China Dituduh Mencuri Teknologi TSMC Untuk memproduksi chip 7nm

Daftar Isi & Table Content

China Dituduh Mencuri Teknologi TSMC Untuk memproduksi chip 7nm, Menurut perusahaan analis TechInsights, SMIC pengecoran Cina telah memproduksi chip berdasarkan node proses 7nm untuk Bitcoin Miner SoC, dan mereka telah dikirim sejak Juli 2021 (h/t ke Semi Analysis). TechInsights telah merekayasa balik chip tersebut, dengan mengatakan “gambar awal menunjukkan bahwa itu adalah salinan dekat dari teknologi proses 7 nm TSMC,” sebuah penemuan jitu setelah TSMC yang berbasis di Taiwan telah menggugat SMIC dua kali di masa lalu karena menyalin teknologinya.

liputan6.com
liputan6.com

Penemuan ini muncul saat China terus membangun produksi semikonduktor dalam negerinya sendiri, dengan SMIC yang mendapat sanksi berat sebagai pelopornya. Sementara itu, pemerintah AS hampir menyetujui subsidi besar untuk pembuat chip yang berbasis di AS.

TSMC, Intel, dan Samsung Mengembangkan Teknologi Canggih

Laporan TechInsights mengatakan bahwa TSMC, Intel, dan Samsung semuanya telah mengembangkan teknologi yang jauh lebih canggih daripada 7nm SMIC dan setidaknya dua node di depan. Terlepas dari itu, pentingnya SMIC mengirimkan proses 7nm-nya tidak dapat dilebih-lebihkan — SMIC telah diberi sanksi berat oleh pemerintah AS, membatasi aksesnya ke alat pembuat chip EUV yang canggih. Namun, perusahaan jelas dapat menggunakan alat yang ada untuk memproduksi chip 7nm (dan mungkin lebih kecil), meskipun dengan ekonomi dan hasil yang kurang diinginkan. Faktor biaya tersebut hampir tidak menjadi perhatian bagi China karena China mencari kemandirian teknologi dari negara-negara Barat dengan mengembangkan pasokan chip yang diproduksi sendiri.

SMIC awalnya mengumumkan node 7nm-nya pada awal 2020. Belakangan tahun itu, SMIC dan mitra Innosilicon mengumumkan bahwa mereka memasang chip pada versi N+1 dari node 7nm. Namun, masih belum jelas apakah chip penambangan Bitcoin Minerva, yang dibeli Techinsights di pasar terbuka, terkait dengan inisiatif Innosilicon. Pada saat itu, SMIC mengklaim bahwa ia juga memiliki versi N+2 dari node 7nm-nya, tetapi kami tidak yakin apakah chip Minerva (lihat di bawah) menggunakan versi proses N+1 atau N+2. teknologi.

China Dituduh Mencuri Teknologi TSMC Untuk memproduksi chip 7nm
TSMC Menggugat SMIC Karena Teknologi

TSMC yang berbasis di Taiwan menggugat SMIC dua kali (pada tahun 2002 dan 2006) karena keunggulan teknologi prosesnya, dan pernyataan TechInsights bahwa SMIC kemungkinan memiliki 7 nm TSMC dapat menyebabkan pertempuran hukum lebih lanjut antara kedua perusahaan.

Penambangan chip Bitcoin MinerVa terlihat cukup mendasar dan hanya berukuran 4,6 x 4,2 mm, menyiratkan bahwa SMIC masih dalam tahap pengembangan chip. Namun demikian, jenis chip kecil, sederhana, dan relatif belum sempurna ini sering bekerja sebagai simpul pembelajaran sementara teknologi proses disempurnakan lebih lanjut:

“Produk produksi bervolume rendah ini mungkin menjadi batu loncatan untuk proses 7nm sejati yang menggabungkan logika skala dan bitcell memori. Karena penambang bitcoin memiliki persyaratan RAM yang terbatas, mereka kemungkinan tidak menampilkan memori bitcell khas yang dibutuhkan oleh definisi teknologi 7nm yang sebenarnya (keduanya logika skala dan adopsi bitcell). Chipset ini kemungkinan menunjukkan bagian logika tetapi bukan aspek bitcell, “kata TechInsights.

Chip penambangan sangat cocok untuk mengatasi kekusutan di node proses baru — seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, chip kecil ini digunakan secara massal untuk membuat mesin yang kuat. Dalam hal ini, penambang memiliki 120 chip per papan untuk membuat mesin yang mengkonsumsi daya hingga 3300W. Kita dapat berharap bahwa SMIC pada akhirnya akan membuat chip yang lebih besar dan lebih kompleks berdasarkan node proses 7m nya seiring dengan peningkatan hasil dari waktu ke waktu.

Sebagai pengingat, proses penamaan node konvensi, seperti “7nm,” telah menjadi lebih dari latihan pemasaran untuk pembuat chip daripada metrik yang terkait dengan pengukuran fisik apa pun. Di dunia nyata, sejumlah besar faktor mempengaruhi ekonomi dan kinerja node proses, yang dapat Anda baca di sini.

TechInsights menjual laporan individu berdasarkan analisis chipnya — analisis denah lantai digital, analisis proses CMOS lanjutan, dan analisis aliran proses — dengan detail lebih lanjut, termasuk kerapatan transistor, untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana simpul SMIC menumpuk terhadap persaingan node industri.

AS telah lama mencegah SMIC dari pengadaan alat EUV dari ASML dan baru-baru ini mengeksplorasi pengetatan sanksi lebih jauh dengan membatasi akses perusahaan ke alat pembuat chip DUV yang relatif sederhana. Taktik itu akan memperlambat kemajuan China, tetapi negara itu terus menggali uang untuk mengembangkan ekosistem alat dan perangkat lunak pembuat chip (EDA) sendiri.

Seperti yang telah dibuktikan oleh SMIC, SMIC dapat menggunakan peralatan yang kurang canggih untuk membuat node proses lanjutan meskipun itu kurang menguntungkan, dan itu membuka perusahaan untuk lebih banyak penjualan dari desainer chip. Apakah chip tersebut akan datang dengan pembatasan ekspor atau tidak karena tantangan hukum masih harus dilihat, tetapi China memiliki ekosistem desainer chip sendiri yang berkembang yang dapat menggunakan desain mereka di dalam negeri, mungkin menghindari dampak tindakan hukuman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog