Gaji Dari Seorang Software Engineer

Daftar Isi & Table Content

Gaji Software Engineer: Apa yang Software Engineer Dapatkan?

Gaji Dari Seorang Software Engineer – Menurut Glassdoor, tiga dari sepuluh pekerjaan dengan bayaran tertinggi di AS sekarang terkait dengan Software Engineering. Software Engineering juga merupakan salah satu bidang yang tumbuh paling cepat. Biro Statistik Tenaga Kerja memproyeksikan pertumbuhan 11% dekade ini, tingkat yang jauh lebih tinggi daripada semua pekerjaan.

Namun, hampir tidak ada Software Engineer yang cukup untuk mengisi peran ini. 26% pemimpin bisnis yang disurvei McKinsey mengatakan bahwa desain dan manajemen TI, seluler, dan/atau web adalah bidang dengan “kebutuhan terbesar untuk mengatasi potensi kesenjangan keterampilan.”

Artinya, perusahaan menawarkan gaji tertinggi untuk Software Engineer yang terampil. Tetapi berapa banyak yang dapat dihasilkan oleh Software Engineer? Dan apa saja faktor yang mempengaruhi gaji mereka? Mari kita cari tahu.

Gaji Dari Seorang Software Engineer
Gaji Dari Seorang Software Engineer

Berapa Gaji Rata-Rata Seorang Software Engineer?

Menurut Indeed, gaji pokok rata-rata untuk seorang Software Engineer adalah $ 125.837. Ini mencakup semua jenis Software Engineer, dari pengembang web hingga pengembang aplikasi. Selain kompensasi tunai, banyak dari peran ini juga menawarkan bonus dan opsi saham. Perusahaan dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat termasuk Citi ($198.457), Apple ($173.388), dan Meta ($152.697).

Gaji Software Engineer berdasarkan Level

Salah satu faktor penting dalam menentukan gaji insinyur pengembangan perangkat lunak adalah pengalaman kerja: semakin banyak pengalaman, semakin tinggi bayarannya. Mari kita lihat bagaimana itu rusak.

Gaji Software Engineer Tingkat Awal

Seorang Software Engineer tingkat pemula adalah seseorang dengan pengalaman kurang dari satu tahun, atau seseorang yang baru saja menyelesaikan magang Software Engineering. Tanggung jawab seorang Software Engineer tingkat pemula cenderung terbatas pada penulisan kode atau membangun basis kode yang ada, bekerja bersama tim pemrogram berpengalaman.

The average entry-level software engineer salary in the United States is $76,882, according to Glassdoor.

Gaji Software Engineer Tingkat Menengah

Seorang Software Engineer tingkat menengah memiliki dua hingga lima tahun pengalaman di industri ini. Mereka biasanya memiliki keterampilan tingkat lanjut dalam bahasa seperti Java, Python, dan JavaScript, keahlian proses di seluruh DevOps, pemrograman front-end/back-end, atau analisis kualitas. Atau, mereka akan memiliki semacam keahlian industri dalam bidang seperti perawatan kesehatan, ritel, layanan keuangan, dll. Banyak insinyur tingkat menengah juga berspesialisasi dalam bidang-bidang seperti keamanan siber, DevOps, dan pengembangan aplikasi seluler.

Gaji rata-rata seorang Software Engineer tingkat menengah di Amerika Serikat adalah $93.000 per tahun, menurut Salary.com.

Gaji Software Engineer Tingkat Senior

Seorang Software Engineer tingkat senior biasanya memiliki pengalaman lima tahun atau lebih dan merupakan pakar teknis atau manajer. Seorang ahli teknis memimpin proyek pengembangan perangkat lunak dan bertanggung jawab atas kualitas pengiriman perangkat lunak dalam jadwal dan anggaran yang diterima. Mereka mempertahankan pandangan sekilas dari proyek, berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, mengumpulkan umpan balik pengguna, dan memastikan produk perangkat lunak memenuhi kebutuhan bisnis. Mereka juga bekerja untuk membangun kepemimpinan teknis dan kekayaan intelektual dalam organisasi.

Seorang manajer memimpin tim, menyatukan keterampilan lintas fungsi, memastikan mereka bekerja sama dengan baik, mendelegasikan dan mengelola kinerja, memecahkan kemungkinan masalah, melakukan tinjauan, dll. Dalam organisasi yang lebih kecil, banyak Software Engineer tingkat senior menyulap kedua peran ini. Dan gaji mencerminkan itu.

Gaji rata-rata Software Engineer senior di Amerika Serikat adalah $ 115.600 per tahun, menurut Salary.com.

Gaji Software Engineer menurut Industri

Seperti yang di lansir dari springboard Gaji Software Engineer juga dapat bervariasi menurut industri. Mari kita lihat beberapa industri teratas yang mempekerjakan Software Engineer hari ini.

Tech

Mengingat bahwa perangkat lunak bagaikan roti dan mentega di organisasi teknologi, perusahaan-perusahaan ini cenderung mempekerjakan insinyur yang paling terampil dan menawarkan gaji yang sangat kompetitif. Menurut Built In, gaji rata-rata seorang Software Engineer di industri teknologi adalah $ 119.939.

Finance

Baik itu bank tradisional seperti Citibank/JP Morgan Chase atau startup fintech seperti Stripe/Digit, industri jasa keuangan dengan cepat mengadopsi teknologi untuk berbagai kasus penggunaan. Di keamanan siber, perbankan seluler, transaksi tanpa uang tunai, investasi dinamis, personalisasi, manajemen risiko, dll., ada ratusan peran bergaji tinggi untuk Software Engineer dengan minat di bidang keuangan.

Gaji rata-rata seorang Software Engineer yang bekerja di bidang keuangan adalah $ 108.690 per tahun, menurut Glassdoor.

Retail

Saat ini, ritel tidak lagi hanya tentang toko bata-dan-mortir. Software Engineer di industri ritel membuat dan memelihara perangkat lunak ritel seperti sistem point of sale (POS) atau sistem penjualan di dalam toko, serta pengalaman dinamis dan personal di seluruh e-niaga, perdagangan seluler, dan saluran perdagangan sosial. Khususnya online, terdapat inovasi signifikan di ruang ritel, seperti teknologi try-and-buy dengan augmented/virtual reality, hyper-personalization pada mobile commerce, live shopping di platform sosial, dan sebagainya.

Gaji rata-rata seorang Software Engineer yang bekerja di sektor ritel adalah $81.850, menurut sebuah studi oleh HackerRank.

Healthcare

Healthcare berinvestasi secara signifikan dalam perangkat lunak, terutama mengingat pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung. Jaringan rumah sakit besar, klinik lokal kecil, produsen peralatan, dan organisasi farmasi, semuanya memanfaatkan perangkat lunak untuk kebutuhan mereka.

Gaji rata-rata seorang Software Engineer yang bekerja di industri perawatan kesehatan adalah $77.000 per tahun, menurut Payscale.

Government

Biasanya lebih lambat untuk mengadopsi teknologi terbaru, pemerintah dan layanan publik di seluruh dunia sekarang lebih aktif merangkul Software Engineering. Misalnya, akhir tahun lalu, Presiden Biden mengeluarkan perintah eksekutif tentang Mengubah Pengalaman Pelanggan Federal dan Pengiriman Layanan untuk Membangun Kembali Kepercayaan pada Pemerintah. Inisiatif ini kemungkinan akan mengalir ke inisiatif pemerintah negara bagian dan lokal juga, membuka sejumlah besar peluang dalam Software Engineering untuk pemerintah dan layanan publik. Gaji rata-rata seorang Software Engineer yang bekerja di pemerintahan adalah $88.568 per tahun, menurut Payscale.

Gaji Software Engineer menurut Pendidikan

Pendidikan tampaknya memainkan peran dalam gaji Software Engineer. Menurut PayScale, Software Engineer dengan sertifikat mendapatkan $76.000, sementara insinyur dengan gelar sarjana mendapatkan $84.000, dan mereka yang memiliki gelar master rata-rata mendapatkan $112.000 setahun.

Sementara sebagian besar perusahaan yang mempekerjakan Software Engineer lebih suka kandidat memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer, tidak jarang menemukan deskripsi pekerjaan yang mengharapkan “gelar sarjana atau pengalaman yang setara.” Insinyur dan pengembang otodidak yang terlatih dalam bootcamp dapat mengakses peluang yang sama jika mereka dapat menunjukkan keterampilan yang dibutuhkan untuk setiap peran.

Pekerjaan yang Memberikan Gaji Software Engineering Terbaik

Ada lusinan peran khusus dalam Software Engineering yang menawarkan gaji lebih tinggi berdasarkan pengalaman, keahlian, dan ketersediaan profesional yang terampil. Mari kita lihat beberapa peran dengan bayaran tertinggi dalam Software Engineering.

Solutions Architect

Arsitek solusi adalah orang yang mengubah visi teknis suatu produk menjadi perangkat lunak yang dapat digunakan. Mereka merancang solusi, menata arsitektur, membuat peta jalan, dan memastikan bahwa potongan kode yang lebih kecil bekerja bersama sebagai satu kesatuan yang bermakna dan fungsional. Mereka juga bertanggung jawab untuk dokumentasi, mengikuti praktik terbaik, memvalidasi hasil, dll. Pengembang perangkat lunak yang berpengalaman biasanya tumbuh dalam peran ini.

Kisaran gaji untuk seorang arsitek solusi perangkat lunak adalah antara $108.400 dan $140.000 per tahun.

DevOps Engineer

DevOps adalah kependekan dari operasi pengembangan. Seorang insinyur DevOps bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran fungsi siklus pengembangan perangkat lunak. Mereka memungkinkan penyebaran perangkat lunak, integrasi berkelanjutan/pengiriman berkelanjutan (CI/CD), otomatisasi, manajemen infrastruktur cloud/on-prem, administrasi sistem, keamanan, dll. Terutama dalam organisasi yang bergerak menuju pengembangan perangkat lunak Agile, mereka juga mengambil peran advokasi untuk memastikan manajemen perubahan yang mulus.

Kisaran gaji untuk seorang insinyur DevOps adalah antara $45.000 dan $325.000 per tahun.

Staff Software Engineer

Insinyur staf adalah profesional perangkat lunak senior yang bekerja pada masalah bisnis yang kompleks dan menantang. Peran mereka melibatkan pemahaman masalah bisnis dan lanskap teknologi untuk menciptakan solusi yang inovatif dan berbeda. Mereka mungkin juga mengelola tim kecil Software Engineer yang mengarahkan proyek eksperimental.

Kisaran gaji untuk Software Engineer staf adalah antara $ 129.906 dan $ 572.331 per tahun.

Senior Staff Software Engineer

Seorang insinyur staf senior menghadapi lebih banyak tantangan jangka panjang, menentukan arah produk/departemen selama 5-10 tahun. Seringkali, mereka melapor kepada manajemen puncak, mengarahkan jalannya organisasi itu sendiri. Biasanya, mereka adalah spesialis dalam teknologi baru seperti cryptocurrency, virtual reality, dll.

Kisaran gaji untuk Software Engineer staf senior adalah antara $ 145.704 dan $ 612.542 per tahun.

Principal Software Engineer

Seorang Software Engineer utama melakukan kombinasi peran teknis dan manajemen. Mereka berkolaborasi dengan pimpinan organisasi untuk memastikan perangkat lunak memenuhi kebutuhan pengguna akhir sambil membantu mencapai tujuan bisnis. Mereka memimpin tim, memecahkan masalah, dan menghilangkan hambatan di seluruh siklus pengembangan perangkat lunak.

Kisaran gaji untuk Software Engineer utama adalah antara $ 153.864 dan $ 635.673 per tahun.

Fellow Software Engineer

Rekan Software Engineering adalah teknolog terkemuka dalam organisasi mana pun. Biasanya, kontribusi mereka sering melampaui organisasi ke komunitas open-source, akademisi, dll. Seringkali, mereka memimpin penelitian independen dalam organisasi, menjelajahi jalan baru dan teknologi futuristik.

Kisaran gaji untuk sesama Software Engineer adalah antara $ 350.000 dan $ 800.000 per tahun.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gaji Software Engineering

Desain kompensasi setiap organisasi tergantung pada berbagai faktor. Mari kita lihat bagaimana semua itu terguncang.

Latar belakang pendidikan

Sebagian besar pekerjaan mengharapkan kandidat memiliki gelar sarjana atau magister dalam ilmu komputer. Tapi ini bukan pemecah kesepakatan, dan banyak Software Engineer memulai karir mereka dengan mendaftar di program sertifikat atau Bootcamp Software Engineering.

Pengalaman

Jika Anda memiliki pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak, Anda mungkin diuntungkan dan memiliki potensi lebih besar untuk gaji yang lebih tinggi. Misalnya, jika Anda bekerja di sebuah perusahaan sebagai insinyur pengembangan perangkat lunak di masa lalu, Anda kemungkinan besar memenuhi syarat sebagai Software Engineer senior sekarang. Saat Anda menunjukkan pengalaman ini kepada calon pemberi kerja, Anda mungkin mendapatkan peran tersebut secara langsung, mendapatkan gaji Software Engineer senior.

Skills

Keterampilan Software Engineering sangat penting untuk menentukan gaji Anda—tidak hanya keterampilan teknis tetapi juga keterampilan interpersonal. Selain bahasa pemrograman, kerangka kerja, teknologi cloud, dll., organisasi mengharapkan Software Engineer juga memiliki keterampilan luar biasa dalam pemecahan masalah, pemikiran kritis, penalaran logis, komunikasi, menulis, bercerita, dan banyak lagi.

Lokasi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, lokasi pekerjaan Anda juga berperan dalam gaji Anda. Jadi, jika pekerjaan Anda berbasis di wilayah di mana biaya hidup atau persaingan untuk talenta teknologi top tinggi, kemungkinan besar Anda akan dibayar dengan gaji tinggi. Misalnya, gaji rata-rata pengembang perangkat lunak di Silicon Valley adalah $135.000, sedangkan di Atlanta, GA, adalah $104.000.

Organisasi

Organisasi tempat Anda bekerja juga memainkan peran penting dalam menentukan gaji Anda. Teknologi besar seperti Facebook, Amazon, Google, atau Apple, membayar gaji tertinggi, seringkali dalam jutaan. Sedangkan usaha kecil dan menengah mungkin membayar lebih rendah, mengingat keadaan, margin, profitabilitas, dan laba atas investasi teknologi mereka.

Bagaimana Anda Dapat Menghasilkan Lebih Banyak Uang Sebagai Software Engineer?

Berikut adalah beberapa cara agar Anda dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi dalam Software Engineering:

Gain experience.

Faktor yang paling penting dalam memerintah gaji tertinggi adalah pengalaman. Baik dalam industri tertentu seperti perawatan kesehatan atau ritel, bahasa pemrograman seperti Python atau Java, atau platform seperti iOS atau Windows, pengalaman membantu Anda membedakan diri dan meningkatkan gaji yang dapat Anda perintahkan.

Performance.

Selama ulasan dan promosi akhir tahun, Anda dapat menegosiasikan kenaikan gaji yang lebih baik dengan menunjukkan nilai Anda kepada organisasi. Misalnya, jika Anda dapat menunjukkan bahwa pekerjaan Anda meningkatkan pendapatan, akuisisi pelanggan, keterlibatan mitra, efisiensi organisasi, dll., Anda kemungkinan besar akan dipromosikan atau diberi lebih banyak tanggung jawab dengan kenaikan gaji yang baik. Sepanjang tahun, evaluasi dan tinjau nilai bisnis dari pekerjaan Anda.

Specialize.

Semakin langka keterampilan Anda, semakin banyak Anda akan diminati. Misalnya, jika Anda seorang ahli di bidang yang sedang berkembang seperti cryptocurrency, Anda kemungkinan akan diburu dan ditawari gaji yang kompetitif.

Develop leadership skills.

Saat Anda tumbuh dalam karir Software Engineering Anda, Anda akan diharapkan untuk memimpin tim dan proyek yang kompleks. Mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kepemimpinan akan membantu beralih ke peran seperti Software Engineer terkemuka atau rekan Software Engineering secara organik.

Collaborate with your community.

Software Engineer mendapatkan kepemimpinan teknis/pemikiran dengan berkontribusi pada proyek sumber terbuka, memberikan ceramah di acara, membimbing programmer muda, membangun proyek sampingan, dll. Ini memberi mereka kredibilitas di luar organisasi tempat mereka bekerja, menjadikannya lebih menarik bagi calon pemberi kerja.

Consider consulting.

Setelah Anda memperoleh beberapa tahun pengalaman, organisasi akan bersedia mempekerjakan Anda dalam peran penasihat untuk memecahkan masalah, merancang peta jalan, lokakarya dengan tim, dll. Ini dapat berfungsi sebagai pekerjaan sampingan yang menguntungkan sekaligus membantu Anda membangun jaringan yang solid .

Pertanyaan Yang Sering di Tanyakan Tentang Gaji Software Engineer

Sekarang, mari kita lihat beberapa pertanyaan umum tentang gaji Software Engineering.

Berapa Gaji Awal Rata-Rata untuk Software Engineer?

Gaji awal rata-rata di Amerika Serikat untuk insinyur tingkat pemula adalah $76,882 per tahun.

Berapa yang Dapat Dihasilkan Software Engineer per Jam?

Dalam peran per jam, Software Engineer menghasilkan rata-rata $65 per jam.

6 cara menjadi sebagai Software Engineer?

Anda perlu bekerja keras secara konsisten pada keterampilan Anda dan mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan teknologi terbaik, tetapi Anda dapat menghasilkan enam angka hanya sebagai insinyur tingkat pemula. Jika Anda seorang Software Engineer senior, Anda mungkin menemukan lebih banyak perusahaan yang menawarkan enam angka untuk pengalaman Anda.

Bisakah Menghemat Uang sebagai Software Engineer?

Ya, Anda benar-benar bisa. Karier Software Engineering umumnya membayar dengan sangat baik dan memungkinkan Anda menghemat uang.

 

Free Tools To Use

Rewrite Article with AI

Instant Article with AI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog