Apa Itu Renewable Energy Certificate PLN, Dengan Itu Bumi Lebih Bersih

Daftar Isi & Table Content

Bumi Lebih Bersih dengan Renewable Energy Certificate PLN

Apakah Kalian Sadar, Makin lama Indonesia makin panas, salah satu penyebabnya karena penggunaan energi fosil yang menciptakan produk-produk di sekitar kita. Seperti plastik, pakaian, bahan bakar kendaraan, hingga listrik. Memang, beberapa merek terkenal sudah berusaha menggunakan energi terbarukan dalam proses produksinya. Tapi sayangnya, cuma segelintir perusahaan yang melakukan ini. Setelah masa revolusi industri, energi dan bahan bakar fosil banyak digunakan untuk pengoperasian industri, pembangkit listrik, hingga bahan bakar kendaraan. Jadi, bahan bakar fosil merupakan roda penggerak utama pada era itu.

Untungnya, masyarakat sadar kalau yang mereka puja-puja itu punya dampak serius bagi kesehatan dan iklim dunia. Setiap tahunnya, sekitar 5 juta kematian terjadi. Selain itu, 75 persen emisi gas rumah kaca global juga dihasilkan dari energi ini. Yang secara tidak langsung, menambah daftar panjang potensi bencana di dunia. Jika kegiatan bisnis tetap dilakukan seperti biasa, suhu bumi akan naik pada 2030. Tapi sebaliknya, jika semua pihak konsisten menurunkan emisi gas rumah kaca, kenaikan suhu akan berkurang hingga 1,5 derajat celcius. Beberapa negara sebenarnya sudah mengadakan konferensi untuk membahas ini. Salah satunya pertemuan Paris Agreement yang punya dampak dan tujuan besar. Visinya untuk membuat suhu rata-rata global turun 2 derajat lebih rendah. Tapi, bagaimana ya cara untuk mencapai visi ini? Jawabannya adalah menggunakan energi terbarukan.

Banyak negara telah membuat kebijakan agar industri mau berekspansi ke energi ramah lingkungan. Contohnya Uni Eropa. Perkumpulan negara Eropa ini sudah menerapkan carbon board adjustment mechanism. Jadi, barang-barang yang masuk akan dikenakan biaya tambahan jika proses produksinya mengandung emisi. Lalu, ada juga target Net Zero Emission yang harus tercapai di 2060. Beberapa lembaga pinjaman internasional juga mendukung gerakan ini dengan menghilangkan pinjaman untuk pembangkit listrik tenaga batu bara. 81 persen konsumen global setuju bahwa perusahaan harus membantu memperbaiki lingkungan. Dengan demikian, energi terbarukan bukan lagi sebuah pilihan, melainkan arah masa depan dunia. Sudah lebih dari 240 perusahaan berkomitmen menggunakan energi terbarukan, dan beberapa di antaranya berasal dari Indonesia. Pemerintah Indonesia juga sudah membuat target hingga 23% penggunaan EBT dalam Capaian Target Energi Baru Terbarukan di 2026.

Capaian ini terbilang realistis, karena Indonesia sudah memiliki potensi energi hijau yang cukup besar di seluruh penjuru Tanah Air. Di Indonesia, EBT sebagian besar diproduksi oleh Perusahaan Listrik Negara atau PLN. EBT ini digunakan oleh beberapa perusahaan multinasional di Indonesia, seperti Nike, Uniqlo, Adidas, dan beragam perusahaan lainnya. Tapi, bagaimana cara perusahaan membuktikan kalau listrik yang digunakan adalah listrik EBT? Jawabannya, R-E-C. Sebuah sertifikat yang membuktikan bahwa sebuah industri, perusahaan, rumah tangga atas penggunaan energi terbarukan. Sejak 2001, sertifikat ini sebenarnya diterapkan di Inggris, Belgia, Denmark, Australia, dan Amerika. Namun, pada 2002, REC ditetapkan sebagai lembaga resmi dan akhirnya mendunia. REC bisa diterbitkan oleh pemerintah, otoritas kelistrikan, organisasi nirlaba, dan asosiasi dagang. Namun di Indonesia, REC baru bisa diterbitkan oleh PLN.

Uniknya, makin hari REC bukan hanya berfungsi sebagai sertifikat biasa. Namun juga digunakan sebagai acuan baru industri energi hijau dan menjadi salah satu penilaian konsumen saat memilih produk. REC dianggap menjadi nilai tambah sendiri bagi perusahaan yang terbukti sudah berkontribusi untuk bumi yang lebih baik. Dan secara tidak langsung, industri yang ingin merambat ke pasar energi hijau juga harus membeli REC.

sumber 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog