Bagaimana Dengan Masa Depan NFT Di Tahun 2023

Daftar Isi & Table Content

Bagaimana Dengan Masa Depan NFT Di Tahun 2023, Telah kehilangan volume lebih dari 60% dan kehilangan 34 persen market capnya dalam jangka waktu tiga bulan. Jumlah pembeli NFT drop lebih dari 20%. Apakah ini akhir dari NFT? Bahkan NFT yang dibeli seharga 2,9 juta dollar berakhir pada penawaran tertinggi senilai 280 dollar aja. Apakah ini berarti kiamat di sektor NFT? Kali ini kita akan bahas apakah ini akhir dari NFT.

Bagaimana Dengan Masa Depan NFT Di Tahun 2023

2023 Apakah Ini Akhir Dari NFT

Apakah NFT akan menjadi sebuah aset crypto yang sudah kehabisan bahan bakar dan kehilangan hype-nya. Kali ini kita akan kupas tuntas tentang NFT di bear market dan masa depan NFT.

NFT di bear market dan masa depan NFT

  • NFT Di Bear Market

NFT di 2021 lalu sempat Hype dan heboh banget. Karena teknologi baru ini ada dalam masa Hype, masa promo, atau masa bakar duit istilahnya kalau di dunia startup. Dimulai dengan justin sun yang membeli NFT batu dengan harga setengah juta dollar. Justin Sun juga membeli NFT TPUNK senilai Rp. 149 milyar. Jack dorsey founder Twitter juga menjual NFT berupa Twitter pertamanya dengan harga 2,9 juta dollar.

Tapi tentu aja NFT tidak luput di bear market ini. Harganya dalam USD ikut terjun payung mengikuti harga ethereum. Selain itu sama dengan token crypto. NFT juga kehilangan total market capnya. Karena keadaan ekonomi yang tidak pasti. Crypto aja kehilangan market.cap dari tiga triliun menjadi 900 miliar dollar. Hilang sepertiganya. Kalau Bitcoin dulu menyentuh harga 60 ribu dollar, sekarang nangkring di angka 20 ribu dollar-an dan masih akan terus saat artikel ini di buat.

NFT termasuk salah satu jenis aset Crypto juga. Tapi beda dengan token crypto yang jumlah supply-nya mencapai miliaran. NFT hanya punya suplai terbatas. Dan NFT yang kita miliki unik. Berbeda dengan NFT milik orang lain. NFT sudah berkembang jadi satu sektor dan industri tersendiri di luar token crypto pada umumnya.

NFT punya market Place-nya sendiri, punya tracker nya sendiri, punya analisanya sendiri, bahkan punya komunitasnya sendiri. Dan biasanya komunitasnya sangat eksklusif. Mengingat jumlahnya yang sedikit. NFT juga menandakan ownership dari aset digital yang langka. Bisa berupa karya seni, real Estate digital, item game, nama domain, profile picture, dan masih banyak lagi. NFT dalam beberapa Case tertentu juga punya hak komersial ketika kita memiliki NFT itu. Misalnya seperti Bored Ape, Yacht Club.

Meski Pasar Sedang Lesu NFT Akan Terus Tumbuh Di Tahun 2023
  • Apakah Ini Akhir Dari NFT?

Tentu tidak harga NFT mungkin naik dan turun bergantung pada banyak faktor. Mulai dari kelangsungan bisnis modelnya, hype-nya, hingga harga ethereum atau token lain. Tapi NFT as a Teknologi akan makin banyak diadopsi. Justru adopsi crypto itu terjadi di NFT duluan. Bukan di token crypto nya. Karena NFT itu representasi copyright atau kepemilikan aset di dunia nyata pula. Saya yakin masa depan NFT bahkan bisa jauh lebih besar daripada massa token crypto itu sendiri.

Sekarang juga sudah banyak developer yang meluncurkan NFT duluan tanpa meluncurkan token crypto. Di Bear market kali ini, peminat NFT emang turun drastis. Dan itu normal. Karena kita sudah masuk ke masa Crypto winter yang terjadi di tengah aneka krisis. kabar baiknya nih. GameFi yang dulunya mahal untuk diakses, sekarang apalagi di Bear market bisa dimainkan dan asetnya bisa dibeli dengan harga yang jauh lebih murah. Justru dengan adanya Bear market, Ini akan kelihatan jelas, mana Project yang benar-benar Blue chip dan project yang bukan.

Di masa ini boleh dibilang terjadi seleksi alam. Di crypto, marketcap dominasinya dikuasai oleh top five market capnya. Top five marketcap crypto ini menguasai 65% total marketcap crypto. Tapi di NFT yang unik, 63 persennya masih dikuasai oleh NFT lain. NFT dengan market Cap kecil-kecil yang tidak termasuk dalam top five.

Hal lain yang beda dengan crypto adalah kalau token crypto bisa teman-teman jual kapanpun sesuai dengan harga market. Tapi NFT kalau teman-teman mau jual, harus jual di marketplace. Dan menunggu pembeli. Sama seperti kalau kita jual barang dan posting di marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Hal unik lainnya dari NFT. NFT tidak harus punya use case. Beda dengan token crypto yang kita selalu mempertanyakan use case nya. Emang sih, ada NFT yang beneran punya Use case. Dan ada NFT yang Emang tidak punya Use case sama sekali. Sebatas dijadikan profile picture dan koleksi aja. Nah, hal terakhir yang membedakan antara token crypto dan NFT adalah token Crypto bisa dijual di harga berapapun di harga market saat itu. Kita bisa exit any time, selama liquidity nya di Exchange atau di DEX ada. Di NFT, kita baru bisa exit ketika ada Buyer yang membeli atau menawar NFT kita. Karena di NFT tidak ada yang namanya liquidity. Murni pertukaran, transaksi jual-beli antara pembeli dan penjual. Sama dengan crypto, NFT juga punya banyak sektor. Sektor yang terbesar di NFT adalah sektor PFT, collectible, dan Game.

  • Perbedaan Token Crypto dan NFT

Ada tiga sektor yang paling welcome dengan NFT. Yaitu game, collectable, dan profile picture. Di sektor game, kita masih dalam tahap very early adoption. Karena menggabungkan antara Gamer yang main game karena Cari hiburan dan Gamer yang main game karena Cari duit itu susah. Dua-duanya punya mindset yang beda.

Bahkan Ubisoft aja gagal ketika meluncurkan NFT. NFT-nya tidak diterima oleh komunitasnya. Sebaliknya, developer game blockChain yang meluncurkan game NFT malah NFT-nya Laris Manis. Padahal bukan game Triple A. Nah, ini adalah tantangan utama NFT di sektor game. Menggabungkan gamer yang mencari fun dan Gamer yang cari profit. Utamanya untuk menjaga agar barrier of entry-nya tidak terlalu susah ataupun mahal. Tapi NFT tidak terbatas pada sektor game aja. Mulai sertifikat tanah, kwitansi, kunci masuk website tertentu, domain-name, karya seni, bahkan tanah digital bisa di-NFT-kan.

  • Dimana Kita Bisa Membeli Aset NFT

Teman-teman Bisa beli di market terdesentral seperti OpenSea atau teman-teman juga bisa beli di centralized exchange yang punya Market NFT. Salah satunya adalah bybit. Yang sudah menyediakan marketplace untuk NFT. Market NFT dibagi menjadi dua. Yang pertama market primary, yang kedua market secondary. Market NFT primary dijual oleh developer langsung.

Harga yang kita dapat adalah harga perdana. Beberapa caranya, kita bisa ikut IGO atau INO di DEX ataupun CEX. Di market manapun, pastinya lebih menguntungkan kalau kita beli dari market primary. Karena kita bisa dapat floor price atau harga perdana yang diberikan oleh developer. Nah, ngomongin tentang NFT.

  • Bagaimana Dengan Masa Depan NFT

NFT adalah sebuah model bisnis baru untuk kita bisa monotize apapun yang kita bisa. Misalnya kita bisa monetize karya seni kita, tulisan atau artikel kita, lagu ciptaan kita, dan masih banyak lagi. NFT jadi lahan yang basah untuk content creator menciptakan konten-konten baru yang bernilai komersial. Di era web 3.0 mungkin content Creator di masa depan nantinya tidak lagi mengandalkan pendapatan dari Adsense. Karena pendapatannya didapatkan dari royalti NFT-nya.

  • Investasi NFT

NFT adalah investasi yang high risk high return. Dunia NFT boleh dibilang beda dengan dunia crypto pada umumnya yang kita kenal. Ada NFT yang emang beneran punya Use case, dan ada juga yang sekedar collectible. NFT boleh dibilang adalah sertifikat digital atas aset kita di dunia digital.

NFT Emang dunia baru. Boleh dibilang masih bayi. Tentu beda dengan aset lainnya. Seperti real estate di dunia nyata yang sudah ada ribuan tahun. Atau saham yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Sejak zaman VOC. Di satu sisi, NFT punya potensi. Di satu Sisi tetap ada resiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog