Apa itu DEFI (Decentralised Finance), Inovasi Sistem Keuangan Digital

Daftar Isi & Table Content

Apa itu DEFI (Decentralised Finance), Inovasi Sistem Keuangan Digital, DEFI atau Decentralised Finance adalah Keuangan Desentral, yang jadi pokok boomingnya ekosistem Ethereum tahun 2020. Inovasi besar telah dibuat dan sejumlah besar uang dan kesempatan telah tercipta. Jadi apa tepatnya itu? Apakah itu masih hidup dan bisakah kamu menghasilkan uang dengannya? Kami akan jelaskan semuanya.

Di tahun 2020 suatu kegemaran yang luar biasa dimulai. Yang adalah Keuangan Desentral atau DEFI pendeknya. Mungkin kamu berpikir.. apa-apaan coba DEFI itu. Ya untuk memahami ini kamu perlu memahami sistem yang digantikannya dan itu adalah Keuangan Sentral, kadang dikenal sebagai sistem keuangan ‘legacy’ atau sistem keuangan yang sekarang kita alami.

Pada saat ini ketika kamu punya uang atau tabungan kamu pergi ke bank, buka akun tabungan dan simpan uang kamu di mana kamu bisa mendapatkan sejumlah bunga. Waktu kamu mau pinjam uang dari bank, kamu perlu ajukan itu ke mereka dan buktikan kenapa mereka perlu meminjami kamu uang. Kamu tunjukkan catatan tabungan kamu dan gaji atau pemasukan dan pengeluaran kamu dan buktikan mereka bisa mempercayai kamu. Ini juga dikontrol oleh sesuatu yang dikenal sebagai peringkat kredit di mana semua bank berbagi informasi tentang kamu dan seberapa terpercaya kamu untuk dipinjami uang. Ini adalah situasinya sekarang dan dunia tempat kita tinggal. Keuangan desentral benar-benar menghancurkan sistem ini. Itu semua ditenagai oleh Ethereum dan terjadi melalui dApps yang dibangun pada blockchain Ethereum.

Apa itu DEFI (Decentralised Finance), Inovasi Sistem Keuangan Digital

Untuk memahami ini sepenuhnya kamu perlu memahami Ethereum, MetaMask, Stablecoins, dan dApps. Jadi intinya, DEFI itu semua tentang menggunakan crypto dan menjadi bank kamu sendiri. Menjadi terpisah dari sistem keuangan tradisional. Itu termasuk menggunakan crypto kamu sebagai jaminan atau tabungan dan memakai dApps pada kebanyakannya ya blockchain Ethereum untuk bisa membuat uang tersebut bekerja. Kamu bisa lihat aplikasi-aplikasi utama yang digunakan pada satu website bagus bernama defipulse.com Website ini menampilkan semua dApps Defi yang paling besar digunakan, diberi peringkat sesuai urutan berapa banyak nilai yang terkandung pada website atau dApp mereka.

Kebanyakan dari mereka punya fitur yang melibatkan penyetoran crypto kamu untuk tujuan tertentu, dengan ciri khasnya mereka sendiri. Sebagai contoh: MakerDAO menggunakan platform Oasis mereka untuk memungkinkan pengguna deposit crypto mereka ke sebuah ‘brankas’ dan kemudian mengambil pinjaman terhadap nilai yang disimpan tadi. Pinjamannya berupa Dai, yang adalah sebuah stablecoin terikat dengan harganya Dolar Amerika. Jadi intinya kamu menyimpan Ethereum kamu (atau koin lain apa pun yang mereka izinkan) dan kamu bisa pinjam hingga persenan tertentu nilai tersebut dalam Dolar Amerika untuk kamu belanjakan di dunia nyata, atau beli jenis crypto lain, atau bahkan beli lebih banyak Ethereum.

Pada dasarnya, memungkinkan kamu untuk mengambil pinjaman tanpa adanya keperluan dokumen atau minta persetujuan izin dari bank. Situs Defi terbesar selanjutnya adalah AAVE Aave juga merupakan platform pinjaman, tapi itu adalah situs di mana kamu bisa deposit crypto untuk orang lain pinjam dan mendapatkan suku bunga yang sangat baik. pada saat tulisan ini di buat, kamu bisa mendapatkan lebih dari 10% pada stablecoins dan lebih dari 6% pada sebagian besar cryptocurrency lain. Sebuah cara yang bagus untuk tetap bisa memegang crypto dan menunggu nilainya naik.. sambil tetap mendapatkan bunga atas kekayaan kamu Compound Finance bekerja hampir sama, memungkinkan kamu memperoleh bunga atas pinjaman. Yang mulai jadi benar-benar menarik adalah dengan dApps seperti Uniswap.

Ini adalah sebuah pasar pertukaran di mana kamu bisa tukar koin berbasis Ethereum tanpa perlu buat/masuk ke akun pasarnya, tapi bukan hanya itu.. kamu juga bisa menyediakan koin ke ‘Liquidity Pool’ (namanya) dan menerima token sebagai hadiah dari meminjamkan uang kamu. Jadi intinya memperoleh satu cryptocurrency dengan mempertahankan dan meminjamkan cryptocurrency lain. Sebuah dunia lain eksis dengan dApps kayak Synthetix. Aplikasi ini luar biasa karena itu memungkinkan kamu menggunakan crypto kamu untuk berdagang versi sintetisnya emas, perak, Bitcoin, dan segera hal-hal kayak saham Tesla. Semuanya memungkinkan kamu untuk jadi master investor tanpa meninggalkan dunia crypto.

Ada tak terhitung sarana-sarana Defi dan situs yang sangat populer lainnya kayak.. SushiSwap, yearn.finance, Balancer, dan Curve.finance. Semua itu memberi kebebasan besar kepada mereka yang memegang crypto dan mau menjelajahi pasar keuangan. Semuanya tanpa menggunakan bank, makelar saham, atau perantara. Jelas ada risiko yang terkait dengan menggunakan platform-platform ini. Semua dApps ini dijalankan oleh smart contracts dan nggak terjamin 100% bebas dari bug atau glitch jadi kamu harus lakukan riset tersendiri dan jangan pernah berinvestasi lebih banyak dari yang kamu mampu relakan. Dunia Defi itu sangat menarik dan seru, lebih dan lebih banyak aplikasi desentral selalu dibangun. Ini juga mendorong kesempatan Ethereum dan jaringannya. Dengan lebih dan lebih banyak orang menggunakan platform tersebut tadi, mereka hanya akan jadi jauh lebih mainstream. Jadi beritahu apa pendapat kamu di komentar. Pernah/sudahkah kamu menggunakan platform-platform ini dan menurut kamu ke arah mana masa depan keuangan desentral menuju?

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog