejauh tentang dompet desktop, sebagian besar blockchain punya dompet mereka sendiri atau ada dompet multi-chain kayak Exodus. tetapi untuk sebagian besar orang, mereka bakal menggunakan entah dompet pasar pertukaran, dompet aplikasi, atau dompet cold storage (penyimpanan dingin) yang akan kami bahas sekarang.

Apa Itu Metamask dan Cold Storage

Dompet Ethereum berbasis web yang terbaik adalah Metamask. Metamask terlampir pada browser kalian dan memungkinkan kalian berinteraksi dengan aplikasi Ethereum. Ini artinya kalian dapat dengan aman menyimpan dana dan menggunakannya, semua hanya melalui browser atau aplikasi seluler. Sesuatu yang harus diperhatikan adalah, hanya koin kripto berbasis Ethereum yang bisa bekerja dengan Metamask contohnya tidak berlaku untuk Bitcoin.

Dompet Cold Storage Dompet cold storage yang terbaik dibuat oleh Ledger atau Trezor. Dompet dengan basis model kayak USB ini memungkinkan kalian untuk menyimpan aset kripto secara offline. Pada intinya ya kayak memiliki brankas digital bawah tanah yang pribadi dan tidak terhubung oleh internet. Semacam punya bank privat sendiri yang kecil, yang bisa kalian genggam di telapak tangan. Cukup keren, ‘kan? Alat ini bisa jadi mahal, tetapi kalau kalian berurusan dengan jumlah kripto yang besar tentu mereka sangat layak dimiliki demi kontrol dan keamanan lebih.

Akhirnya, hal terpenting yang harus diingat soal mata uang cryptocurrency adalah keamanan. Jangan pernah membagikan password atau back up phrases dengan siapa pun yang bertanya di internet. Satu-satunya waktu saat perlu menggunakan itu adalah hanya ketika KALIAN yang berusaha masuk/login ke akun kalian. Karena aplikasi atau alat-alat ini tidak akan pernah kirimkan kalian email..

Bila ada Tambahan Jangan Sungkan untuk Berkomentar ya..

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog