Cyrus the Great Cocok Disebut Sebagai Pria Bertanduk Dua

Daftar Isi & Table Content

Cyrus the Great Cocok Disebut Sebagai Pria Bertanduk Dua, Sekarang di bab ke 4, kita akan balik ke Zulkarnain lagi. Tadi kan bab ke 3 udah panjang tuh Ngebahas Kisah Nabi Nuh, tapi kita ga bisa ngelepasin penjelasan dari cerita Nabi Nuh sebelum kita ngeliat siapa Zulkarnain sebenarnya. Nama Zulkarnain pernah disebutkan didalam Thorah, di dalam kitabnya orang Yahudi. Di dalam bukunya Daniel, The Book of Daniel.

Cyrus the Great Cocok Disebut Sebagai Pria Bertanduk Dua

The Book of Daniel Membahas Zulkarnain

Daniel merupakan seorang figur di dalam Judaism yang menulis banyak cerita-cerita agama. Jadi pernah disebutkan nama Zulkarnain di dalam The Book of Daniel di 8.20 diceritakan bahwa, Bahasa Inggrisnya, “The two-horned ram that yous aw represents the kings of Media and Persia.” Jadi dibilang, si Dua Tanduk itu merupakan representasi dua kerajaan. Kerajaan Media dan Kerajaan Persia. Jadi sebenernya kalo kita mengacu kepada Thorah, kepada Old Testament kitabnya orang Yahudi, Zulkarnain ini bukan nama asli, Zulkarnain ini bukannya dia pakai tanduk. Tapi Zulkarnain ini merupakan sebutan bahwa dia adalah raja yang menguasai dua kerajaan.

Zulkarnain  Menguasai 2 Kerajaan, Kerajaan Media dan Persia

Kerajaan Media dan Persia ini, dikatakan. Daniel ini hidup di jaman 620 sampai sekitar 500an SM. Jadi Daniel ini hidup di zaman di mana kaum Yahudi diinvasi oleh Babilonia, oleh Raja Nebuchadnezzar, Di mana kaum Yahudi dipaksa untuk meninggalkan tanah-tanah kelahirannya untuk ikut ke Babilonia, menjadi budak dari kaum Babilonia. Sampai akhirnya dia dibebaskan, diselamatkan oleh seorang raja namanya Cyrus the Great. Dan raja ini setelah menundukkan Babilonia, dia melepaskan kaum Yahudi, untuk pulang ke tanah kelahirannya, dan juga untuk kembali merestorasi agamanya. Dan bisa dibilang Cyrus the Great ini adalah salah sedikit orang non-Yahudi yang disebutkan di dalam Thorah. Saking dia itu berjasa kepada kaum Yahudi. Bisa dibilang juga, kalo Cyrus the Great ini ngga naklukin Babilonia dan membebaskan kaum Yahudi, mungkin agama Yahudi belum tentu ada sampai sekarang.

Peta Persebaran Cucu Nabi Nuh AS

Mungkin Kristen pun juga belum tentu ada. Dan Islam pun juga belum tentu ada, karena ini merupakan agama yang beriringan, ada banyak hubungannya. Jadilah oleh Daniel saking berjasanya disebutkan dalam Thorah dalam the Book of Daniel 8.20 bahwa, Zulkarnain adalah raja yang merepresentasikan Media dan Persia. Dan kalo kita cocokin sama peta tadi, petanya Gomer and Magog. Kalo kita liat Magog ini tinggalnya di daerah Rusia dan Georgia. Di mana Cyrus? Cyrus itu tinggal di daerah Iran. Iran Selatan. Kalo di sini, di deket Arphaxad, di deket Elam. Deket Madai. Jadi bisa dibilang, kalo secara peta sebenernya cocok. Cocok karena apa? Karena, secara logika, Cyrus ini dia menguasai Media dan Persia. Media itu merupakan kalo di peta ini, daerah Meshech, daerah Asshur. Itu daerah Media. Jadi untuk pergi ke daerah Magog itu deket. Itu bisa. Itu possible.

Cyrus the Great adalah Zulkarnain

Jadi Cyrus the Great adalah Zulkarnain, merupakan teori yang masuk akal. Ada juga banyak isu yang mengatakan bahwa Zulkarnain ini adalah Alexander the Great. Tapi kalo kita cocokin dengan Al-Quran, tidak match, tidak pas jika disebutkan Zulkarnain adalah Alexander. Kenapa? Karena Alexander bukan seorang monoteis, bukan merupakan seorang penyembah Tuhan, bukan seorang yang taat kepada Allah. Karena Alexander ini merupakan seorang penganut paganisme. Dia menyembah banyak dewa. Dan juga banyak gosip yang mengatakan bahwa Alexander ini seorang homoseksual, jadi dia tidak pas untuk mencerminkan bahwa dia Zulkarnain, Dan dia juga dikenal sangat brutal dan keji dan sering membunuh lawan-lawannya yang sudah kalah. Jadi dia tidak pas, tidak match kalau dibilang dia adalah Zulkarnain.

Zoroaster agama yang lahir di tahun 1500 SM dengan nabinya yang bernama Zarathustra

Sementara Cyrus, Cyrus merupakan orang Persia yang menganut Zoroastrianism. Zoroaster. Kalo Zoroaster ini sekarang disebutnya agama majusi, penyembah api. Tapi itu kan sekarang, setelah udah banyak perubahan, banyak bumbu dari generasi ke generasi, sekarang Zoroaster itu menyembah api. Kalo dulu Zoroaster ini bukan agama yang menyembah api. Zoroaster ini agama yang lahir di tahun 1500 SM dengan nabinya yang bernama Zarathustra. Itu kenapa nama agamanya Zoroaster. Ini merupakan agama monoteis, satu Tuhan aja, nama Tuhan-nya Ahura Mazda. Ini Tuhan yang menciptakan seluruh dunia. Agama ini besar di Iran, di Persia, jadi ini merupakan agama dari Cyrus. Dan dia juga memiliki konsep namanya Angra Mainyu. Angra Mainyu ini merupakan konsep setan dalam agama Zoroaster. Jadi ada Tuhan, ada setan yang selalu berusaha menggoda manusia juga. Dan mereka juga Zoroaster mengenal konsep, nanti saat Hari Pembalasan, kita akan nyebrang ke jembatan untuk masuk ke surga, sama seperti konsep agama-agama Abrahamik. Cuma lama-lama karena banyak bumbu dari generasi ke generasi, sekarang agama Zoroaster ini menjadi agama penyembah api. Cuma dulunya, dia adalah agama monoteis, satu Tuhan. Itu kenapa Cyrus ini cocok menjadi Zulkarnain, karena dia adalah seorang monoteis, seorang penyembah satu Tuhan. Dan saat dia menaklukan lawannya, dia dikenal tidak menggunakan kekerasan. Dia tidak membunuh lawan-lawannya, kecuali memang terpaksa. Dan bahkan dia pun tadi membebaskan kaum Yahudi untuk pulang ke tanah kelahirannya. Dia ngga maksa kaum Yahudi harus nyembah agamanya, karena dia tau bahwa dulu, agama itu diciptakan untuk lokal.

Zulkarnain The king of kings (Raja segala raja)

Jadi agamanya Yahudi ya untuk orang Yahudi. Agama Zoroaster ya buat orang-orang Iran. Bukan agama satu untuk semuanya, jadi dia tidak memaksa agama Yahudi untuk menyembah Ahura Mazda. Dia membiarkan orang Yahudi untuk tetap menjadi Yahudi. Dan dia pun dikenal adalah raja yang sangat hebat. The king of kings (Raja segala raja). Apa buktinya? Kalo jaman sekarang kita ngomongin HAM, HAM ini kan isu yang lagi ngetren-ngetrennya di dunia, Hak asasi manusia ini merupakan konsep yang pertama kali dicetuskan oleh Cyrus. Cyrus ini merupakan bapaknya HAM. Jadi kalo mau ngomongin HAM, Cyrus-lah bapaknya. Setelah dia menguasai Babilonia, menundukkan kerajaan Nabonidus, dan dia mengembalikan Yahudi, Di sebuah tulisan namanya Cyrus Cylinder, dia menuliskan tentang bagaimana caranya menjadi penguasa yang adil. Menjadi a great ruler. A just ruler. Jadi orang yang adil dan bijaksana dan juga dicintai oleh rakyatnya. Dan Cyrus Cylinder ini banyak dijadikan sebuah pedoman untuk banyak orang-orang yang menjadi pemimpin di dunia. Bahkan Alexander the Great pun sangat mengidolai Cyrus the Great. Banyak juga pemimpin dunia sekarang, jaman-jaman modern, yang memegang teguh ajaran dari Cyrus Cylinder, Salah satunya adalah presiden Amerika Serikat, Thomas Jefferson.

Dia sangat menyukai konsep Cyrus Cylinder. Bahkan konstitusi Amerika pun lahir, pengaruhnya banyak dari Cyrus Cylinder. Jadi, dia monoteis, dia orang baik, orang adil, Lokasi tempat tinggalnya pun dekat dengan tempatnya Magog, dia cocok untuk masuk sebagai Zulkarnain.

Cyrus the Great Merupakan Pangeran dari Kerajaan Persis

Cyrus the Great. Kalo kita ngomongin tentang Cyrus, sejarahya singkat, Cyrus ini merupakan pangeran dari kerajaan Persis. Persis ini merupakan kerajaan kecil di Timur Tengah saat setelah runtuhnya kerajaan Neo Assyrian. Jadi setelah kerajaan Assyria itu runtuh, ada empat kekuatan besar di Timur Tengah. Ada Lydia, ada Mesir, ada Babilonia, ada juga Medea. Nah, Persis ini, tempatnya Cyrus, merupakan kerajaan kecil, Tapi, singkat cerita, dia akhirnya berhasil menaklukan Medea yang merupakan kerajaan terbesar di Timur Tengah pada waktu itu. Dan akhirnya menyatukan Persis dengan Medea, dan akhirnya menjadikan lahirnya Achaimenid Empire. Ini merupakan empire gabungan dari Medea dan juga Persia. Itu kenapa dia dibilang “Pria Bertanduk Dua”, karena dia orang yang menggabungkan dua kerajaan. Sampai pada akhirnya, dia juga mengakuisisi Lydia, Dia juga mengalahkan Babilonia sampai dia juga akhirnya memulangkan Yahudi ke tempat kelahirannya. Cyrus ini terkenal bukan karena kejeniusannya berperang, Cyrus ini terkenal menjadi raja segala raja karena dia menjunjung tinggi HAM. Dia anti-perbudakan. Itulah kenapa dia dicintai oleh rakyatnya, dan dia sangat terkenal. Dan dia dipanuti oleh banyak raja, bahkan 1000 tahun setelah dia mati. Dia kekal namanya Cyrus the Great, sebagai The King of Kings (Raja Segala Raja.) Dialah Cyrus the Great, dan dia cocok disebut sebagai Pria Bertanduk Dua. Zulkarnain.

Source : YT Gamal Ganteng Maksimal

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog