IBM Meluncurkan Teknologi Chip 2 Nanometer Pertama di Dunia

Daftar Isi & Table Content

IBM Meluncurkan Teknologi Chip 2 Nanometer Pertama di Dunia, Semikonduktor , fondasi chip pemrosesan data pada inti komputasi, adalah komponen penting dalam segala hal mulai dari peralatan kita hingga ponsel, sistem transportasi, infrastruktur, dan bahkan sistem pertahanan nasional. Transistor adalah salah satu jenis semikonduktor. Semakin banyak transistor pada sebuah chip, semakin banyak perhitungan yang dapat dilakukan dengan menggunakan jumlah daya yang sama.

IBM Meluncurkan Teknologi Chip 2 Nanometer Pertama di Dunia
Teknologi Chip Yang Bahkan Lebih Kecil Dari DNA Manusia

Transistor dibuat pada wafer silikon yang berisi ratusan chip individu, seperti lembaran kue berteknologi tinggi. Empat tahun lalu, IBM menciptakan arsitektur revolusioner yang dirancang untuk menghasilkan chip dengan komponen transistor sekecil lima nanometer. Membangun teknologi terobosan itu , tahun ini, IBM telah memproduksi chip dua nanometer pertama di dunia. Komponen terkecilnya lebih kecil dari untaian DNA.

Teknologi Chip 2 Nanometer Pertama di Dunia

Dirancang dan diproduksi oleh IBM Research di fasilitas penelitian semikonduktornya di Albany, New York, wafer ini berisi ratusan chip seukuran kuku, masing-masing dengan 50 miliar transistor dua nanometer. Teknologi ini dirancang untuk membantu meningkatkan kecepatan kalkulasi atau meningkatkan efisiensi energi, tergantung pada pekerjaannya. Di mana perhitungan kompleks yang cepat adalah tujuannya, desain dua nanometer IBM diproyeksikan untuk mencapai kinerja 45% lebih tinggi daripada chip tujuh nanometer saat ini. Atau jika efisiensi energi menjadi prioritas, mereka diproyeksikan menggunakan energi 75% lebih sedikit daripada chip tujuh nanometer.

Teknologi Chip untuk mempercepat kemajuan AI, 5G dan 6G, komputasi tepi, sistem otonom, dan eksplorasi ruang angkasa

Terobosan ini akan membantu mempercepat kemajuan di berbagai bidang seperti AI, 5G dan 6G, komputasi tepi, sistem otonom, dan eksplorasi ruang angkasa. Chip dua nanometer melanjutkan warisan kontribusi IBM Research untuk inovasi semikonduktor. Ini termasuk implementasi pertama dari teknologi proses lima nanometer dan tujuh nanometer, DRAM sel tunggal, undang-undang penskalaan Dennard, photoresists yang diperkuat secara kimia , dan banyak lainnya. Sekarang IBM Research telah memungkinkan , seharusnya tidak terlalu lama sebelum teknologi dua nanometer menjadi standar industri. Inovasi semacam ini dari IBM Research telah membuat teknologi IBM menjadi yang terdepan dari chip dua nanometer, hingga platform seperti IBM Power Systems dan IBM Z, hingga komputasi kuantum dan seterusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog