Faktor Utama Yang Membuat China Menjadi Negara Besar Ke 2 Di Dunia

Daftar Isi & Table Content

Faktor Utama Yang Membuat China Menjadi Negara Besar Ke 2 Di Dunia, Saya mau bahas tentang sebuah negara yang ekonominya berkembang pesat banget dalam 20 tahun terakhir, yaitu China. Secara ekonomi, negara China tuh saat ini adalah negara super power nomor dua di dunia. Ekonomi China juga digadang-gadang nih bakal nyalip pertumbuhan ekonomi Amerika, dan jadi negara ekonomi terbesar di dunia dalam beberapa tahun ke depan.

Faktor Utama Yang Membuat China Menjadi Negara Besar Ke 2 Di Dunia

China Menjadi Kekuatan Besar Nomor 2 di Dunia

Tapi kalian tau tidak, kalo sekitar 40-50 tahun yang lalu, negara China ini tuh masih jauh banget dari kata maju, kaya ataupun sejahtera. Kehidupan masyarakat China dulu tuh sederhana banget, di mana hampir semua kepemilkan rakyat tuh dijatahin gitu sama pemerintah. Wah kok bisa ya? Negara yang masyarakatnya hidup sederhana akhirnya bertransformasi jadi negara super power dengan kekuatan nomor dua di dunia.

Sejarah Ekonomi China Tahun 60-80

Saat itu, China masih ada di bawah kekuasaan Mao Zedong yang erat banget sama ideologi komunismenya, di mana nih sistem ekonominya tuh bener-bener dikendaliin sama pemerintah pusat. Artinya apa? China jadi negara yang terisolasi dari perdagangan internasional dan pemerintah tuh jadi distributor tunggal dari semua bentuk kebutuhan manusia. Mulai dari bahan pangan, pakaian, obat, meja, kursi, sabun, sampai kacamata, pokoknya semuanya.

Singkat cerita, kebijakan terpusat itu bikin alokasi sumber dayanya tidak efisien, soalnya kan tingkat kebutuhan masyarakat itu terus bergerak dinamis, dan satu entitas pemerintah aja gak akan sanggup gitu ya buat menuhin dinamika permintaan masyarakat yang begitu kompleks. Dampak dari kegagalan distribusi tunggal ini tuh parah banget, di mana China pernah ngalamin bencana kelaparan hebat selama 3 tahun yang ngerenggut korban sampai puluhan juta jiwa. Titik balik dari keadaan mereka baru di mulai tahun 1978 ketika Mao Zedong meninggal dan digantiin sama Deng Xiao Ping yang bikin program reformasi ekonomi.

Faktor Utama Yang Membuat China Menjadi Negara Super Power Ke 2 Di Dunia

5 Faktor Yang Membuat China Menjadi Negara Super Power Diantaranya :
  1. Pertama Reformasi Sistem Ekonomi.
  2. Kedua itu Kebijakan ketat buat Investor Asing.
  3. Ketiga Kebijakan Moneter.
  4. Keempat Ekspansi Ekspor.
  5. Terakhir itu Konsumsi dalam Negeri.
  • Pertama Reformasi Sistem Ekonomi Yang Merubah China Menjadi Negara Super Power

Pertama kita bahas tentang reformasi sistem ekonomi. Program dari Deng Xiao Ping ini tuh dimulai sama sistem ekonomi yang lebih terdesentralisasi, di mana ya aktivitas ekonomi tidak lagi dikendaliin penuh sama pemerintahan pusat, tapi diotonomiin ke masing-masing pemerintah daerah. Deng juga menghapus sistem kuota buat produksi pertanian dan ngizinin rakyat buat ngejual surplus produksi pertanian mereka. Hasilnya ya para petani tuh mulai ngedapetin kesejahteraan dari penjualan pertanian dan ekonomi China juga mulai nunjukin tanda-tanda kebangkitan. Di sisi lain, pemerintah juga mulai ngizinin pendirian perusahaan swasta dan aktivitas kewirausahaan. Seiring dengan itu, China juga mulai buka diri terhadap perdagangan internasional dan ngundang investor asing buat berinvestasi di beberapa wilayah China yang disebut sebagai Special Economic Zone atau SEZ.

  • Apa Itu SEZ (Special Economic Zone)

Jadi SEZ itu adalah wilayah khusus yang dikasih hak istimewa buat ngejalanin ekonomi secara bebas dan juga ngelakuin perdagangan internasional. Di wilayah inilah perusahaan-perusahaan, terutama perusahaan asing nanemin modal dengan cara ngebangun pabrik buat aktivitas produksi mereka. Pemerintah China tuh memfasilitasi mereka dengan buruh yang dibayar murah, infrastruktur yang memadai dan insentif pajak buat aktivitas ekspor dan impor barang produksi. Buat ngedukung program ini, pemerintah China ngebangun banyak aspek fundamental dari sektor industri, kayak jalur kereta api, jalan raya, pelabuhan dan juga bandara yang saling terkoneksi di wilayah-wilayah SEZ.

Pemerintah juga ngelakuin aglomerasi industri dengan mengelompokkin beberapa industri yang punya kesamaan karakteristik dalam satu wilayah tertentu Hasilnya apa? Terciptalah jaringan distribusi yang tertata rapi banget, yang akhirnya bikin proses produksi di China bisa dilakuin dengan efisien dan juga ngehemat banyak biaya produksi. Konsep SEZ ini terbukti sukses dan jadi fondasi yang kokoh dalam dunia industri China dan akhirnya narik banyak investor asing buat ngebangun pabrik industrinya di sana.

  • Kedua itu Kebijakan ketat buat Investor Asing Yang Merubah China Menjadi Negara Super Power

Kedua yaitu kebijakan ketat buat investor asing. Jadi China tuh nggak sembarangan nih buat menerima investor asing yang masuk ke negaranya. Ada banyak banget kebijakan ketat yang harus dipatuhi sama investor asing tersebut. Salah satunya tuh adalah kewajiban buat nyalurin investasi berupa proyek padat karya yang bersentuhan langsung sama sektor riil kayak pembuatan pabrik dan juga industri produksi. Jadi investor asing tuh gak boleh tuh cuma nyalurin modal doang buat dipinjam sama pengusaha lokal China, udah gitu tinggal dapat profit dan bunga pinjaman doang.

Dengan kebijakan ini, investor asing gak bisa dengan mudah seenaknya narik aset investasi mereka balik, karena kan uang yang mereka salurin tuh udah berubah bentuk jadi pabrik dan juga infrastuktur industri yang padat karya. Selain itu, pemerintah China juga ngewajibin aktivitas usaha mereka dilaksanain dengan sistem joint venture atau kerja sama dengan perusahaan lokal, di mana perusahaan lokal itu berhak nih buat mimpin proyek sekaligus dapetin transfer ilmu dan juga teknologi untuk dipelajarin. Berkat cara ini, China bisa mempelajari dan memproduksi ulang teknologi-teknologi kunci yang sebelumnya tuh dikuasai sama beberapa negara lain, kayak komputer, peralatan elektronik, komunikasi, bahkan teknologi militer.

Dari sinilah muncul banyak perusahaan lokal china yang mampu memproduksi barang dengan level kualitas yang bisa nyaingin barang-barang dari Eropa, Jepang, dan juga Amerika. tapi bisa diproduksi dan dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

  • Ketiga Kebijakan Moneter Yang Merubah China Menjadi Negara Super Power

Ketiga yaitu kebijakan moneter dari bank sentral China. Seiring dengan peningkatan industri lokal nih, sektor perbankan China tuh juga dapetin limpahan likuiditas yang besar banget dari tabungan perusahaan-perusahaan lokal yang makin bertambah. Dengan modal ini, sejak tahun 1995 China tuh terus membeli obligasi pemerintah Amerika, alias jadi negara pemberi pinjaman utang kepada Amerika. Amerika awalnya tentu seneng dong karena kan mereka terus dapetin dana segar dengan bunga kecil.

Apalagi dengan pembelian obligasi negara ini, pemerintah China tuh harus nuker Yuan jadi US Dolar secara besar-besaran. Akibatnya apa? Nilai yuan terus menurun sementara nilai US Dolar terus menguat. Dengan demikian, Amerika tuh bisa terus-terusan membeli produk China dengan harga yang miring karena kan nilai tukar US Dolar terhadap yuan terus menguat. Tanpa sadar, justru hal inilah yang jadi bom waktu buat Amerika. Dengan penurunan nilai yuan, produk-produk bikinan China tuh jadi makin murah di pasaran internasional. Tercatat sejak tahun 1995, nilai mata uang Yuan jatuh mendadak terhadap US Dolar dan stabil di angka 8,277 selama kurang lebih 10 tahun. Akibatnya apa? Produk China tuh makin nguasain pasaran global, ngalahin produk-produk pesaing dari negara maju yang dulunya tuh jadi investor mereka. Satu per satu raksasa industri kayak Jerman dan Jepang akhirnya tersusul nih sama penjualan ekspor China.

Seiring dengan itu, kualitas produk dari barang-barang China juga makin bisa bersaing atau bahkan nyamain level kualitas produk-produk kelas dunia. Tanpa terasa, seluruh dunia jadi bergantung sama China. Tanpa terasa, industri ekspor seluruh dunia nggak bisa lagi nyaingin barang-barang China yang makin bagus tapi harganya bersahabat. Dan tanpa terasa juga, saat ini utang obligasi pemerintah Amerika terhadap China udah lebih dari 1 triliun USD.

  • Keempat Ekspansi Ekspor Yang Merubah China Menjadi Negara Super Power

Keempat, yaitu ekspansi ekspor Dengan kebijakan moneter yang bikin produk China jadi murah banget di pasar internasional, tentunya China manfaatin itu buat bisa maksimalin penjualan ekspor ke luar negeri sebesar-besarnya. China yang kini udah punya sistem ekosistem manufaktur yang kokoh banget dan rantai pasokan yang efisien karena bahan bSaya produksinya tersedia dari pemasok lokal yang harganya murah, tentu aja akhirnya China sanggup ngelahirin produk-produk dengan kualitas yang bagus, kuantitas banyak, dan juga harga yang ramah di kantong. Hal itu makin didukung sama kebijakan pajak ekspor yang rendah banget.

Pemerintah China tuh sampe ngapus semua pajak berganda, bahkan PPN aja dibikin 0% buat semua produk yang bakalan dijual ekspor ke luar China. Gak cuma kebijakan pajak aja yang ramah terhadap pengusaha, pemerintah tuh juga ngasih subsidi gitu ya kepada kawasan industri. Misalnya nih khusus buat kawasan industri, semua tagihan air dan listrik itu disubsidi 30% sama pemerintah. Hal itu tentu bikin para pengusaha semakin produktif dan berani gitu buat ngejual produk dengan harga yang lebih murah di pasar internasional. Hasilnya, di tahun 2017, China itu adalah eksportir terbesar di dunia dengan nilai ekspor mencapai 2,4 triliun US Dolar.

  • Terakhir itu Konsumsi dalam Negeri Yang Merubah China Menjadi Negara Super Power

Faktor terakhir adalah dari sisi konsumsi dalam negeri. Sejak SD kita semua pasti udah tahu nih, kalau China tuh selalu jadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Artinya apa? Industri lokal di China gak perlu khawatir tuh kehilangan konsumen. Seluruh masyarakat China sendiri aja udah lebih dari cukup buat jadi konsumen tunggal yang punya daya serap pasar yang luar biasa banget. Dengan begitu, banyak industri lokal di China yang gak perlu bingung buat nyari pembeli, soalnya di negara sendiri aja barang konsumsi apapun bakal dengan mudah terserap pasar.

Apalagi nih, daya beli masyarakat China tuh makin meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi selama bertahun-tahun. Berdasarkan survey dari CIA Fact Book di tahun 2017, jumlah orang yang berada di garis kemiskinan tuh cuma 3,1% dari jumlah penduduk dan terus berkurang sampai sekarang. China yang sekarang itu udah beda 180 derajat dari China tahun 70an. China yang dulu tuh gak punya banyak pilihan karena semua hal dijatah sama pemerintah, sekarang malah jadi kekuatan pasar produksi sekaligus konsumsi yang luar biasa besar.

Bahkan saat ini, China bukan lagi China di tahun 80-90an yang cuma bisa ngekor dan niru teknologi negara-negara maju. Saat ini, China udah bisa ngembangin teknologinya sendiri dan terus dapet perhatian dunia, kayak teknologi 5G, stasiun luar angkasa, matahari buatan, AI, dan masih banyak lagi. Nah, sebenarnya masih ada faktor lain yang mendukung bangkitnya ekonomi China. Kayak strategi dumping, upah pekerja yang murah, kontroversi tentang lingkungan, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog