Andrew Carnegie Lahir Tanpa Privilege Jauh Lebih Kaya Dari Bill Gates

Daftar Isi & Table Content

Andrew Carnagie Lahir Tanpa Privilege Jauh Lebih Kaya Dari Bill Gates, Andrew Carnegie merupakan salah satu orang terkaya di Amerika, tanpa memiliki privilage, lahir bukan dari keluarga kaya dan bukan warga asli Amerika ,Carnegie lahir dan tumbuh hingga remaja Di Skotlandia, sang ibu bekerja serabutan sebagai pembantu rumah tangga, sang ayah bekerja sebagai produsen alat tenun manual.

 

Andrew Carnagie Lahir Tanpa Privilege Jauh Lebih Kaya Dari Bill Gates
Kisah Awal Andrew Carnegie

Saat itu industri tenun berkembang pesat, hingga membuat usaha Ayah Carnegie bangkrut karena tergerus teknologi tenun yang lebih canggih tidak adanya penghasilan membuat keluarga Carnegie memutuskan untuk merantau ke Amerika sesuai dengan harapan mempunyai kehidupan baru yang lebih baik.

Awal Bisnis Andrew Carnegie

di awal kepindahannya ke Amerika semuanya dimulai dari nol pasti tidak mudah, Carnegie terpaksa putus sekolah karena harus membantu orang tuanya mencari penghasilan tambahan, Carnegie kecil bekerja sebagai kurir untuk Atlantic Enno hayo telegraph company di kota pittsburgh, melalui pekerjaannya itu ia menghafalkan nama-nama orang yang mengirim maupun menerima telegram sebagai usaha untuk memperluas koneksi, saat usia 17 tahun kemampuan Carnegie semakin terasa di bidang telegraf, kemampuan yang dimiliki Carnegie menarik perhatian Tom Scott, seorang manajer regional perusahaan kereta api pennsylvania , Scott merekrut Carnegie sebagai sekretaris pribadi dan telegrafer pribadinya dengan total gaji 35 dollar perbulan, atau sama dengan 1 dolar pada tahun 2019, Saat terjadinya Perang Saudara Amerika ia keluar dari posisinya dalam perang dengan membayar 850 dollar.

Selama perang itu Carnegie Mencetuskan sebuah bisnis dan tiga bisnis yang kemudian merupakan usaha pertama Carnegie adalah bisnis pertambangan, bisnis pembangunan jembatan, dan bisnis pembuatan rel .ke 3 bisnis tersebut saling berhubungan menjadikan perusahaannya maju karena dapat menekan biaya bisnis yang dijalankan oleh Carnegie berjalan dengan baik, hingga ia pergi ke New York untuk lebih memperluas jaringannya ,di New York alih-alih langsung dapat mengenal koneksi dari pebisnis besar ia malah mendapatkan banyak kekecewaan, menurut Andrew Carnegie New York adalah tempat para badjingan, kemudian ia menuliskan sebuah catatan saat ia berusia 35 tahun,.

Dua tahun kemudian ia akan pensiun dan akan membuat dunia lebih baik namun catatan itu tidak terpenuhi. pada tahun 1856 Henry B Summer menemukan penemuan baru . ia menemukan penghancur baja berbentuk buah pir alat itu memungkinkan untuk membuat gedung pencakar langit pertama di dunia, Carnegie dengan insting bisnisnya bergerak dengan cepat membangun pabrik produksi baja pertama di Amerika ia mempekerjakan insinyur dan arsitek terbaik dalam negeri untuk mengembangkan bisnisnya, Ia juga selalu update tentang perkembangan teknologi agar bisa melakukan efisiensi dalam operasional bisnis, sebagai seorang ahli pemasaran carnegie memutuskan untuk menamai usahanya j edgar thomson steel works, edgar thomson merupakan pelanggan pertama Andrew Carnegie berharap agar dengan memberikan nama pelanggan sebagai nama bisnisnya membuat usahanya berkembang pesat, Andrew Carnegie tidak sendiri dalam mengelola bisnisnya ia mengajak Henry clay frick Sebagai dewan eksekutif bisnisnya henry terkenal sebagai Seorang pebisnis yang kejam dan licik dipadukan dengan Carnegie dapat melakukan hal yang lebih licik untuk menyingkirkan pesaing bisnisnya.

Masalah Dengan Para Pekerja

Salah satu korban kelicikan Carnegie dan frick adalah perusahaan baja duquesne works,  duquesne berhasil diakuisisi Carnegie dengan harga yang murah karena sebelumnya mengalami kebangkrutan Carnegie dan freak menyebarkan isu bahwa hasil baja milik duquesne tidak memenuhi standar, mengakibatkan pelanggannya pada saat itu kabur karena takut akan Resiko yang kemungkinan bisa terjadi di depan, Carnegie membuka pabrik baja di Pennsylvania ia menginvestasikan jutaan dolar untuk bisnisnya yang pertama homestead agar dapat menghasilkan baja lebih banyak dari pabrik miliknya yang lain, namun ada satu celah yang dapat menjadi masalah di bisnis Carnegie yaitu biaya pekerja, Carnegie memotong biaya pekerja tidak sebanding dengan beban kerja yang dia berikan, akhirnya citranya sebagai miliarder baja di Amerika memburuk karena isu pegawai. ia memerintahkan henry untuk membersihkan segala permasalahan yang terjadi .Sementara Carnegie kabur ke Skotlandia negara asalnya.

Pada tahun 1892 ketegangan antara pekerja dan pemilik pabrik meningkat di Amerika orang kaya saat itu semakin bertambah kaya dalam waktu yang tidak lama, sedangkan pekerja hanya dijadikan alat untuk memperkaya pemilik pabrik tanpa memperhatikan hak-hak yang perlu mereka dapatkan, Carnegie meminta freak untuk meningkatkan produksi pabrik dan menghasilkan pendapatan yang lebih, dengan tangan kejam freak Ia membuat peraturan untuk meningkatkan jam kerja pekerja dan mengurangi jumlah upah. freak juga mengurung pekerja yang menolak segala kebijakannya pada.

Tahun 1898 tingkat kematian pekerja di pabrik mencapai  9% freak akhirnya mencari pekerja imigran yang dikenal dengan biaya yang lebih murah masuknya pekerja imigran ini dikawal oleh pasukan pinkerton dan berjumlah 300. dalam pabrik homestead setelah masuknya pekerja imigran ini terjadi pertempuran antara Pekerja dan pasukan pinkerton peristiwa tersebut menimbulkan korban jiwa dan banyak korban luka namun Gubernur Pennsylvania menambahkan 800 pasukan tambahan untuk membendung protes. pekerja homestead pun diperbolehkan beroperasi kembali dan para pekerja kembali bekerja dengan upah yang lebih sedikit dan jam kerja yang bertambah lama Carnegie lalu dikenal sebagai sosok pebisnis yang munafik dalam setiap press release atau pertemuannya ia akan selalu berkata tentang kesejahteraan karyawan namun berbanding terbalik dengan bagaimana ia memperlakukan karyawannya, Ia juga selalu mengkambing hitamkan Hendrik freak atas Setiap kejadian yang menimpa karyawan ia seolah ingin cuci tangan atas kekacauan yang terjadi di internal pabriknya. pada tahun 1901 Carnegie merasa lelah dengan rutinitas hidupnya sebagai pebisnis industri baja ia ingin menghabiskan sisa hidupnya untuk istri dan anaknya.

JP Morgan Membeli Perusahaan Andrew Carnegie

Saat itu ada seorang investor industri baja yang baru naik daun bernama jpmorgan, Carnegie lalu berusaha menghubungi Morgen untuk menjual industri baja yang selama ini menghidupinya perusahaan baja Carnegie terjual seharga 480 juta dollar menjadikan Carnegie sebagai orang terkaya di dunia saat itu. setelah bisnis yang terjual kehidupan Carnegie sudah melepas sepenuhnya kenangan naik turun dalam berbisnis, ia memfokuskan diri untuk merubah dunia menjadi lebih baik. Carnegie yang notabenenya adalah anak putus sekolah menyumbangkan uangnya untuk 2.500 perpustakaan di seluruh dunia. carnegie juga membangun gedung bernama Carnegie hall di kota New York pada 1891, lalu pada tahun 1901-1919 ia menyumbangkan hartanya kepada Lennox Massachusetts.

Kematian Andrew Carnegie

Andrew Carnegie meninggal pada tahun 1919 Ia adalah orang kaya yang rumit, saat mengembangkan bisnis dan menimbun kekayaan yang melakukan segala cara agar mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin namun saat ia keluar dari dunia bisnis Carnegie seolah ingin menebus dosa yang telah diperbuat sama berbisnis dan memberikan yang terbaik untuk keberlangsungan dunia menghasilkan banyak Harta membuat perasaan kita hebat namun memberikan lebih banyak harta kepada yang membutuhkan memiliki manfaat yang jauh lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog