Lima Tren yang Akan Membentuk Masa Depan Pemasaran Media Sosial

Daftar Isi & Table Content

Lima Tren yang Akan Membentuk Masa Depan Pemasaran Media Sosial, Dunia media sosial yang dinamis dan berubah begitu Cepat, sekaligus menjadi mimpi dan mimpi buruk pemasar. Tantangan untuk mengikutinya sangat besar, tetapi kekuatan untuk menjadi viral adalah daya pikat yang sangat kuat.

Pemasaran media sosial adalah permainan yang sulit, dan memilih keluar bukanlah pilihan untuk bisnis atau merek apa pun. Mengetahui ke mana arah media sosial dan apa yang akan menentukan keadaannya di masa depan dapat membuat perbedaan besar dalam merumuskan strategi dan pendekatan yang tepat.

Saya melihat lima tren yang akan memegang kunci sukses di pemasaran media sosial:  konten, data, seluler, influencer, dan otomatisasi.

  1. Konsumsi Konten di Media Sosial Meningkat

Mulai dari anak kucing yang lucu hingga berita terbaru tentang pemilihan presiden mendatang, media sosial telah menjadi jendela dunia. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh John S. dan James L. Knight Foundation dengan Pew Research Center, penggunaan Facebook dan Twitter untuk konsumsi berita dan konten terus meningkat. Selain itu, keseluruhan waktu yang dihabiskan di situs jejaring sosial juga menunjukkan tren yang meningkat .

Tidak mengherankan bahwa bisnis dan merek semakin mencari konten untuk mendorong interaksi dan lebih terlibat dengan audiens target mereka. Namun, sifat media sosial bersifat sementara dan cepat. Ratusan juta tweet diposting di Twitter setiap hari, dan Facebook bahkan lebih besar.

Agar bisnis dapat membuat kehadiran mereka terasa, volume konten harus dibagikan oleh mereka setiap hari untuk  menarik perhatian penggemar dan pengikut mereka. Membuat trend hari demi hari hampir tidak mungkin, dan alternatif terbaik berikutnya adalah membuat konten.

Menggabungkan konten orisinal yang berorientasi dampak dengan hasil kurasi adalah cara praktis untuk mengelola kehadiran media sosial yang solid. Kurasi konten sudah digunakan oleh banyak merek untuk situs Web dan blog mereka , dan aplikasi media sosialnya hanya lebih mudah dan lebih bermanfaat.

Lima Tren yang Akan Membentuk Masa Depan Pemasaran Media Sosial
  1. Data, Hanya Akan Mendorong Keputusan Cerdas

Dengan begitu banyak obrolan di sosial dan begitu banyak pengguna, data sosial memberikan tambang wawasan yang tak ternilai. Data ini adalah jendela ke pikiran pelanggan dan dapat menginformasikan keputusan yang sangat berdampak. Terutama ada dua jenis data sosial-data profil pengguna dan massa konten yang dibagikan oleh pengguna. Sementara yang pertama relatif statis, yang terakhir bergerak sangat cepat.

Profil pengguna atau data demografis dapat membantu membentuk kampanye iklan bertarget yang lebih baik dan juga berguna untuk membentuk strategi pemasaran sosial yang menyeluruh. Jenis data lain, yang juga lebih sulit untuk ditambang dan dianalisis, dapat membantu bisnis dan merek melakukan banyak hal. Mendengarkan obrolan sosial dapat membantu merumuskan strategi konten, memahami sentimen audiens Anda, menemukan duta merek, menyempurnakan komunikasi, dan bahkan membantu Anda bereaksi terhadap peristiwa dan tren mikro secara real time.

Ketika pemasaran media sosial tumbuh semakin kompetitif dan konten bergerak dengan kecepatan kilat, hanya pengambilan keputusan yang cerdas dan didukung data yang akan menjadi keunggulan kompetitif sejati yang dapat dibanggakan oleh bisnis dan merek di masa depan. Mendapatkan pegangan pada data sosial Anda adalah hal yang mutlak penting.

  1. Media Sosial Menjadi Seluler

Pemasaran yang gesit adalah tentang kecepatan, dan cara apa yang lebih baik untuk menangkap audiens secara real time selain di seluler. Laporan yang disusun dengan baik tentang digital, sosial, dan seluler oleh We Are Social menunjukkan ada hampir 3,6 miliar pengguna seluler di dunia dan sekitar 1,7 miliar akun sosial seluler aktif. Pengguna media sosial telah pindah ke seluler; sekarang giliran pemasar.

Seluler menghadirkan serangkaian peluang baru bagi pemasar sosial dan digital. Meskipun memungkinkan sedikit dalam hal ruang, pengalaman seluler jauh lebih pribadi, dan dengan teknologi yang bergerak cepat, penargetan geografis dan pesan kontekstual untuk pengguna akan segera menjadi norma.

Pengguna seluler menghabiskan banyak waktu seluler mereka di jejaring sosial, meninggalkan peluang besar bagi pemasar media sosial untuk memanfaatkannya. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bahwa halaman arahan sosial, konten, dan situs Web dioptimalkan untuk pengalaman seluler.

Pemasar media sosial juga harus menggunakan perangkat seluler untuk mengendalikan gelombang tren mikro sementara dan bereaksi secara waktu nyata. Tweet Oreo Super Bowl hanya dapat berfungsi pada saat yang tepat, dan perangkat seluler yang diaktifkan dapat memberi Anda kekuatan untuk bertindak cepat. Aplikasi media sosial seluler akan menjadi masa depan teknologi pemasaran media sosial, memungkinkan pemasar bereaksi lebih cepat dan melakukan lebih banyak saat bepergian.

  1. Influencer Sosial Adalah Peluang Besar

Pemasaran influencer bukan hanya kata kunci, tetapi tren yang akan tetap ada. Dari sudut pandang pembeli, seorang influencer adalah seorang ahli dengan pendapat yang tulus tentang produk atau layanan tertentu dan seseorang yang dapat dia percaya untuk rekomendasi yang baik. Sebuah studi McKinseymenemukan bahwa dari mulut ke mulut konsumen-ke-konsumen (didorong pemasaran) dua kali lebih efektif dalam menghasilkan penjualan daripada iklan berbayar. Pemasaran influencer, jika ada, harus di atas ini, mengingat influencer adalah tokoh tepercaya di lingkaran mereka.

Influencer dapat mengumpulkan dukungan yang lebih besar untuk merek dalam waktu yang lebih singkat, yang merupakan peluang besar bagi pemasar. Misalnya, Altium Limited mencapai sukses besar dalam membangun kesadaran untuk salah satu produknya, NanoBoard 3000. Perusahaan menjangkau jurnalis warga di bidang teknologi yang aktif di media sosial dan meminta mereka untuk meninjau produk. Delapan puluh persen dari mereka memposting ulasan online (kebanyakan positif), dan beberapa menyertakan gambar. Salah satu pengulas bahkan menghubungkan perusahaan dengan dua insinyur di Apple yang juga tertarik untuk meninjau produk.

Sementara pemasaran influencer terbukti efektif dalam membangun kesadaran merek, ia datang dengan beberapa tantangan, di mana mengidentifikasi influencer yang tepat adalah yang terbesar. Namun setelah mengatasi tantangan seperti itu, ini tentu merupakan strategi yang kuat di tangan pemasar.

  1. Otomasi Media Sosial

Halaman Twitter dan Facebook aktif yang sangat diperlukan dari berbagai ukuran bisnis memiliki ribuan penggemar dan pengikut, dengan merek-merek besar yang membanggakan ratusan ribu atau bahkan jutaan. Dengan angka tersebut, kehadiran media sosial dan interaksi dengan pengikut tidak lagi dapat dikelola secara manual. Di situlah perdebatan berakhir. Bagi mereka yang masih skeptis, berikut adalah beberapa mitos umum tentang otomatisasi media sosial. Alat media sosial sudah sangat diperlukan, dan masa depan akan melihat lebih banyak kemajuan — dan perdebatan yang menyertainya.

Alat otomatisasi media sosial memungkinkan Anda melakukan banyak hal, termasuk menjadwalkan posting untuk waktu terbaik, memantau percakapan media sosial, dan melacak kinerja kampanye Anda. Sementara kecenderungan umum adalah untuk menggabungkan semua fungsi ini dengan satu alat, seringkali tidak mungkin atau praktis untuk melakukan itu. Tetap terbuka terhadap gagasan bekerja dengan banyak alat atau aplikasi sering kali memberikan hasil yang baik. Tanyakan kepada konsultan atau agensi media sosial mana pun, dan mereka semua akan memiliki setumpuk alat media sosial favorit mereka.

Media sosial adalah dunia yang bergerak cepat dan terus berkembang. Pemasar media sosial harus beradaptasi dengan perubahan dan tren – dan bahkan memanfaatkannya sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang dramatis. Sifat dinamis dari saluran pemasaran inilah yang membuatnya begitu menarik dan memacu adrenalin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog