Apa Itu Opensea Marketplace Seni Digital Dan Apa Itu NFT

Daftar Isi & Table Content

Apa Itu Opensea Marketplace Seni Digital Dan Apa Itu NFT, Pasar crypto tidak pernah diam. Jenis aset baru terus muncul, seperti Altcoin, Stablecoin, dan token proyek lainnya. Tetapi setiap beberapa tahun, jenis aset kripto baru membuat ledakan besar di pasar, memicu valuasi yang meningkat pesat dan penciptaan beberapa kasus penggunaan baru.

Token Non-Fungible (NFT) telah tersebar di hampir setiap sektor industri terdesentralisasi sebagai jembatan antara dunia digital dan dunia nyata. Sesuai dengan namanya, NFT adalah token unik yang memberikan pemegangnya hak kepemilikan yang tidak dapat diubah atas aset tertentu.

Sebagai kelas aset yang dapat dilampirkan ke sebuah karya seni, sepasang sepatu kets, atau koleksi dalam video game — NFT telah menjadi sangat dicari di pasar kripto.

Faktor yang Mendorong Nilai NFT

Menentukan nilai yang tepat dari NFT sulit karena kelas aset relatif baru. Sementara karya seni nyata seperti Mona Lisa atau koleksi fisik seperti kartu pemain NBA memiliki nilai yang ditentukan, investor yang melihat NFT mungkin mengalami kesulitan untuk memutuskan apakah aset atau koleksi tertentu sepadan dengan uang mereka dan apakah mereka benar-benar menginginkan atau membutuhkannya.

Ada dua jenis seni NFT saat ini di pasar. Pertama, Kamu memiliki visual satu kali yang dijual sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan, seperti lukisan dalam kehidupan nyata. Contoh paling terkenal dari ini adalah Beeple NFT.

liputan6.com

Beeple “Everydays -The First 5000 Days” adalah kolase seni digital yang terdiri dari sketsa harian selama beberapa tahun dari seniman Mike Winkelmann, lebih dikenal secara online sebagai Beeple.

Karya seni digital tersebut dilelang oleh Christie’s (sebuah rumah lelang berusia 225 tahun yang sebelumnya hanya menjual karya seni fisik) pada lelang online mandiri, yang berlangsung dari 25 Februari hingga 11 Maret 2021. Setelah semua tawaran ditempatkan, akhirnya dijual dengan harga $69.346.250. Beeple’s Everydays saat ini memegang gelar NFT satu kali paling mahal yang pernah dijual hingga saat ini.

hypebeast.com

Lalu ada koleksi NFT, yang paling terkenal adalah CryptoPunks dan Bored Ape Yacht Club (BAYC). Ini adalah saat seniman dan pengembang membuat banyak (biasanya sekitar 10.000) NFT yang memiliki template yang sama dengan karakteristik yang berbeda.

Diluncurkan pada Juni 2017 oleh studio produk Larva Labs, CryptoPunks adalah salah satu koleksi NFT pertama di blockchain Ethereum, yang terdiri dari 10.000 gambar seni 24×24-piksel unik yang menggambarkan manusia (pria dan wanita), kera, zombie, dan alien.

Setiap Punk dapat menunjukkan kombinasi dari 87 atribut unik, atau, sebagaimana kebanyakan orang menyebutnya — sifat. Beberapa bahkan dapat memiliki 0 sifat, tetapi jumlah maksimal satu punk dapat memiliki hingga tujuh sifat. Penjualan sah tertinggi untuk CryptoPunk adalah $ 11,7 juta.

Munculnya proyek avatar generatif populer seperti Bored Ape Yacht Club dapat ditelusuri langsung kembali ke cetakan CryptoPunk. Bored Ape Yacht Club tidak diragukan lagi salah satu proyek NFT paling berpengaruh di luar sana.

Bisa di Bilang yamg kedua setelah CryptoPunks dalam hal proyek gambar profil, BAYC tidak hanya memulai kegilaan avatar NFT 2021 tetapi memberi ribuan kolektor alternatif yang terjangkau untuk Punks dan komunitas yang dinamis.

Dalam kasus BAYC, ada 10.000 kera, masing-masing memiliki “sifat” yang berbeda. Properti ini ditampilkan di OpenSea, platform utama tempat NFT diperdagangkan. Pada halaman NFT mana pun, propertinya akan dicantumkan serta persentase NFT dalam koleksi yang berbagi properti tersebut. Biasanya, apa pun di bawah 1% dianggap langka. Semakin langka propertinya, semakin bernilai NFT tersebut.

Dalam kasus Kera Bosan, harga Terendah adalah $304.476,03 tetapi yang langka terkadang dijual dengan harga jutaan. Baru-baru ini, mirip dengan Cryptopunks, lelang 101 bernilai $24 juta.

source Medium.com

Boneka paling terkenal di dunia memasuki dunia NFT, mengenakan satin sutra merah muda oleh rumah mode mewah Balmain. Kolaborasi ini menandai serangan pertama Barbie di dunia NFT dan salah satu kolaborasi pertama mereka dengan Balmain, yang, untungnya, telah menempatkan model Proof of Concept di garis depan pemasaran mereka.

Di halaman mereka, kita dapat melihat beberapa avatar bergaya mengenakan tas bantal merah muda, gaun sweater, dan tentu saja, logo Balmain x Barbie. Direktur kreatif Balmain, Olivier Rousteing, menyebut kolaborasi ini sebagai mimpi yang menjadi kenyataan, sehingga memunculkan keragaman pakaian dan aksesori siap pakai.

Seperti yang diharapkan, hampir semua bagian menampilkan berbagai tingkat warna pink Barbie hingga beberapa pakaian khas Balmain, termasuk baju pelaut terkenal mereka. Karena banyak merek streetwear dan mewah telah menerapkan strategi digital NFT mereka, mereka akan memberikan avatar dan versi fisik skala Barbie dari pakaian yang dikenakan avatar mereka kepada penawar tertinggi.

Merek pakaian pertama yang terjun ke perairan digital Metaverse dan NFT yang belum dipetakan adalah Adidas, diikuti oleh Nike dan Balenciaga. Seperti bagaimana Balmain bermitra dengan Barbie, Gucci telah bermitra dengan Superplastic untuk membuat SUPERGUCCI (ya, semua huruf besar), seri 3 bagian dari NFT super eksklusif yang dirancang oleh kepala desain Gucci. Koleksinya akan mencakup sepuluh NFT eksklusif dan patung keramik fisik.

Kesimpulan

Nilai sebagian besar merupakan masalah persepsi pribadi, tetapi nilai intrinsik mematuhi beberapa aturan pasar. Ketika datang ke NFT, aturan terkunci dalam tiga faktor utama, yang dengan sendirinya bergantung pada penerbit NFT. Pada dasarnya, betapa berharganya NFT dalam nilai jual kembali jangka pendek dan jangka panjangnya.

Fleksibilitas NFT sebagai kelas aset jelas menyoroti bagaimana mereka dapat membawa kemungkinan tak terbatas, lebih dari sekadar menjadi koleksi atau representasi digital dari suatu objek. Di masa depan, sepertinya kemewahan sejati akan diwakili bukan oleh apa yang dikenakan seseorang tetapi apa yang dilakukan avatar metaverse mereka. apakah kamu juga tertarik dengan dunia NFT ini jangan lupa untuk tinggalkan komentar di bawah…

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog