Bagaimana Bitcoin Bekerja Dalam Jaringan Blockchain

Daftar Isi & Table Content

Bagaimana Bitcoin Bekerja Dalam Jaringan Blockchain Sehingga Menjadi alat Transaksi

Ketika kita mendaftarkan diri kedalam jaringan Bitcoin maka kita harus membuat sebuah dompet digital yang disebut dengan wallet untuk menyimpan Bitcoin kita. Pada saat pembuatan wallet maka sistem Bitcoin secara otomatis akan memberikan dua macam kode identitas kepada wallet kita yaitu kode pribadi dan kode publik Kode identitas wallet ini nantinya akan digunakan dalam setiap proses transaksi.

Bagaimana Bitcoin Bekerja Dalam Jaringan Blockchain

Nah, setelah kita memiliki wallet maka kita harus mencari balance atau saldo untuk mengisi wallet kita Bisa dengan cara membeli melalui cryptocurrency exchanger atau kita juga bisa memperoleh Bitcoin melalui proses mining. Ketika kita melakukan suatu transaksi misalnya kita membeli produk fashion kekinian dengan menggunakan Bitcoin maka data transaksi yang berupa identitas wallet kita berupa kode wallet pribadi, dan nominal transaksi akan dikirim ke alamat wallet milik si penjual. Tapi, si penjual tidak akan mendapatkan pembayaran kita sebelum seluruh datanya diverifikasi.

Di sini Miner Berkontribusi Untuk Menjadikan Transaksi Berjalan Lancar

Nah disaat yang bersamaan data publik yang berupa kode publik wallet kita dan wallet si penjual serta kunci enkripsi publik dari kedua wallet akan dikirim ke jaringan Bitcoin untuk diverifikasi atau disahkan, dan dicatat didalam jaringan Sebelum melalui rangkaian verifikasi data transaksi kita akan ditempatkan didalam sebuah antrian yang disebut dengan pool Data transaksi kita yang sudah berbentuk kode terenkripsi atau yang disebut sebagai hash, akan diproses oleh peer network sesuai dengan urutan antrian Dan disinilah para miner atau tukang tambang beraksi Orang-orang ini biasanya memiliki komputer khusus yang digunakan untuk mengolah hash Bitcoin secara otomatis.

https://www.researchgate.net/

 

Komputer-komputer miner yang terhubung dengan pool antrian transaksi akan memproses serangkaian rumus matematika yang disebut dengan hash function untuk memastikan apakah kode hash yang ada di antrian, cocok dengan data transaksi yang kita kirim Kalau ternyata cocok maka data transaksi akan dimasukkan kedalam susunan catatan transaksi yang disebut sebagai blok.

Masing-masing block catatan, akan tersambung satu sama lain dan setelah satu blok diverifikasi tidak akan ada cara untuk mengubah block tersebut dan block sebelumnya Inilah yang membuat Bitcoin menjadi sangat aman karena catatan pembukuannya tidak bisa dimodifikasi Ketika proses verifikasi selesai, maka status verifikasi akan dikirimkan ke masing-masing orang yang bertransaksi sehingga penjual kaos kekinian pun bisa mendapatkan pembayaran dari kita. Tapi, tidak hanya itu miner yang berhasil menyelesaikan satu block transaksi akan dihadiahi dengan bitcoin Beberapa bitcoin baru akan dihasilkan oleh jaringan peer to peer bitcoin dan secara otomatis dimasukkan kedalam wallet miner tersebut Inilah kenapa mereka disebut sebagai miner atau tukang tambang, karena orang-orang ini bisa kita ibaratkan sebagai penambang emas Bedanya kalau penambang emas menggunakan kapaknya untuk memecah bongkahan batu hingga menemukan butiran emas para miner bitcoin menggunakan komputernya untuk mengolah hash transaksi memverifikasi transaksi, mencatatnya dan mendapatkan bitcoin baru sebagai imbalannya.

Tapi jangan salah, melakukan kalkulasi hash membutuhkan kemampuan komputansi yang jauh lebih hebat daripada sekedar nonton youtube, nyampah di media sosial atau main dota dan kloningannya.

Ketika komputer berusaha menyelesaikan kalkulasi hash ibaratnya mereka lagi kerja keras banting tulang dan konsumsi listriknya pun sangat tinggi. Inilah kenapa para miner menyisihkan sebagian pendapatan mereka untuk membayar tagihan listrik yang jumlahnya cukup fantastis Selanjutnya, miner bitcoin bisa menukarkan bitcoin yang mereka dapatkan melalui cryptocurrency exchanger yang menerima bitcoin menjadi kurs mata uang riil Dari sinilah para miner akan mendapatkan penghasilan mereka.

Selain itu miners dan money changer bitcoin juga bisa menjual stok bitcoin mereka kepada pengguna lain yang membeli bitcoin dengan mata uang riil Sehingga orang-orang yang nggak pengen capek-capek mining dan cuma pengen belanja pake Bitcoin nggak perlu susah-susah untuk dapetin Bitcoinnya Tinggal beli aja lewat money changer atau miner-miner Bitcoin tentunya dengan harga kurs yang lebih tinggi Inilah kenapa miners punya peranan yang sangat penting dalam jaringan peer-to-peer Bitcoin Karena selain memproses dan mencatat seluruh transaksi Bitcoin mereka juga menjaga agar jaringan Bitcoin tetap beroperasi dengan baik.

sumber

6 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog