Apa itu big data? Yang telah mengubah cara hidup manusia

Daftar Isi & Table Content

Apa itu big data? Yang telah mengubah cara hidup manusia, Sebuah fenemona besar bernama big data sedang terjadi di dunia.

Big data ini memiliki peranan penting dalam kehidupan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Big data telah mengubah cara hidup manusia. Apa itu big data?

Apa itu big data? Yang telah mengubah cara hidup manusia

Apa itu Big Data?mngkin kalian akan berpikir data yang sangat besar.oke Bayangkan semua data yang telah dihasilkan, dari awal kamu lahir sampai besar sekarang, mulai dari nama, data pendidikan, kesehatan dan lainnya, digambarkan ke dalam bentuk satu kotak. Pastinya, rumahmu sudah penuh dengan kotak-kotak tersebut bukan? Dan itu dihasilkan oleh setiap orang di bumi. Tidak bisa dibayangkan bukan, penuhnya seperti apa bumi ini? Secara sederhana, big data adalah himpunan data yang sangat besar yang tidak mampu diolah oleh sistem komputer dan perangkat lunak konvensional, dan memiliki karakteristik tertentu, yaitu, volume, variety atau varietas, dan velocity atau kecepatan.

Dalam big data volume atau ukuran data yang dihasilkan sangat besar, bahkan sangat sangat besar. Jika semua data pada tahun 2010 dipindahkan ke dalam bentuk kepingan DVD, maka DVD tersebut dapat membuat tumpukan panjang, sepanjang jarak antara bumi ke bulan, dan kembali lagi ke bumi, dan data-data tersebut terus bertambah. Pada tahun 2012, kita menghasilkan 2,3 triliun gigabytes data setiap harinya. pada tahun 2020, data yang dihasilkan sebanyak 43 triliun gigabytes. Selain volume, varietas juga merupakan salah satu karakter dari big data. Data-data yang dihasilkan terdiri dari berbagai jenis dan variasi, seperti teks, foto, video, dan lain-lain. Apa saja yang menghasilkan big data? Banyak sekali. Salah satunya adalah adanya internet of things.

Internet of things bisa diartikan dimana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet. Mulai dari handphone, televisi, jam tangan, bahkan sampai lemari pendingin. Semua benda-benda tersebut menghasilkan data. Baik itu data tentang letak titik macet di suatu tempat, data berapa detak jantungmu berdenyut setiap hari, data tentang berapa langkah kaki yang kamu ambil setiap hari, data perbankan, kesehatan, sensor untuk mengumpulkan informasi tentang iklim, postinganmu di sosial media, data transaksi kartu kredit, dan yang paling penting, adalah data untuk ilmu pengetahuan.

Di Indonesia, Pusat Penelitian Informatika LIPI turut berperan dalam suatu proyek sains besar di bidang fisika partikel eksperimen yaitu Alice-Cern. Proyek tersebut menghasilkan data yang sangat besar, sehingga membutuhkan high-performance computing untuk mengolahnya. Data-data yang telah dihasilkan kemudian harus dapat dianalisa dengan sangat cepat untuk menghasilkan informasi. Itulah mengapa velocity, atau kecepatan merupakan karakter penting lainnya dari big data. Coba bayangkan, bagaimana saham-saham perusahaan rute jalan, perkiraan cuaca, dapat diketahui dalam hitungan menit, bahkan detik, jika data-data tersebut tidak dianalisa dengan cepat. Tentunya perangkat komputer biasa tidak dapat menangani hal ini.

Bisa jadi, akan menghabiskan beberapa tahun untuk melakukan itu. HPC adalah jawabannya. HPC atau High Performance Computing, adalah sistem komputer yang dibangun agar mampu menyelesaikan beban komputasi yang tak terkira beratnya dalam waktu yang masih bisa diterima. Sebuah sistem HPC terdiri dari puluhan, ratusan, bahkan ribuan CPU core yang saling terkoneksi untuk menyelesaikan suatu komputasi secara parallel. LIPI mempunyai dua sistem HPC yang dikelola Pusat Penelitian Informatika yaitu di Bandung dan Cibinong.

LIPI membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin menggunakan HPC tersebut, untuk kepentingan ilmu pengetahuan secara gratis. Untuk lebih lanjut, silahkan buka grid.lipi.go.id dan mari bekerja sama untuk kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa big data merupakan suatu fenomena yang tercipta karena adanya kemajuan teknologi. Dan mau tidak mau, kita harus dapat menghadapinya.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog