15+ Tools SEO Youtube Terbaik Yang Bisa Kamu Gunakan di 2022

Daftar Isi & Table Content

Tools SEO Youtube Terbaik Yang Bisa Kamu Gunakan di 2022, Membuat video YouTube membutuhkan lebih dari sekadar memiliki kamera dan mikrofon. Ini semua termasuk dalam pembuatan video, mulai dari mengedit video membuat thumbnail hingga menemukan kata kunci dan tag.

Dan melakukan semua ini bisa sangat melelahkan bagi sebagian besar pembuat konten, terutama pembuat konten youtube baru. Itulah mengapa saya telah mengumpulkan beberapa alat terbaik yang akan membantu Kamu membuat video berkualitas lebih baik dalam waktu yang lebih singkat. Ini adalah aplikasi paling berguna yang harus diketahui oleh setiap pembuat konten.

Sebelum memulai, mari kita bicara tentang berbagai alat Youtube yang Kamu butuhkan sebagai pembuat YouTube.

  1. Alat Pengeditan Video YouTube
  2. Alat SEO YouTube
  3. Alat Gambar Mini YouTube
  4. Alat & Sumber Daya Musik Bebas Hak Cipta YouTube
  5. Alat Siaran Layar YouTube
  6. Alat Streaming Langsung YouTube
  7. Alat Tagar YouTube

Sekarang Mari kita mulai…

Alat Pengeditan Video YouTube

  1. Adobe Premiere Pro :

Ini adalah salah satu editor video terbaik untuk YouTube. Kamu dapat dengan mudah mengedit video Kamu dari awal hingga akhir menggunakan Adobe premiere pro. Dan itu juga memungkinkan Kamu untuk mengedit semua jenis rekaman dan mendukung resolusi 8K.

Fitur pemformatan ulang otomatisnya memudahkan untuk membuat dan mengoptimalkan rekaman untuk media sosial. Baik itu 9:16 atau 1:1, fitur pemformatan ulang yang cerdas menyimpan konten penting dalam bingkai.

Yang terpenting, ia memiliki alat ucapan-ke-teks bawaan yang memungkinkan Kamu menambahkan subtitle ke video Kamu. Dan stok Abode-nya memudahkan untuk mengunduh trek musik, template animasi, dan banyak lagi.

Dapatkan Adobe Premiere Pro

  1. Final Cut Pro :

Perangkat lunak pengeditan video populer lainnya adalah Final Cut Pro. Itu juga dikenal sebagai FCPX, dan apple Inc mengembangkan perangkat lunak ini.

Dengan ini, Kamu dapat membuat efek visual yang memukau, menggunakan tamplate yang dapat disesuaikan untuk membuat video Kamu terlihat unik, Kamu dapat menerapkan beberapa efek sekaligus, menyesuaikan warna, kontras, kecerahan, saturasi, dll. Ini mendukung platform Mac dan Windows.

Kamu dapat mengedit video 360 derajat dengan mudah dan menambahkan judul 2D atau 3D ke video 360 derajat Kamu.

Coba FCPX

  1. FilmoraGo :

FilmoraGo adalah editor video yang kuat namun sederhana yang memungkinkan Kamu membuat video luar biasa tanpa berurusan dengan pengaturan dan menu yang rumit. Muncul dengan berbagai fitur, termasuk pemangkasan video, menambahkan overlay teks, musik latar, koreksi warna, dll.

Kamu dapat membuat berbagai video seperti klip pendek, dokumenter berdurasi panjang, film animasi, streaming langsung, dll. FilmoraGo memberi Kamu kendali penuh atas setiap aspek proses pembuatan video Kamu. Yang harus Kamu lakukan adalah drag dan drop file media Kamu ke dalam aplikasi dan mulai membuat karya Kamu.

Coba FilmoraGo

  1. Lightworks :

Lightworks telah digunakan di Hollywood untuk mengedit film, jadi tidak mengherankan jika perangkat lunak ini juga merupakan alat yang layak untuk membuat video untuk media sosial. Ini tidak hanya cepat dan mudah digunakan, tetapi juga dilengkapi dengan banyak fitur berkualitas tinggi untuk memberi Kamu kontrol lebih besar atas pengeditan.

Ini adalah perangkat lunak pengeditan video yang sederhana namun kuat. Antarmuka gaya alur kerjanya memungkinkan pengguna membuat film tanpa menjalani proses pengeditan video yang rumit. Ini relatif mudah untuk dipelajari dan disesuaikan dengan fungsi drag-and-drop, opsi pencampuran warna yang kaya, dan kontrol keyframe, membuatnya lebih fleksibel daripada alat pengeditan lainnya di pasaran.

Pergi ke LightWorks

  1. KineMaster :

KineMaster adalah aplikasi pengeditan video luar biasa lainnya untuk pembuat YouTube. Ini menawarkan banyak fitur canggih seperti pengeditan multi-kamera, pencampuran audio, chromakeying, stabilisasi, dll. Ini juga memungkinkan Kamu untuk membagikan kreasi Kamu langsung di platform media sosial populer.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna yang membantu Kamu memulai dengan cepat. Selain itu, ini mencakup beberapa fitur bermanfaat seperti pemangkasan, pelacakan gerakan, dll. Kinemaster kompatibel dengan sebagian besar perangkat, termasuk Android & iPhone, dll.

Dapatkan KineMater

  1. OpenShot :

OpenShot adalah editor video open-source yang tersedia secara gratis. Ini memungkinkan Kamu membuat video berkualitas profesional menggunakan fitur Drag and Drop.

Openshot adalah editor video lintas platform yang mendukung Windows, Linux, dan Mac sebagai alat pengeditan video di atas.

Dengan ini, Kamu dapat memangkas, mengiris, menganimasikan apa pun di proyek video Kamu. Selain itu, Kamu juga dapat menggunakan ini untuk menghapus latar belakang dari video Kamu, membalikkan warna menyesuaikan kecerahan, dan banyak lagi.

Jika Kamu adalah pembuat YouTube baru, saya merekomendasikan OpenShot karena mudah digunakan dan tidak memerlukan biaya untuk mengunduh.

Coba Openshot

  1. Inshoot :

Dengan ini, Kamu dapat mengedit video pendek youtube Kamu, gulungan Instagram dalam hitungan menit. Kamu dapat menambahkan filter, transisi, teks, stiker, overlay, dll.

Hanya dengan beberapa klik, Kamu dapat mulai mengedit video Kamu. Ini juga sangat dapat disesuaikan, dan Kamu dapat mengubah tampilan dan nuansa video Kamu dengan menyesuaikan font, warna, latar belakang, dll.

Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah versi gratisnya lebih dari cukup untuk mengedit video. Jadi tidak ada yang menghentikan Kamu untuk mencobanya.

Dapatkan Inshot

Alat SEO YouTube

Alat SEO membantu Kamu mengoptimalkan video Kamu untuk peringkat yang lebih baik di hasil pencarian Google. Alat-alat ini akan membantu Kamu meningkatkan visibilitas video Kamu dengan menganalisis konten Kamu dan memberikan saran tentang cara meningkatkan konten Kamu. Beberapa alat tersebut :

  1. VidIQ :

VidIQ adalah salah satu alat SEO terbaik untuk pembuat konten YouTube. Ini menganalisis konten video Kamu dan memberikan rekomendasi berdasarkan apa yang bekerja dengan baik untuk audiens Kamu. Platform merekomendasikan kata kunci, tag, deskripsi, judul, gambar mini, dll.

Kamu juga dapat menggunakan VidIQ untuk menganalisis saluran pesaing Kamu dan mengungkap tag rahasia dan kata kunci mereka yang dapat Kamu gunakan untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di YouTube.

Dapatkan VIDIQ

  1. Tubebuddy :

TubeBuddy adalah alat SEO YouTube luar biasa yang menganalisis aspek saluran YouTube Kamu. Ini memiliki fitur yang sangat mirip dengan VidIQ.

Kamu dapat menemukan video berperforma terbaik, menemukan permata tersembunyi, dan bahkan mencari tahu jenis konten apa yang berkinerja terbaik untuk pemirsa Kamu. Tidak hanya itu, Kamu dapat menggunakan alat ini untuk menganalisis kinerja thumbnail Kamu.

Selain itu, Tubebuddy hadir dengan fitur Analisis Lanjutan, Riset Kata Kunci, Analisis Konten yang dapat membantu Kamu mengoptimalkan kinerja video Kamu.

Dapatkan Tubebuddy

  1. KeySearch :

KeySearch adalah alat SEO lain untuk pembuat YouTube, dan ini membantu Kamu menemukan kata kunci yang tepat untuk video Kamu.

Kamu dapat memilih antara pencocokan luas atau pencocokan frasa. Dengan ini, Kamu dapat menemukan kata kunci dengan volume tinggi tetapi persaingan rendah.

Kamu dapat menggunakan Keysearch untuk menemukan kata kunci yang bekerja dengan baik untuk video Kamu dan kemudian menggunakannya untuk mengoptimalkan judul, deskripsi, tag, dll.

Coba Pencarian Kunci

  1. Youtube Autosuggest :

Ketika datang untuk menemukan saran kata kunci ekor panjang terbaik untuk video Kamu, saran otomatis YouTube adalah pilihan terbaik. Alat ini memberi Kamu daftar kata kunci terkait yang dapat Kamu gunakan saat membuat video berikutnya.

Ini juga menyarankan istilah lain yang relevan yang mungkin tidak Kamu pikirkan. Jadi, jika Kamu ingin memastikan bahwa Kamu mencakup setiap kemungkinan topik dalam video Kamu, mulailah menggunakan YouTube Autosuggest.

  1. Awario :

Ini adalah alat pemantauan merek yang membantu Kamu memahami apa yang orang katakan tentang merek Kamu secara online.

Kamu dapat dengan cepat menemukan sebutan merek dari seluruh web dan platform media sosial. Saring sebutan klien yang bermakna di jejaring sosial dengan Awario untuk lebih memahami audiens Kamu (usia, lokasi, bahasa) dan meningkatkan strategi pemasaran Kamu.

Ini dapat membantu Kamu menemukan peluang penjualan & berkolaborasi dengan pembuat konten lain di media sosial. Kamu bahkan dapat menjangkau influencer dan terhubung dengan mereka.

Dapatkan Awario

Youtube Thubnail Tools

Gambar mini memainkan peran penting dalam meningkatkan keterlibatan di saluran Kamu. Jika gambar mini Kamu terlihat bagus, kemungkinan besar pemirsa akan menonton video Kamu.

Ada banyak alat gratis yang tersedia untuk membuat gambar mini, dan berikut adalah beberapa yang paling populer.

  1. Canva :

Ini adalah salah satu alat desain grafis paling populer untuk pencipta digital. Kamu dapat membuat grafik yang indah dalam hitungan menit hanya dengan menyeret dan melepaskan elemen.

Kamu dapat dengan cepat mendesain berbagai grafik, termasuk logo, ikon, infografis, dll.

Tidak hanya itu, ia memiliki opsi berbeda yang memungkinkan Kamu membuat Gambar Mini yang memukau untuk video YouTube.

Bagian terbaiknya adalah Kamu tidak memerlukan pengalaman apa pun untuk memulai. Cukup daftar ke Canva dan mulailah membuat visual luar biasa secara gratis.

Namun, Canva pro memiliki beberapa fitur ekstensif yang memungkinkan Kamu membuat gambar yang terlihat profesional. Kamu dapat mengedit teks, menambahkan filter, mengubah warna, mengubah ukuran, memotong, memutar, overlay, dan banyak lagi.

Coba Canva Gratis

  1. PicMonkey :

PicMonkey adalah alat hebat lainnya untuk membuat gambar mini yang unik. Ini memungkinkan Kamu untuk menyesuaikan gambar Kamu dengan menambahkan batas, bingkai, latar belakang, overlay, dll.

Pilih dari ratusan template gambar mini yang sudah jadi, sesuaikan template Kamu dengan merek, gambar, dan teks Kamu, tambahkan beberapa efek, dan terakhir unduh gambar mini Kamu.

Mudah digunakan dan cepat dibuat. Yang perlu Kamu lakukan hanyalah menarik dan melepas foto favorit Kamu ke dalam kanvas.

Coba PicMonkey

  1. Fotojet :

Fotojet juga merupakan alat desain grafis online yang bagus untuk membantu Kamu membuat gambar mini yang indah untuk video youtube Kamu.

Ini menawarkan berbagai macam template untuk dipilih. Kamu dapat mengunggah gambar Kamu atau memilih dari perpustakaan mereka.

Setelah Kamu memilih template, Kamu dapat menyesuaikan ukuran, posisi, warna, latar belakang, font, dll.

Dan setelah Kamu selesai mengedit, klik “Buat” untuk melihat pratinjau thumbnail baru Kamu.

Jika Kamu menyukai hasil akhirnya, Kamu dapat menyimpannya sebagai file PNG dan mengunggahnya ke bagian thumbnail YouTube Kamu.

Dapatkan Foto

  1. Adobe Spark :

Ini juga dikenal sebagai ‘Creative Cloud Express.’ Ini adalah rangkaian kreatif yang kuat yang dapat membantu Kamu membuat grafik yang indah untuk media sosial, pamflet, logo, dll.

Ini memiliki antarmuka yang bersih yang membuatnya sangat mudah digunakan. Kamu dapat mengimpor gambar, clipart, bentuk vektor, dan objek langsung dari Adobe Stock.

Kamu kemudian dapat menerapkan berbagai bayangan, gradien, tekstur, dan banyak lagi.

Setelah menerapkan gaya yang diinginkan, Kamu dapat mengekspor pekerjaan Kamu sebagai file JPEG, GIF, SVG, PDF, PSD, AI, EPS, atau PNG.

Adobe spark dapat membantu Kamu membuat gambar mini yang menakjubkan.

Coba Adobe Spark

Alat Musik Bebas Hak Cipta YouTube:

Menemukan musik bebas Hak Cipta adalah salah satu tugas yang paling memakan waktu untuk membuat video.

Tetapi jika Kamu mencari soundtrack bebas royalti berkualitas tinggi, situs-situs ini layak untuk dicoba.

  1. Uppbeat :

Situs web ini memberi Kamu musik bebas royalti. Kamu dapat menelusuri kategori dan menemukan musik bebas hak cipta untuk proyek video Kamu berikutnya.

Kamu dapat mencari berdasarkan genre, mood, tempo, instrumentasi, dan banyak pilihan lainnya.

Ada ribuan lagu yang tersedia di situs ini. Hal yang baik tentang UppBeat adalah mereka memberi Kamu file MP3 resolusi tinggi sehingga Kamu dapat mengunduhnya dengan mudah.

Dan hal terbaik tentang Uppbeat adalah ia memberi Kamu sedikit potongan kredit yang dapat Kamu tambahkan ke bagian deskripsi untuk menghindari klaim.

Pergi ke Upbeat

  1. Youtube Audio Library :

YouTube sendiri memiliki perpustakaan musik yang tersedia untuk semua pembuat konten youtube. Saat ini menawarkan 150.000 trek bebas royalti yang dapat Kamu gunakan di video Kamu.

  1. Premiumbeat :

Premium Beat adalah sumber yang fantastis untuk menemukan musik bebas royalti. Mereka menawarkan lebih dari 1 juta lagu yang dapat Kamu gunakan dalam proyek Kamu.

Mereka mengkategorikan lagu berdasarkan genre, instrumen, tempo, dan suasana hati.

Jadi, apakah Kamu menginginkan sesuatu yang ceria atau melankolis, pasti ada lagu yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Beat premium menawarkan format mp3 dan wav.

Buka Premiumbeat

 

YouTube Screencast Tools

Alat screencast digunakan untuk merekam aktivitas layar di komputer Kamu. Alat ini memungkinkan Kamu untuk menangkap apa yang Kamu lihat di monitor dan mengubahnya menjadi video.

Seringkali, seorang pembuat konten YouTube perlu membuat video tutorial yang membutuhkan perekaman layar.

Berikut adalah beberapa perangkat lunak screencasting terbaik yang tersedia untuk Kamu:

  1. Camtasia Studio :

Camtasia Studio memungkinkan Kamu membuat tutorial yang terlihat profesional, kursus pelatihan, presentasi, webinar, dan banyak lagi.

Dengan ini, Kamu bisa mendapatkan berbagai macam templat, transisi, animasi, dan efek yang dapat disesuaikan.

Coba Camtasia Gratis

  1. OBS :

OBS (Open Broadcaster Software) adalah platform web open source gratis yang memungkinkan Kamu melakukan streaming cuplikan gameplay langsung, umpan webcam, dan bahkan streaming headset realitas virtual.

Ini juga mendukung banyak platform, termasuk Windows, MacOS, dan Linux.

Jika Kamu ingin melakukan streaming cuplikan gameplay saat bermain game, OBS adalah cara yang tepat.

Dengan ini, Kamu mengatur jumlah layar yang tidak terbatas dan mendapatkan perekaman dan pencampuran video/audio real-time kinerja tinggi.

Dapatkan OBS

  1. Vmaker Screenshoot :

Vmaker adalah alat terbaik lainnya bagi YouTuber untuk melakukan screencast. Alat ini mudah digunakan dan sangat kuat.

Dengan ini, Kamu dapat merekam screencast tanpa batas, menambahkan musik ke rekaman Kamu, menambahkan subtitle, dan mengedit screencast Kamu agar terlihat profesional.

Siaran Layar Vmaker

  1. Loom :

Loom adalah alat screencasting sederhana namun kuat. Dengan Loom, Kamu dapat mengambil tangkapan layar, merekam desktop, dan membagikan siaran layar Kamu secara online. Ini sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan pengetahuan teknis apa pun.

Dapatkan Alat Tenun

 

Youtube Live Streaming Tools

Streaming langsung adalah salah satu cara paling populer untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia.

Menggunakan laptop, smartphone, tablet, atau smart TV, Kamu dapat menyiarkan dari mana saja.

Berbagai jenis aplikasi memungkinkan Kamu melakukan streaming langsung. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Streamlab :

Streamlabs adalah pilihan gratis jika Kamu memiliki Mac karena bekerja dengan lancar dengan macOS.

Itu membuatnya mudah untuk mulai menyiarkan kehidupan segera, dan yang perlu Kamu lakukan hanyalah menginstal aplikasi dan mengikuti petunjuknya.

Steamlabs adalah perangkat lunak streaming langsung penuh fitur yang hadir dengan fitur profesional seperti overlay premium untuk membuat streaming Kamu unik dan dipersonalisasi.

Selain itu, ia memiliki opsi peringatan yang dapat disesuaikan yang mengenali jika seseorang mengirimi Kamu obrolan super dan memungkinkan Kamu untuk menyorot pesan mereka di layar.

Dapatkan Streamlabs

  1. Nvidia Shadowplay :

Jika Kamu suka bermain game dan berencana untuk Livestream gameplay Kamu, NVIDIA ShadowPlay bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk Kamu.

Kamu dapat menyiarkan game favorit Kamu dengan cepat dan efisien, dan Kamu dapat memulai siaran berkualitas tinggi ke Facebook Live, Twitch, atau YouTube Live hanya dengan dua klik. Bahkan mendukung kamera dan hamparan grafis khusus untuk mempersonalisasi Livestream Kamu dengan lebih baik.

Nvidia Shadowplay

Youtube Hastag Tools

Hashtag adalah bagian penting dari pemasaran media sosial. Mereka membantu pengguna menemukan konten yang relevan dengan cepat, dan pembuat konten YouTube juga menggunakan tagar untuk menjangkau audiens yang berbeda.

Kamu dapat menggunakan tag di deskripsi video Kamu atau bagian tag Youtube saat mengunggah video.

Tetapi menemukan tagar terbaik bisa jadi membosankan bagi sebagian besar pembuat konten Youtube. Itu sebabnya saya membuat daftar 10 alat youtube teratas untuk membantu Kamu menemukan tagar yang luar biasa untuk video Kamu.

  1. Rapid Tag :

RapidTags adalah layanan gratis yang membantu Kamu menemukan tagar yang efektif untuk video Kamu. Ini menganalisis judul atau URL video Kamu dan menyarankan Kamu tagar terbaik untuk konten video Kamu.

Alat ini memungkinkan Kamu mengetahui tag mana yang sering digunakan oleh pengguna lain dan mana yang sedang tren. Jadi, jika Kamu ingin meningkatkan peringkat SEO Kamu, RapidTags akan membantu Kamu menemukan tagar terbaik untuk Kamu.

Dapatkan Tag Cepat

  1. Tag Ranker :

TagsRanker adalah aplikasi web yang memungkinkan Kamu mencari tag dengan mengetikkan kata kunci di kotak teks. Alat ini memungkinkan Kamu memfilter hasil berdasarkan popularitas, relevansi, dan faktor lainnya.

Alat ini berguna saat Kamu mencari tag tertentu. Kamu dapat mengetikkan kata kunci Kamu dan mendapatkan semua tag terkait di bawah area pencarian.

Dapatkan TagRanker

Kesimpulan:

Ini merangkum daftar alat Youtube yang menghemat waktu untuk pembuat konten. Saya harap Kamu menemukan sesuatu yang bermanfaat dalam daftar ini, dan saya yakin itu akan membantu Kamu membuat video berkualitas lebih baik dalam waktu yang lebih singkat. Tulis di kolom Komentar kalau ada tambahan yang mungkin lebih effektif dalam membuat video.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Categories

Free Tools To Use

Instant Article

Create Articles (as quick as lightning) In less than 1 minute 100% Unique and Fresh, Guaranteed to pass Plagiarism / Copyscape Safe for Adsense Blogs or any article content

Rewrite Article

With AGP Make 3,000 Words Pillar Articles + Only 5 Minutes. Rewrite Long Articles Immediately Fresh and Unique Pass Copyscape Safe for Adsense Blog